4 Interpersonal Skill Yang Harus Dimiliki Pengusaha Wajib Kamu Baca

Dalam menjalankan usahanya, pengusaha harus memiliki banyak skill, di antaranya adalah 4 interpersonal skill yang harus dimiliki pengusaha berikut ini

Menjalankan usaha tanpa adanya interpersonal skill yang mumpuni, tentu tak masuk akal untuk bisa berjalan dengan lancar. Interpersonal skill sendiri memiliki definisi sebagai kemampuan guna menjalin komunikasi serta relasi dengan orang lain.

Nah, dari sini sudah dimengerti bukan, mengapa interpersonal skill memiliki peran yang sangat penting bagi seorang pengusaha?

Untuk lebih lengkapnya, simaklah artikel ini sampai tuntas terlebih dahulu ya!

4 Interpersonal Skill Yang Harus Dimiliki Pengusaha Wajib Disimak

1.      Bisa Menjaga Relasi Dengan Orang Lain

Relasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Kamu tentu tidak tahu relasi bisa membawa bisnismu berkembang sejauh mana. Bisa jadi, relasi yang kamu anggap biasa, justru bisa mengembangkan bisnis kamu hingga menjadi besar dan membawa banyak klien potensial.

Untuk itu, wajib untuk kamu selalu menjaga setiap relasi yang kamu dapatkan. Cara menjaga relasi yang paling mudah adalah dengan senantiasa mendengar dan menangkap pesan dengan baik. Sehingga kamu bisa memberi respons secara tepat.

Meskipun terdengar sederhana, namun sejatinya hal ini dibutuhkan kemampuan komunikasi yang matang. Karena itu kamu wajib selalu mengasah dan melatihnya setiap saat.

2.      Kemampuan Membujuk

Dalam berbisnis, siapa sangka jika kemampuan membujuk akan sangat dibutuhkan. Apalagi jika kamu ingin menjalin kerja sama yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan kamu.

Namun, jangan samakan kemampuan membujuk ini dengan kemampuan menjilat ya! Sebab itu adalah dua hal yang sangat berbeda. Kemampuan membujuk akan sangat membutuhkan skill komunikasi secara persuasif. Sehingga, lawan bicara akan memenuhi kemauan kamu secara sukarela.

Nah, untuk ini, kamu perlu memahami lawan bicara kamu, dan mengerti apa yang ia butuhkan, sehingga ia akan merasa diterima dan didengarkan, lantas merasa dihargai. Hasil akhirnya, ia akan mau untuk bekerja sama dengan kamu.

3.      Bisa Menjadi Penyelesaian Masalah

Bisnis akan menemui banyak masalah dan hambatan dalam perjalanannya. Jika kamu kalah dan tak mampu untuk mengatasinya, maka tinggal tunggu waktu bisnis kamu akan goyah dihantam persaingan.

Sebagai seorang pengusaha, juga pemimpin yang baik, memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah karena itu menjadi hal yang begitu penting. Sebab pemimpin merupakan panutan dan pengarah bagi para bawahannya.

Untuk memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik, maka kamu juga haruslah mampu melakukan identifikasi masalah, melakukan evaluasi ide, serta melakukan pengecekan silang. Hal ini tidak bisa dikuasai secara mudah, namun butuh waktu belajar yang panjang.

4.      Bisa Mendengarkan Pendapat Orang Lain

Membangun sebuah bisnis ialah membangun tim. Sebuah tim yang solid tentunya tak akan bisa berjalan dengan adanya seorang yang mendominasi, juga tak mau mendengar pendapat yang berbeda darinya.

Hal itu akan sama saja dengan memupuk kehancuran. Karena itulah, kamu wajib belajar menjadi pendengar yang baik sebelum kamu membangun bisnis kamu.

Untuk menguasai berbagai interpersonal skill tadi, kamu bisa bergabung menjadi member dalam Program ELITES dari TES. Di sana, kamu akan bertemu banyak pengusaha, baik itu yang masih pemula ataupun sudah senior dan bisa saling berbagi ilmu di sana.

Keanggotaannya pun tak mahal, di mana kamu cukup membayar Rp 1,2 juta dan menjadi member ELITES-Startup atau Rp 3,6 juta per tahun dan bergabung menjadi member ELITES Corporate.

Keuntungannya, kamu akan memperoleh akses ke grup exclusive ELITES, mendapatkan akses untuk mengikuti event edukasi, akses untuk menjadi ELITES dropship, serta banyak kesempatan lain untuk mempertajam kemampuan interpersonal kamu.

Jika tertarik memperdalam 4 interpersonal skill yang harus dimiliki pengusaha di Program ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543 dan segera join denga klik tombol dibawah ini

Baca Juga : Yuk Pelajari 5 Cara Menjadi Entrepreneur yang Sukses

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.