10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari 0

10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari 0

10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0 bisa kamu terapkan dalam kehidupan berbisnismu. Mengingat bisnis adalah hal yang mudah dan gampang dijalankan sekaligus. Untuk itu harus melakukan beberapa cara untuk menyukseskannya.

Kesuksesan tidak didapat begitu saja. diperlukan kerja keras dan usaha besar dalam mewujudkannya. Selain itu, motivasi dan semangat kerja harus selalu diterapkan serta keberanian dalam mengambil resiko dalam keadaan apapun.

Saat ini, siapa saja bisa melihat banyak pengusaha yang sudah mendulang sukses di usianya yang masih belia. Pebisnis juga bisa menjadi salah-satu orang tersebut. Tidak menutup kemungkinan kamu bisa jadi adalah-satu dari deretan orang-tersebut.

Simak 10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari 0 Berikut

Jangan salah, sukses menjadi pengusaha di usia muda kini menjadi tren di masyarakat. Tentu hal tersebut disertai dengan kerja keras. Kamu juga bisa dengan menerapkan tips menjadi pengusaha sukses dari 0 ini tidak hanya sebagai angan-angan belaka.

1. Memiliki Konsistensi Tinggi

Hal pertama dalam menerapkan tips menjadi pengusaha sukses dari 0 yang harus selalu diingat adalah harus konsisten dalam menjalankan bisnismu. Dengan konsisten serta tekad dalam menjalankannya akan menjadikanmu termotivasi untuk terus berkembang. Jangan sampai menjadikanmu seorang yang mudah putus asa.

Perlu diingat bahwa dengan memiliki konsistensi tinggi dan tekad akan menjadikanmu lebih fokus pada tujuan bisnismu. Jangan mudah menyerah dengan keadaan karena sukses tidak datang dengan singkat melainkan membutuhkan proses.

2. Sikap Disiplin

Sikap konsisten harus benar-benar dijalankan dengan kedisiplinan sebagai salah satu 10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0. Ingatlah bahwa tujuan bisnis yang ingin dicapai tidak bisa jika tidak dapat mendisiplinkan dirimu. Belajarlah mulai dari sekarang untuk selalu bersikap disiplin terhadap sesuatu.

Disiplinlah dalam waktu, organisir pekerjaan dengan baik dan bertanggung jawab penuh pada bisnis yang sedang dikerjakan. Jika sikap ini telah ditanamkan sejak jauh hari, maka akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis.

3. Berani untuk Memulai

10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0 selanjutnya adalah berani memulai usahamu. Memiliki rencana besar dalam membangun dan menjalankan bisnismu atau membangun sebuah perusahaan tanpa keberanian untuk memulainya, itu tidak akan berguna. Terpenting adalah berani untuk memulainya.

Masalah berhasil atau gagal seseorang bisa jadi urursan belakang. Jangan terlalu banyak berpikir dan menyimpan ide-ide besarmu hanya dalam pikiran. Lebih baik untuk menerapkannya meski dengan modal yang cukup minim.

4. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Selain ketiga hal sebelumnya, hal selanjutnya yang harus kamu miliki adalah tidak pernah berhenti belajar. Siapa saja tidak bisa mengelak dari perkembangan zaman yang terjadi sangat cepat, maka dari itu setiap saat akan memerlukan pengetahuan baru agar tetap beradaptasi.

Jika kamu tidak mampu beradaptasi dengan perubahan yang serba cepat tersebut, bisa jadi perusahaan atau bisnis rintisanmu tidak dapat berkembang dan kalah dengan para pesaing. Sebut saja orang sukses seperti Bill Gates yang tidak pernah melewatkan waktu membaca.

Kamu bisa mengambil contoh tersebut. Jadi, harus selalu diingat bahwa menambah pengetahuan dan tidak pernah berhenti mencarinya akan sangat berguna untuk bisnismu.

5. Mampu Belajar dari Kesalahan

10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0 adalah kemampuan belajar dari kesalahan. Belajar tidak hanya tentang pengetahuan semata, kamu juga dituntut untuk belajar dari kesalahan. Sukses tidak bisa diraih dengan instan, butuh perjalana panjang untuk benar-benar meraihnya.

