Pentingnya Mengikuti Bootcamp Bisnis dalam Usaha

Bootcamp bisnis dapat menjadi langkah penting dalam mengembangkan suatu usaha. Dalam bootcamp bisnis, peserta dapat memperoleh pembelajaran langsung dari ahlinya, memperluas jaringan, menemukan mentor dan investor, serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen. 

Jika kamu masih bingung dengan apa sebenarnya bootcamp bisnis tersebut serta seberapa penting untuk bisnis, bisa simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bootcamp Bisnis

bootcamp bisnis

Pernahkah kamu mendengar tentang apa yang dimaksud dengan bootcamp bisnis? Sebelum membahas lebih jauh mari kita mulai dengan mempelajari pengertiannya terlebih dahulu. Sehingga kamu akan lebih mudah memahami secara keseluruhan dari istilah menarik satu ini.

Bootcamp bisnis adalah program pelatihan intensif dalam bidang bisnis yang dirancang untuk membantu peserta dalam mengembangkan bisnis mereka. Biasanya program ini berlangsung dalam waktu singkat, seperti beberapa hari hingga beberapa minggu

Materi yang disusun dalam pelatihan ini biasanya dibedakan menurut bidang kerja tertentu dan dibahas lebih mendalam. Sehingga diharapkan peserta pelatihan dapat benar-benar menguasai materi dalam bidang tersebut.

Padahal awalnya pelatihan ini hanya untuk para calon profesional dibidang TI saja namun saat ini sudah semakin dikembangkan. Sehingga banyak bidang yang bisa mengikuti pelatihan seperti bidang digital marketing, content writer, data analyst dan banyak lainnya.

Bootcamp ini berbeda dengan menempuh pendidikan resmi seperti kuliah dan juga bukan sekedar seminar biasa. Dilakukan secara intensif dengan ketentuan jam khusus seperti 12 minggu hingga 40 minggu dengan materi padat.

Jika seminar hanya hitungan jam sementara menempuh kuliah harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar. Dengan mengikuti bootcamp bisnis peserta pelatihan akan benar-benar difokuskan pada bidang tertentu.

Diharapkan dari hasil pelatihan tersebut bisa memberikan dampak positif terutama pada keterampilan atau skill bekerja meningkat. Karena tujuan utama dari pelatihan ini memang relevan dengan kemampuan dalam dunia kerja.

Pentingnya Mengikuti Bootcamp Bisnis

Entrepreneur bootcamp

Saat ini semakin banyak orang tertarik mengikuti bootcamp bisnis karena berbagai alasan. Jika kamu salah satu orang yang belum mengetahui seberapa penting mengikuti pelatihan bisnis satu ini, silahkan simak beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Pembelajaran Langsung dari Ahlinya

Salah satu alasan penting mengikuti bootcamp yaitu kamu bisa belajar langsung dari ahlinya. Belajar dari orang-orang yang ahli dalam bidang tertentu lebih menarik karena memiliki ilmu dan pengalaman langsung.

Jadi apa yang disampaikan bukan sekedar teori saja namun benar-benar sudah diterapkan dalam bisnis. Tidak jarang seseorang bisa menjadi ahli karena terus menerus belajar dari kegagalan yang dialaminya.

Mengingat bisnis itu bukan sekedar membuat produk atau membuka sebuah toko saja namun ada banyak hal yang harus dikuasai. Tentang bagaimana bisa bertahan ditengah persaingan, branding, inovasi dan berbagai hal lainnya.

Gunakan kesempatan tersebut untuk menggali banyak ilmu dari ahli yang berpengalaman secara langsung. Cara penyampaian materi di bootcamp juga tidak sekaku di bangku kuliah sehingga dijamin kamu semakin semangat belajar hal-hal baru.

2. Memperluas Jaringan

Mengikuti bootcamp membuat kamu akan bertemu dengan banyak orang-orang baru sehingga bisa memperluas jaringan. Apalagi orang-orang tersebut memiliki ketertarikan pada bidang yang sama tentu akan lebih menambah wawasan serta networking.

Manfaatkan kesempatan tersebut untuk saling bertukar pendapat sehingga bisa mendapatkan banyak pemahaman dari sudut pandang lain. Hal ini akan semakin membuka wawasan kamu dan bisa terbuka untuk terus belajar hal-hal baru.

Manfaatkan juga untuk menggali informasi dari mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja tentunya. Pengalaman mereka pastinya akan memberikan manfaat untuk kamu entah saat ini atau dimasa mendatang nantinya.

