5 Cara Meningkatkan Communication Skill Terbaik Wajib Kamu Coba

5 Cara Meningkatkan Communication Skill Terbaik Wajib Kamu Coba

Pada era seperti sekarang, jika kamu memahami 5 Cara Meningkatkan Communication Skill Terbaik, maka akan membuat segala urusanmu, terutama urusan bisnismu menjadi lebih mudah.

Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia tidak bisa sama sekali terlepas dari kegiatan komunikasi. Komunikasi pun makin menjadi aspek yang sangat penting jika hal ini dibutuhkan guna menunjang pekerjaan kamu.

Beberapa pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang mumpuni misalnya adalah pengusaha. Ketika menjadi pengusaha, memang akan banyak urusan yang membutuhkan dukungan dari skill yang satu ini, misalnya ketika kamu menjalin kesepakatan dengan klien.

Untuk itu, artikel tentang cara meningkatkan kemampuan komunikasi ini wajib kamu baca.

Cobalah 5 Cara Meningkatkan Communication Skill Terbaik Ini

1.      Menjadi Pendengar Yang Baik

Ya, hal ini bisa dibilang adalah hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin kemampuan komunikasimu meningkat drastis. Hal ini karena, tanpa kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, maka kamu tak akan mampu menangkap inti pembicaraan yang dikeluarkan oleh lawan bicara.

Jika demikian, maka bagaimana mungkin kamu bisa memberikan feedback yang sesuai dengan pesan yang  tepat sasaran? Nah, karena itu, mulai sekarang pastikan kamu mendengar dan menyimak pembicaraan dengan baik ya, sebelum memberikan respons.

2.      Membaca

Membaca juga akan membantu kamu untuk bisa meningkatkan kemampuan komunikasimu. Hal ini karena membaca akan melatih pemahamanmu terhadap sebuah kalimat.

Selain itu, pastinya membaca juga akan membuat kamu mendapat banyak pengetahuan baru yang bisa semakin menambah wawasan dan kemampuan komunikasimu. Pastikan membaca dari sumber-sumber bermutu ya, supaya pengetahuan dan pemahaman kamu akan semakin tajam dan terasah.

3.      Jangan Mendominasi

Ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, pastikan jika kamu tidak mendominasi pembicaraan. Hal ini selain sangat mengganggu juga akan tak sopan. Kamu bisa dianggap arogan, dan hal itu tentu jadi kesan tak baik bagi lawan bicaramu.

Nah, untuk mencegah supaya kamu tak sampai mendominasi dalam pembicaraan, maka kamu harus memastikan jika komunikasi berjalan secara dua arah. Berilah lawan bicaramu kesempatan untuk berbicara dan dengarkanlah dengan baik isi pembicaraanmu.

Hal ini akan membuat nuansa pembicaraan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan bagi kedua belah pihak. Sehingga pesan yang disampaikan bisa diantarkan dan diterima dengan baik.

4.      Percaya Diri

Supaya semakin menguasai kemampuan komunikasi yang baik, maka wajib bagi kamu untuk memiliki perasaan percaya diri yang tinggi. Rasa percaya diri ini terutama kamu butuhkan saat kamu ingin mencoba mengutarakan pendapat atau pandanganmu.

Jangan takut salah atau bahkan ragu. Namun, jika terasa berat, maka kamu perlu sebuah lingkaran yang bisa mendukungmu untuk bisa berkembang, TES misalnya.

5.      Berlatih

Temuilah banyak orang dan latihlah kemampuan komunikasimu di sana. Akan lebih baik jika kamu menemui orang dengan latar belakang yang beragam. Sebab ini akan membantumu untuk berkembang lebih pesat lagi.

Latihan ini juga bisa kamu lakukan dengan bergabung di Program ELITES dari The Entrepreneurs Society. Di sana kamu akan bertemu dengan banyak member dari berbagai latar belakang. Selain itu, kamu juga akan diberi kesempatan untuk melakukan kolaborasi serta kerja sama dengan member-member lainnya.

Kemampuan komunikasi kamu tentu akan terasah dengan baik. Di sisi lain kamu juga masih mendapatkan aneka keuntungan lain seperti akses ke grup dan telegram secara gratis, juga kesempatan untuk mengikuti semua event yang dikhususkan bagi member.

Tertarik bergabung? Kamu cukup mendaftar dan membayar biaya membership tahunan. Kamu bisa memilih menjadi member ELITES-Startup dengan biaya Rp 1,2 juta per tahun atau member ELITES-Corporate dengan biaya Rp 3,6 juta per tahunnya.

Jika tertarik hubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543 dan segera join dengan klik tombol dibawah ini

Nah, itulah 5 cara meningkatkan communication skill terbaik yang bisa kamu coba!

Baca Juga : Manfaat Membaca Buku Tentang Kewirausahaan Murah Berkualitas

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.