5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Pandemi

5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Pandemi

5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi ini patut kamu pertimbangkan di tengah situasi saat ini. dengan adanya virus yang masih berkecamuk mau tidak mau menjadikan segala hal berubah dari seharusnya.

Seiring berkembangnya covid, banyak sektor yang terpengaruh termasuk stabilitas ekonomi. Tidak ketinggalan dalam bidang bisnis. Para pengusaha harus putar otak untuk menghadapi keadaan tiba-tiba tersebut.

Memasuki tahun ketiga virus tersebut belum ada tanda-tanda akan berakhir. Berbagai negara di seluruh dunia masih berusaha mencari solusi dan beradaptasi dengan keadaan baru tersebut. Dengan pemberlakuan PSBB beberapa waktu lalu memiliki dampak yang cukup signifikan.

Banyak pekerja kantoran yang harus dirumahkan karena perusahaan banyak ditutup dan menggunakan sistem kerja dari rumah. Tidak jarang juga perusahaan yang tidak mampu beradaptasi dan harus berakhir dengan kebangkrutan.

Jika kamu adalah seorang pengusaha, berarti memerlukan langkah-langkah strategis agar bisnis tidak terpuruk oleh keadaan dan dapat bergerak kembali mengikuti zaman. Ini bisa kamu terapkan selama masa krisis hingga dampaknya di kemudian hari.

Simak Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Pandemi

Agar bisnismu tetap berjalan meski adanya perubahan pada segala sektor, ada baiknya jika kamu mengikuti cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi ini. Berikut adalah pemaparan tentang cara-cara yang dimaksud.

1. Manajemen Keuangan dan Pengaturan Kas

cara pertama menjadi pengusaha sukses di masa pandemi adalah kamu harus mampu mengatur keuanganmu dengan baik yakni dengan manajemen dan pengaturan kas tepat. menajemen keuangan ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Buatlah laporan untuk mengetahui dana yang keluar atau masuk.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi penghitung otomatis agar hasilnya lebih akurat dan tidak memakan waktu lama jika dibandingkan dengan cara manual. Carilah review mengenai aplikasi tepat untuk diterapkan pada bisnismu.

Tidak hanya itu, pengaturan kas juga harus menjadi perhatian ditengah tantangan bisnis akibat pandemi kini. Perusahanmu memerlukan langkah-langkah agar selalu ada kas tersedia. Kamu bisa melakukan usaha dengan perpanjangan kredit dan sebagainya.

Pihakmu juga dapat melakukan negosiasi dengan para pelanggan agar melakukan pembayaran secara cepat agar laju kas tetap stabil. Hal ini juga berpengaruh pada tujuan jangka pendek atau jangka panjang suatu perusahaan.

2. Memiliki Strategi Penjualan Hingga Rencana Antisipasi

Penjualan adalah hal utama dalam sebuah bisnis. Karen adari hasil penjualan produk, bisnis akan mendapatkan keuntungan atau profit. Untuk itu, pneting untuk memiliki strategi atau marketing yang tersusun sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk budget hingga komunikasi tidak boleh lepas sebagai 5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi.

Strategi dapat menyesuaikan dengan skala bisnis. Jika skalanya masih kecil, gunakan strategi lebih sederhana, namun, jika bisnis telah berkembang lebih besar, tentu rencana yang harus disiapkan harus lebih rapi dan besar.

Selanjutnya adalah memiliki rencana antisispasi. Ini akan membantu dalam menemukan sketor mana saja yang bisa mendapatkan dampak krisis paling besar dalam perusahaan atau bisnis. Sangat penting bagimu untuk tau mana sektor yang paling krusial.

Jika perlu menyiapkan cadangan darurat untuk menjaga pasokan tetap terjaga meski banyak halangan saat berbisnis di era pandemic ini. tidak hanya untuk diri sendiri tetapi kepada orang-orang yang bekerja di bawahnya.

Pebisnis juga bisa mengambil langkah khusus sebagai 5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi dengan membentuk tim khusus sebagai langkah antisispasi dari kerugian. Hal terpenting adalah jalinlah komunikasi dengan baik dengan semua pihak yang terkait dengan hal tersebut.

Komunikasi juga merupakan hal yang sangat penting terlebih jika sistem pekerjaan banyak dilakukan dari rumah. Tentu ini adalah hal yang berbeda saat berkerja secara langsung di kantor. Untuk itu, komunikasikanlah segala hal dengan baik agar tidak ada ketimpangan di dalamnya.

