Apa Saja Manfaat Venture Builder untuk Bisnis?

Manfaat Venture Builder untuk Bisnis

Manfaat venture builder untuk bisnis – Venture builder merupakan sebuah investasi yang berbentuk pembiayaan dan berupa pemasukan modal kepada suatu perusahaan, di mana dia berperan sebagai investee company dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Umumnya, pelaksanaan jenis investasi satu ini yaitu pemberian modal langsung tunai dan ditukar dengan berbagai saham di perusahaan investee company. Biasanya, risiko yang dimiliki venture builder cukup tinggi, tetapi mampu memberikan imbal balik yang juga tinggi.

Perusahaan venture builder sendiri adalah suatu perusahaan yang menawarkan jenis pembiayaan yang berbentuk modal. Pembiayaan ini sangat bisa dijadikan solusi ataupun opsi untuk para pelaku usaha yang mau melebarkan sayap usahanya namun terhalang oleh modal yang cukup banyak.

5 Manfaat Venture Builder untuk Bisnis yang Perlu Diketahui

Biasanya bagi suatu perusahaan, modal merupakan sebuah hambatan dalam melebarkan sayap mereka. Entah dari bangunan hingga investasi material.  Pada umumnya, bank dijadikan pilihan yang utama bagi para pelaku usaha untuk menambahkan modal mereka.

Padahal terdapat venture builder yang bisa menjadi jalan keluar bagi pelaku bisnis dalam memberikan pembinaan dan dukungan dana. Adapun manfaat dari adanya venture builder ini terbilang banyak dan tentunya sangat berpengaruh besar untuk kemajuan perusahaan.  Dengan hadirnya manfaat-manfaat tersebut, tidak aneh apabila banyak pengusaha yang ingin menjadikan perusahaannya sebagai investor yang seluruhnya terfokus pada pengembangan bisnis untuk perusahaan pasangannya.

Nah, mau tahu apa saja manfaat yang bisa dirasakan? Simak penjelasan berikut ini.

1)      Dapat meningkatkan potensi dan kegiatan berbisnis

Perusahaan yang memperoleh suntikan modal untuk menjadi pihak investor selain dalam aktivitas penggalangan dana, namun juga dijadikan mitra. Investor bisa dijadikan mitra usaha yang dapat membantu perusahaanmu dengan inovasi, pengembangan, ataupun ide-ide kreatif yang tentunya berpengaruh pada perkembangan bisnis. Maka dari itu, seorang investor ikut andil dalam perkembangan aktivitas bisnis, maka potensi perusahaan tersebut kemungkinan besar akan meningkat.

2)      Pemasaran produk jadi lebih efisien

Pada umumnya, setiap UMKM maupun startup mempunyai strategi penjualan yang tidak begitu maksimal, karena sumber daya yang dimilikinya sangat terbatas. Dengan adanya model bisnis satu ini, kredibilitas perusahaan akan meningkat dan citranya akan semakin baik, sehingga hal itu sangat berpengaruh terhadap penjualan jasa produk yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, gunakanlah software marketing automation untuk membangun suatu hubungan yang baik dengan para kustomer, memperbanyak prospek yang sesuai dengan target, serta memaksimalkan upaya pemasaran secara otomatis.

3)      Likuiditas semakin meningkat

Dengan adanya modal pendanaan ini, perusahaan tidak wajib untuk membayarkan angsuran bunga. Hal itu pastinya dapat meningkatkan modal dan memungkinkan pelaku usaha untuk memakainya secara langsung. Maka dari itu, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap meningkatnya likuiditas perusahaan.

4)      Rentabilitas jadi semakin membaik

Selain mendapatkan support dalam hal finansial, perusahaan juga tentunya akan memperoleh dukungan dari aspek manajemen. Oleh karenanya, profitabilitas perusahaan juga akan meningkat dengan cara meminimalkan biaya pemasaran dan biaya produk.

5)      Mendapatkan kepercayaan dari bank

Pastinya perusahaan rintisan atau startup akan merasakan kesulitan untuk dipercaya oleh bank. Hal itu karena mereka belum memiliki pengelolaan keuangan yang stabil dan efektif. Jadinya bank tidak dapat meminjamkan uang kepada perusahaan tersebut, karena tidak ingin mendapatkan risiko untuk tidak dapat mencicil, hingga akhirnya membuat bangkrut perusahaan.

Berbagai manfaat venture builder untuk bisnis di atas bisa dirasakan jika kamu juga mengikuti program Klinik Bisnis. Klinik Bisnis merupakan sebuah program khusus yang dibuat oleh TES untuk fokus membantu kamu dalam mendapatkan konsultasi, edukasi, dan pelatihan seputar kewirausahaan.

Apabila berminat ingin bergabung, segeralah mendaftar ke nomor WA: 0813-8963-0543 atau langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini.

Baca Juga : Manfaat Mengikuti Event Komunitas Pengusaha Se-Indonesia

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.