Langkah dan Tips Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

Pelatihan bisnis dibutuhkan mengingat saat ini banyak orang yang tertarik untuk membangun usaha sendiri. Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia selalu mencari peluang usaha yang menjanjikan dan mendatangkan banyak keuntungan salah satunya bisnis laundry.

Di tengah padatnya aktivitas kerja, biasanya para pekerja hingga mahasiswa tidak memiliki kesempatan untuk mencuci pakaian. Hal ini mendorong para pengusaha menyadari bahwa usaha laundry menjadi bisnis yang menggiurkan.

Lalu, bagaimana langkah awal memulai bisnis laundry? Kamu harus mengetahui langkah-langkahnya sebelum menjalankan usaha tersebut. Dengan demikian, usaha dapat berjalan dengan lancar.

Bisnis laundry menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dengan permintaan yang terus meningkat, terutama di perkotaan. Bagi pemula yang ingin memulai bisnis laundry, terdapat beberapa langkah dan tips yang perlu diperhatikan.

Apalagi saat ini permintaan laundry dari masyarakat semakin meningkat. Kondisi seperti ini tentu sangat menguntungkan dan membuat bisnis laundry tidak pernah lekang oleh waktu.

Langkah dan Tips Memulai Bisnis Laundry

bisnis laundry

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis laundry. Bagi kamu yang belum berpengalaman dalam menjalankan jenis usaha itu, maka bisa mengikuti tips di bawah ini.

1. Mempersiapkan Modal dan Peralatan

Langkah pertama adalah menyediakan modal untuk menyewa tempat dan membeli berbagai peralatan pendukung. Banyak peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis ini seperti mesin cuci, timbangan, plastik, almari dan lain sebagainya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulainya memang cukup banyak, namun jika usahanya sudah berjalan maka akan cepat pulih. Di samping itu, kamu juga perlu menyiapkan dana cadangan untuk membayar karyawan.

Hal ini sangat penting, terutama jika usaha yang kamu jalankan besar dan memiliki cabang. Oleh karena itu, sangat penting kamu mengikuti pelatihan bisnis untuk belajar mengelola modal dan lain-lain.

2. Memilih Lokasi Strategis

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi yang strategis. Hal ini merupakan salah satu aspek yang wajib diperhatikan karena berpengaruh besar terhadap bisnis tersebut.

Lokasi harus strategis dan tepat. Bisa dibayangkan jika membuka usaha tersebut di perumahan elit, biasanya sepi. Hampir sebagian besar perumahan elit dihuni oleh karyawan kelas atas.

Kemungkinan usaha akan sepi karena di perumahan elit banyak yang mempunyai asisten rumah tangga. Semua urusan termasuk mencuci pakaian telah diurus oleh asisten rumah tangganya sehingga jarang melakukan laundry.

Dalam pelatihan bisnis laundry kamu juga akan diajari bagaimana strategi untuk memilih lokasi untuk menjalankan sebuah usaha. Dengan pemilihan lokasi yang tepat maka usaha dapat berjalan lancar.

Jika kamu membuka jasa laundry di lokasi ramai dan banyak orang yang berlalu-lalang, pasti usahanya akan sukses. Misalnya membuka di dekat perkantoran, sekolah, kampus atau kos-kosan.

Hal ini menjadi kesempatan untuk menawarkan jasa laundry sehingga akan mempermudah pekerjaan pelanggan. Para pekerja kantor, pelajar maupun mahasiswa biasanya memiliki kegiatan padat.

Bahkan, sering kali ada yang berangkat pagi dan pulang malam. Saat mengikuti pelatihan bisnis, kamu juga akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan seputar strategi bisnis hingga pemasarannya.

Termasuk salah satunya adalah tentang pemilihan lokasi potensial yang akan mendatangkan profit tinggi. Biasanya anak kos-kosan akan memilih tempat laundry yang mudah dijangkau atau dekat dengan tempat tinggalnya.

Oleh karena itu, pastikan lokasinya mudah dicari. Misalnya seperti di pinggir jalan atau dekat gang masuk area kos-kosan dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu tidak perlu bingung untuk memulainya. Hal ini karena dalam pelatihan bisnis kami akan memaparkan banyak materi dengan narasumber para ahli sehingga dapat dipraktekkan secara langsung.

Kami juga menghadirkan para pebisnis profesional dan telah berpengalaman. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk bertanya banyak hal seputar usaha laundry dan lain sebagainya.

3. Menentukan Harga yang Tepat

Kamu juga perlu menentukan harga terbaik dan tepat sejak awal. Hal ini karena saat pertama memulainya kamu belum mempunyai reputasi sebagai penyedia jasa laundry.