3. Penggunaan Teknologi adalah Hal Penting dan Kemampuan dalam Melihat Peluang

Perkembangan zaman saat ini, menjadikan segala sesuatu dapat didigitalisasi. Tidak ketinggalan dalam bidang bisnis. Manfaat teknologi termutakhir untuk bisnis agar berkembang dengan cepat. contoh saja pemasaran dapat efektif melalui media sosial.

Kamu juga akan lebih terbantu jika menggunakan sistem teknologi terbaru untuk mengatur produkmu. Misalnya mencatat jumlah produk yang tersedia dan terjual, jumlah stok dan sebagainya. Ini semua akan lebih mudah jika kamu pintar menggunakan sistem teknologi terbaru saat ini.

Selain itu, ini akan lebih menghemat waktu dengan sistem teknologi. 5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi dengan cobalah untuk menjajakan barangmu di platform digital marketplace yang ada di Indonesia seperti Shopee, Lazada, TokoPerdia dan sebagainya.

Selain menggunakan teknologi, kamu juga harus pintar-pintar dalam membaca peluang. Peluang baru akan hadir di tengah perubahan tren yang berlangsung sangat cepat ini. responlah dengan segera dengan cara akurat berdasar data pada usahamu itu.

Jangan menunda jika ada momen yang bisa dijadikan peluang karena bisa saja kamu menjadi kehilangan momentum. Tentu saja hal tersebut akan merugikanmu.

4. Tambah Relasi dan Memperhatikan Kepantingan Lainnya

5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi berikutnyadalam berbisnis, akan sulit jika hanya dijalankan perorangan. Penting bagimu untuk selalu menambah relasi untuk menjadikan perkembangan bisnis lebih produktif. Kamu bisa memulai dengan rajin berkomunikasi dengan pebisnis lainnya.

Kepentingan lainnya yang dimaksud adalah pemasalahan aliran kas. Pada sebuah perusahaan atau bisnis seringkali ada pemegang saham. Usahakan untuk terus berdiskusi dengan pihak tersebut agar permasalahan dapat dituntaskan.

Sebagai pebisnis juga harus lebih aktif dalam mengambil berbagai keputusan dan inisiatif yang berhubungan dengan pajak, pinjaman hingga supplier penyedia produk barang atau jasa dari bisnismu. Ini agar kamu bisa mendapatkan dukungan keuangan diwaktu tepat.

5. Melakukan Evaluasi

Setalah menjalankan semua strategi penting dalam bisnismu 5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap strategi tersebut. Dengan evaluasi akan mudah bagi para pengusaha mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnisnya.

Jika kamu memiliki karyawan juga sangat penting untuk mengevaluasi setiap kinerjanya. Bisa jadi pada siatuasi sulit seperti sekarang ini, kamu akan berada pada pilihan untuk mempertahankan atau memberhentikan karyawanmu.

Inilah pentingnya evaluasi untuk mengetahui kebutuhan dalam bisnismu. Jadi, kamu harus rutin melakukan evaluasi agar dapat memeperbaiki kesalahan dan mengubahnya menjadi peluang keuntungan alih-alih kerugian.

Tetap terus semangat dalam menjalani bisnis meski penuh rintangan berat seperti pandemic saat ini. jangan mudah goyah agar bisnis tetap lancar dan mendapatkan keuntungan. Kamu juga bisa menerapkan 5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemi sebelumnya.

Komunitas Bisnis untuk Membantu Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Pandemi

Jika kamu telah menjalankan bisnismu dalam waktu yang sudah lama, kamu juga dapat mengembangkan selain 5 cara menjadi pengusaha sukses di masa pandemic tadi dengan bergabung dengan suatu komunitas.

Pada saat bergabung dengan sebuah komunitas kamu dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman hingga berbagai cara agar bangkit di tengah masa sulit seperti sekarang ini. Bisa jadi TES dapat menjadi tujuan komunitas yang bisa kamu pertimbangkan.

TES merupakan sebuah komunitas tempat para pebisnis dari latar belakang, usia berbeda berkumpul. Saat bergabung dalam komunitas kamu bisa saling berbagi keresahan dengan pebisnis lainnya. Hingga membagikan kiat sukses untuk menghadapi era baru.

Segera bergabung dengan kami menjadi member ELITES dengan biaya mulai 1,2 juta.

Jika tertarik, silahkan kunjungi website https://te-society.com atau hubungi no WA 0813-8963-0543, dan segera daftar dengan klik tombol dibawah ini.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.