Sehingga, sangat penting bagi kamu untuk tahu tentang letak kesalahanmu dan belajar dari hal tersebut serta memperbaikinya di masa mendatang. Jangan sampai kesalahan kecil tersebut manjadi penghalang kesuksesan bisnismu.

6. Mencari Relasi

Kamu tentu tidak menjalankan bisnis seorang diri, untuk itu penting bagimu untuk membangun relasi dengan banyak orang. Relasi sangat dibutuhkan untuk membangun dan melakukan kegiatan bisnis.

Kamu juga dapat menjalin relasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman berharga dengan sesame pebisnis. Sehingga, potensi bisnis akan memiliki peluang berkembang lebih cepat karen akamu bisa menerima saran-saran dari orang banyak.

7. Dapat Menerima Saran dari Orang Lain

Setelah kamu memiliki banyak relasi, kamu juga perlu menerima saran dan pendapat orang lain. Beberapa orang mungkin akan memberikan saran hingga kritik. Namun, percayalah banyak di antaranya menginginkan bisnismu berkembang lebih baik lagi. Ini salah-satu tips di antara 10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0 lainnya.

Jadi, kamu tidak boleh tutup telinga terkait saran dan kritik yang mungkin diberikan orang lain. Pertimbangkanlah saran yang menurutmu dapat menjadikan usaha yang sedang kamu rintis dapat berkembang.

8. Memiliki Leadership Bagus

Dalam menjalankan bisnismu sendiri, otomatis kamu akan menjadi pemimpinnya. Untuk itu, terus asah kemampuan kepemimpinanmu. Kamu bisa mulai hal ini dengan mengetuai sebuah tim untuk melakukan pptoyek kecil.

Lama kelamaan jika sudah terbiasa, maka hal tersebut akan menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Kebanyakan orang suskes di luar sana memiliki kemampuan kepemimpinan cukup mumpuni sehingga mampu meminpin perusahaannya.

Oleh karena itu, pada saat menginginkan bisnis sukses, tanamkan pada diri sendiri untuk menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Dengan sikap seperti ini, kemungkinan bisnis dapat suskes menjadi lebih besar.

9. Evaluasi Secara Berkala

10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0 selanjutnya adalah rajin mengevaluasi usahamu. Kamu memerlukan hal ini untuk mengetahui kenunggulan hingga kekurangan yang dimiliki bisnismu. Dengan adanya evaluasi kamu jadi punya antisipasi untuk mengurangi kesalahan.

Lakukanlah evaluasi secara berkala dengan jangka waktu rutin, misalnya perminggu, perbulan atau pertahun. Dengan ini kamu akan lebih paham mengenai naik turun dari bisnis yang sedang kamu rintis.

10. Selalu Berdoa dan Bersyukur

Banyak orang sukses yang selalu menanamkan rasa syukur dan berdoa ke pada sanga maha pencipta. Dengan ini secara rohani kamu akan mendapatkan kesuksesan. Terkadang rasa sukur akan membuatmu lebih menikmati kesuksesan yang diraih secara susah payah.

Gunakan uangmu untuk hal-hal yang memberi dampak positif untuk jiwamu. Misalnya berdonasi dan sebagainya. Jangan hanya membelanjakan pada hal-hal yang sebenarnya tidak penting.

Selain menerapkan ke 10 tips menjadi pengusaha sukses dari 0 tadi, kamu juga bisa mencoba bergabung dengan komunitas pebisnis muda Indonesia. Hal tersebut dapat membantu dalam membangun relasi dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan pebisnis lainnya.

Jika kamu sedang mencari komunitas serupa cobalah untuk bergabung ELITES yang menerima membership tahunan di TES. Di komunitas ini, banyak hal yang bisa didapatkan seperti saling bertukar pikiran serta saling membantu untuk perkembangan sesama bisnis.Kamu bisa menemui banyak pebisnis yang tidak terbatas dari kalangan tertentu.

Kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya dengan mengujungi website resmi di https://te-society.com atau menghubungi no WA 0813-8963-0543, dan segera daftar dengan klik tombol dibawah ini

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.