Selain itu kamu bisa memanfaatkan untuk mendapatkan banyak informasi tentang karir hingga bisnis. Serta mendapatkan sahabat baru yang mungkin suatu hari bisa berbisnis bersama karena peluang bisa datang darimana saja.

Terbukti banyak pengusaha muda bisa mendapatkan banyak jaringan dengan mudah dan cepat melalui kegiatan bootcamp. Mengingat networking memiliki peran penting baik dalam berbisnis maupun sebagai karyawan.

3. Menemukan Mentor dan Investor

Mengikuti bootcamp kamu akan bertemu dengan banyak orang baru baik yang sudah berpengalaman dalam bisnis maupun pemula. Jika kamu pandai memanfaatkan kesempatan untuk mengenal para peserta dari kegiatan tersebut bisa mendapatkan peluang emas.

Karena banyak dari peserta merupakan seorang mentor dan ada juga seorang investor. Mentor dan investor sama pentingnya dalam sebuah bisnis karena keduanya memiliki peran masing-masing serta saling mendukung.

Jika kamu bisa bertemu dengan mentor dan investor tentu memberikan peluang tersendiri. Mentor akan membantu kamu menjalankan bisnis baik yang sudah berjalan maupun baru mau mulai dijalankan.

Sedangkan investor akan membantu memberikan dana atau modal untuk menjalankan maupun mengembangkan bisnis. Jadi manfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa bertemu orang-orang hebat yang dapat membantu bisnismu.

4. Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan dan Manajemen

Sebagai program pelatihan bisnis, bootcamp dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan atau skill berbisnis. Bukan sekedar bagaimana cara membuat bisnis bisa berjalan dan berkembang saja namun skill kamu juga akan ditingkatkan.

Terutama kemampuan yang berkaitan dengan kepemimpinan serta manajemen sumber daya manusia maupun manajemen keseluruhan. Tanpa adanya skill kepemimpinan tentu saja akan membuat kamu kesulitan menjalankan bisnis yang sudah ada karyawan.

Berapapun jumlah karyawan yang dimiliki tetap saja skill pemimpin harus dikuasai sedini mungkin. Ketika perusahaan semakin besar dan jumlah karyawan meningkat membuat kamu tidak akan kesulitan dalam mengaturnya.

Begitupun dengan kemampuan memanajemen berbagai hal yang berkaitan dengan bisnismu. Misal mengatur stok bahan baku, stok produk jadi kemudian manajemen modal sampai akhirnya bisa mendapatkan keuntungan harus diperhatikan.

Semua ilmu itu bisa kamu dapatkan dengan belajar di bootcamp khusus untuk pelatihan bisnis. Apalagi jika kamu sengaja mengikuti pelatihan ini untuk upgrade kemampuan diri sendiri agar semakin baik dan berkembang.

5. Motivasi dan Inspirasi

Mengikuti bootcamp secara tidak langsung membuat para peserta semakin bersemangat untuk memulai dan menjalankan bisnisnya. Banyak motivasi yang didapatkan baik dari pembicara maupun para peserta pelatihan tersebut.

Apalagi jika kamu bisa sharing dengan sesama peserta tentang pengalaman mereka dalam menjalankan bisnisnya. Tentu akan memberikan inspirasi sehingga semakin bersemangat menghadapi berbagai tantangan berbisnis.

Memang tidak ada jaminan kalau sebagai pengusaha akan jauh lebih mudah, lebih banyak waktu luang dan lebih besar hasilnya. Apapun jenis bisnis yang kamu jalankan semua butuh diusahakan dan dimaksimalkan agar memberikan hasil sesuai harapan.

Kalau saat ini bisnismu belum berkembang atau terasa stagnan maka jangan mudah menyerah begitu saja. Yuk ikuti bootcamp bisnis dengan mentor yang sudah berpengalaman bersama TES Society.

TES Society merupakan sebuah komunitas pengusaha muda dari berbagai latar belakang bisnis berbeda yang saling mendukung untuk terus belajar.

Melalui komunitas akan memudahkan pengusaha muda dalam mengembangkan bisnis ditengah minimnya kemampuan serta kerasnya persaingan pasar.

Mengikuti pelatihan banyak ilmu baru yang bisa kamu dapatkan serta membuka peluang untuk memperluas jaringan atau networking. Bersama kami bootcamp menjadi lebih seru, menyenangkan dan skill bisnismu akan meningkat.

Kamu bisa langsung menghubungi kami melalui WA Admin Klinik Bisnis: 08119700284 atau kunjungi laman kami di https://te-society.com.

Baca juga : Alasan Kamu Harus Mengikuti Bootcamp Pengusaha Muda

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us