5 Buku Untuk Bisnis Online Startup Pemula, Recommended!

Membaca buku-buku bisnis memang wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis pemula untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas. Ada banyak referensi buku untuk bisnis online startup pemula yang recommended untuk dibaca. 

Dengan membaca banyak buku, bisnis online yang Anda rintis bisa melejit dan berkembang dengan maksimal. Untuk mengetahui rekomendasi buku-buku tentang bisnis online startup bagi pemula, berikut ulasan selengkapnya.

Membaca buku tentang bisnis online memang wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk mengetahui tips dan trik membangun bisnis yang tepat. Nah, berikut ini beberapa buku yang recommended untuk Anda yang ingin merintis bisnis online.

1.     The Lean Startup

The Lean Startup yang ditulis oleh Eric Reiss merupakan salah satu buku yang recommended untuk dibaca. Buku ini berisi tentang pengalaman Eric Reiss ketika membangun bisnis startup media sosial IMVU yang punya fitur avatar 3D.

Buku ini menjabarkan tentang pendekatan baru cara membuat perusahaan rintisan dan cara merancang produk. Istilah Lean digunakan oleh Eric untuk menggambarkan metode produksi yang digunakan oleh Toyota dan merefleksikan filosofi kerja yang efektif, serta efisien.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang metodologi praktis yang banyak digunakan oleh founder startup dalam mewujudkan visinya.

2.     Scrum: The Art of Doing Twice the Work in Half the Time

Rekomendasi buku selanjutnya yang wajib Anda baca untuk memulai bisnis online startup yaitu Scrum. Meskipun bukan buku tentang bisnis, buku karya Jeff Sutherland dan J. J. Sutherland ini mengajarkan tentang prinsip yang digunakan Sutherland untuk mendesain cara berbisnis.

Sutherland di dalam buku ini mencoba menjelaskan apa saja yang sudah ia pelajari sebagai seorang software developer. Scrum sendiri merupakan suatu metodologi manajemen proyek yang sering dipakai startup atau perusahaan rintisan.

Buku ini akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara membentuk tim yang dapat bekerja secara lincah dan produktif dengan metode Scrum yang mengedepankan pada pembagian peran dan akuntabilitas.

3.     Zero to One

Zero to One: Notes on Startups or How to Build the Future juga menjadi salah satu buku untuk bisnis online startup pemula yang wajib dibaca para pelaku bisnis. Buku karya Peter Thiel dan Blake Master ini akan mengajarkan kepada Anda cara pandang yang optimis terhadap inovasi.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan mengenai bagaimana bisnis yang inovatif dan dapat tumbuh menjadi perusahaan yang besar, serta mampu bersaing di tengah persaingan bisnis yang ketat.

4.     Business Model Generation

Buku Business Model Generation yang ditulis oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur bekerja sama dengan 470 praktisi ini menjelaskan tentang bagaimana cara membuat bisnis startup dengan menerapkan ‘business model’ (model bisnis).

Model bisnis sendiri merupakan bagian-bagian yang dibuat dalam bentuk visual atau dikenal dengan istilah BMC (business model canvas). Buku ini akan mengajarkan kepada Anda mengenai cara membuat dan menyusun rencana bisnis yang kekinian.

5.     The Art of Entrepreneurship

The Art of Entrepreneurship yang ditulis oleh Klemens B. Raharja juga menjadi salah satu rekomendasi buku untuk pebisnis pemula yang sedang merintis bisnis online. Buku ini mengulas tentang cara untuk memulai bisnis berdasarkan pengalaman nyata dari para pebisnis bukan hanya sekedar teori.

Dengan membaca buku satu ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan serta worksheet dan template yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui di mana posisi Anda saat ini. Anda juga akan mendapatkan Mendapatkan peluang usaha yang real dari beberapa member komunitas The Entrepreneurs Society.

Belajar Bisnis Langsung dari Ahlinya

Selain belajar bisnis melalui buku, Anda juga perlu belajar langsung dari mentor bisnis berpengalaman. Salah satunya dengan bergabung komunitas bisnis The Entrepreneurs Society yang bisa memberikan banyak kelebihan, antara lain:

  • Lewat komunitas ini, nantinya Anda akan dibimbing step by step oleh mentor bisnis berpengalaman. Jadi, tak perlu khawatir bagi Anda yang baru merintis usaha dan bahkan belum menemukan ide bisnis. Karena yang terpenting adalah kemauan untuk belajar.
  • Mendapatkan akses gratis untuk berbagai modul bisnis dan konten menarik untuk belajar lebih dalam tentang bisnis. Mulai dari ebook bisnis, buletin komunitas, dll yang berisi informasi ter-update seputar bisnis.
  • Bisa mengikuti berbagai kegiatan menarik untuk memperdalam ilmu bisnis. Mulai dari  seminar dan workshop online, hingga pertemuan langsung dengan para pebisnis sukses.
  • Anda akan mendapatkan tips praktis dalam menjalankan bisnis agar semakin bertumbuh lebih besar dan sukses. Sehingga bisnis Anda tidak stuck di situ-situ saja.
  • Anda juga bisa bertemu dengan sesama anggota komunitas lainnya yang merupakan para pengusaha dari berbagai kota. Dengan begitu, Anda bisa memperluas pertemanan dan  memperbanyak rekan bisnis
  • Berpeluang kolaborasi dan kerjasama antar anggota komunitas dalam mengembangkan bisnis. Sehingga dapat bersama-sama memajukan dunia wirausaha di Indonesia.

Masih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung komunitas The Entrepreneurs Society. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda dan bersiaplah menjadi anggota salah satu komunitas bisnis terbesar di Indonesia.

Cara pendaftarannya mudah. Cukup daftar melalui link ini atau hubungi nomor HP 0813-8963-0543.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengikuti Seminar Wirausaha Untuk Pemula

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Klemens B. Raharja

TENTANG FOUNDER

Klemens Rahardja is an avid start up investor, and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These includes profit and not for profit organizations, privately owned businesses and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.