5 Manfaat Komunitas Pengusaha Muda Pemula Indonesia

komunitas pengusaha muda pemula Indonesia
komunitas pengusaha muda pemula Indonesia

5 Manfaat Komunitas Pengusaha Muda Pemula Indonesia bagi Anda yang bercita-cita jadi pengusaha muda. Yuk coba ikut komunitas pengusaha muda pemula Indonesia terlebih dahulu. Nantinya Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang menguntungkan lho. Memangnya apa saja sih manfaatnya? Simak di bawah ini ya!

Manfaat Komunitas Pengusaha Muda Pemula Indonesia

Komunitas pengusaha atau bisnis adalah salah satu tempat yang menjadi favorit sebagian besar pelaku usaha karena bisa memberikan dorongan serta banyak ilmu baru. Semakin banyak berinteraksi dengan orang dari berbagai bidang atau minat, bisa menjadikan Anda lebih luas dan berkembang.

Apalagi untuk anak muda yang membutuhkan banyak pengetahuan dari pengalaman orang lain. Oleh karena itu, mengikuti komunitas pengusaha adalah upaya bagus yang perlu Anda lakukan. Selain itu, adapun beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan, antara lain:

Mendapatkan Dukungan

Manfaat pertama adalah mendapatkan dukungan baik itu dari para anggota, mentor, atau diri sendiri yang sudah termotivasi. Hal ini dikarenakan sesama anggota maupun mentor juga merasakan hal yang mirip, tetapi dengan pengalaman atau penyelesaian yang berbeda-beda.

Para anggota pasti ada yang mempunyai etos kerja kuat dan impian atau ambisi tinggi. Ini bisa memaksa Anda untuk mempertahankan standar yang sama. Apalagi pada umumnya, manusia itu sudah diprogram untuk merasa tersaing atau ingin sukses jika menghadapi suatu persaingan.

Oleh karena itu, mengikuti komunitas bisa menjadi hal yang sangatlah berharga dan berpengaruh besar pada perkembangan suatu usaha.

Memperluas Jaringan

Mengikuti komunitas bisnis bisa menjadikan Anda bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan pengalaman. Kenalan atau jaringan ini pastinya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha.

Anda bisa saling bertukar pikiran hingga berkolaborasi dengan mereka. Selain itu, mereka juga bisa saja mengenalkan Anda kepada orang yang tepat. Misal, Anda adalah pengusaha tekstil dan kenalan A bisa saja mengenalkan seseorang dengan pengalaman atau mempunyai usaha yang berkaitan dengan tekstil, seperti sablon, sulam, dan lain-lain.

Inspirasi Baru

Saling berkaitan dengan poin sebelumnya bahwa mengikuti komunitas bisa menjadikan Anda mendapatkan inspirasi baru. Ada banyak anggota lain dengan berbagai bidang usaha pula. Anda bisa mendapatkan ide dari perpaduan tersebut.

Ide baru dari usaha orang boleh dicontoh, tetapi terapkan sistem ATM atau Amati Tiru Modifikasi. Jangan sampai menjadi plagiat ya, karena mendapatkan dan merealisasikan ide bukanlah hal yang mudah.

Memperoleh Banyak Ilmu

Terakhir, Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru mengenai semua hal yang berkaitan dengan bisnis. Ilmu ini Anda dapatkan baik itu dari sesama anggota, pengurus, hingga pengajar atau mentor. Pastinya, ilmu yang didapat akan sangatlah berguna bagi kemajuan usaha Anda.

Mengikuti komunitas bisnis juga bisa membantu menjawab semua pertanyaan bisnis yang terkurung dalam kepala. Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan cara bertanya atau memang itu termasuk ke dalam materi yang diajarkan.

Jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat yang sudah dijelaskan di atas, maka ikutilah te-society.com atau TES. Komunitas ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan para anggota dan cocok untuk diikuti pengusaha pemula.

Agar bisa memahami ilmunya lebih dalam, Anda disarankan untuk mengikuti kelas ELITES. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, seperti akses ke grup dan event komunitas, bertemu dengan mentor secara langsung, VIP seats, hingga berbagi bersama sebagai narasumber dalam event.

Jadi, apakah Anda sudah berminat untuk mengikuti komunitas pengusaha pemula Indonesia? Jika berminat, langsung saja hubungi WA TESSA 0813-8963-0543 dan segera join dengan klik tombol dibawah ini.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.