Harga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah jasa, termasuk laundry. Biasanya semakin murah harganya maka peluang mendapatkan banyak konsumen tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu berpartisipasi dalam pelatihan bisnis laundry. Kami akan membantu kamu dalam menentukan harga. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga sebaiknya tidak terlalu murah.

Hal ini karena akan meninggalkan kesan negatif dari konsumen. Di samping itu, juga berisiko mengalami kerugian, mengingat kamu juga harus membayar tagihan listrik, membayar karyawan dan lain-lain.

Dalam hal ini perlu survey terlebih dahulu berapa harga standar di area sekitarnya. Pelatihan bisnis akan membantu kamu untuk menentukan langkah yang tepat termasuk salah satunya harga.

Jangan sampai kamu salah mengambil keputusan. Inilah pentingnya seorang pengusaha belajar ilmu bisnis sebelum menjalankan sebuah usaha. Ilmu tersebut bisa menjadi pedoman dalam melangkah.

Dengan demikian, bisa meminimalisir resiko mengalami kerugian. Selain itu, peluang kamu memperoleh profit menjadi semakin besar. Silahkan melakukan riset dan belajar juga dari para pebisnis yang berpengalaman.

Salah satu caranya adalah dengan mendaftar pelatihan bisnis. Pada saat pelatihan akan bertemu dengan orang-orang hebat yang telah berpengalaman sebagai seorang pengusaha.

4. Menawarkan Layanan yang Berbeda

Saat bisnisnya sudah berjalan, maka berikan penawaran menarik dan layanan berbeda dari tempat lain. Kamu sebaiknya tidak hanya fokus pada harga saja, melainkan juga memperhatikan pelayanan.

Contohnya buka laundry lebih pagi dibandingkan jasa lainnya. Dengan demikian, sebelum berangkat kerja atau sekolah pelanggan dapat menyempatkan mengantar pakaian kotor. Selama pelatihan bisnis biasanya diajarkan berbagai strategi jitu.

Selain itu, jagalah kebersihan tempat usaha serta kerapihan dalam pengemasan pakaian. Hal ini akan menjadi nilai plus di mata para pelanggan. Pastikan kamu memperhatikan hal-hal kecil seperti ini.

Jangan lupa untuk ramah dalam melayani setiap pelanggan yang datang. Sambut pelanggan dengan senyuman karena akan membuatnya merasa lebih nyaman saat melakukan transaksi. Sediakan juga layanan antar jemput pakaian laundry.

Hal-hal teknis seperti itu juga akan dipelajari saat pelatihan bisnis. Pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mengikutinya. Selain menambah ilmu dan pengalaman, juga bisa memperluas relasi.

5. Promosi

Cara ampuh menarik banyak konsumen adalah melakukan promosi. Berikan promosi menarik dan sesuaikan dengan target. Perhatikan juga besarnya budget yang kamu miliki.

Salah satu contohnya adalah menawarkan promosi gratis laundry 1 kilogram bagi para pelanggan baru. Teknik promosi juga merupakan salah satu materi yang diberikan saat pelatihan bisnis laundry.

Kamu juga bisa memberikan promosi diskon atau hadiah menarik bagi pelanggan yang laundry dengan jumlah tertentu. Promosi juga dapat diberikan setiap hari-hari spesial.

Misalnya promo ramadhan, hari ibu dan lain-lain. Apabila ingin menaikkan brand awareness terhadap usaha maka bisa melakukan promosi menggunakan media sosial. Penjelasan teknisnya juga ada dalam materi pelatihan bisnis kami.

Silahkan buat syarat follow akun media sosial usaha laundry kamu untuk mendapatkan promo gratis laundry 1 kilogram. Promosi bisa dilakukan secara rutin.

Namun, pastikan budget yang tersedia mencukupi. Perhitungkan dengan baik pengeluaran dan pemasukan. Dengan demikian, kamu tetap memperoleh keuntungan. Jika masih bingung maka bisa ikut pelatihan bisnis.

Banyak pengusaha yang meraih kesuksesan setelah mengikuti program pelatihan dari kami. Kamu bisa mencoba mengikuti pelatihannya untuk meningkatkan pengetahuan dan memajukan bisnis.

Dapatkan pelatihan bisnis terbaik bersama TES Society. Kamu juga bisa membaca informasi penting lainnya melalui te-society.com. Informasi lebih lanjut seputar pelatihan bisnis silahkan WA Admin Klinik Bisnis: 08119700284.

Baca juga : Alasan Pentingnya Mengikuti Pelatihan Bisnis dan Manajemen

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us