Bagaimana Cara Jadi Member Komunitas Bisnis?

Semakin hari, banyak pengusaha muda yang merintis bisnisnya. Baik itu mendirikan startup atau sekedar menjadi pelaku usaha kecil menengah. Tentunya hal tersebut bukan menjadi masalah asalkan bisa mengembangkan diri dengan cara jadi member komunitas bisnis.

Nah artikel di bawah ini akan menjawab pertanyaan masyarakat bagaimana caranya agar bisa bergabung ke komunitas bisnis dan menambah relasi. Simak sampai akhir ya!

Berikut Cara Jadi Member Komunitas Bisnis

Anda harus tahu bahwa komunitas bisnis merupakan tempat berkumpulnya para ahli, profesional dan pengalaman. Jangan minder, karena tujuan didirikannya memang membantu memberikan wawasan kepada pengusaha baru yang masih membutuhkan bimbingan.

Biasanya kegiatan yang dilakukan adalah workshop, pelatihan hingga sharing pengalaman. Terdapat lembaga atau pihak khusus yang menaungi berbagai komunitas bisnis yang ada. Lalu bagaimana cara masuk kedalamnya?

1.     Mencari Informasi Melalui Riset Sederhana

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi melalui riset sederhana. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan yaitu bertanya kepada teman yang sudah lama gabung ke komunitas dan mencarinya sendiri di internet.

Zaman sekarang sudah banyak berbagai komunitas bisnis dan menguploadnya di website. Bahkan ada yang memberikan promosi akun dan bimbingan baik itu gratis atau berbayar.

Kumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan komunitas apa saja yang dibawah naungannya, apa saja fasilitas yang didapatkan dan berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

2.     Membandingkan Mana yang Terbaik

Cara jadi member komunitas bisnis setelah melakukan riset adalah membandingkan mana yang paling terbaik. Jangan sampai Anda salah pilih komunitas ya, karena sayang sudah membayar mahal tapi tidak ada ilmu dan kesempatan sharing yang didapatkan.

Oleh karena itu, penting kiranya untuk memilih yang paling terbaik dan sesuai dengan tujuan Anda gabung ke komunitas tersebut.

3.     Memilih Sesuai dengan Jenis Bisnis yang Dijalani

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa komunitas bisnis jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Anda tidak boleh asal dalam memilihnya. Silahkan gabung ke yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani.

Kenapa? Karena nantinya ilmu pengetahuan dan informasi yang dibagikan relevan dan bisa langsung diterapkan agar tercapainya kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Percuma juga kan jika gabung di sesuatu yang bahkan tidak diperlukan dalam bisnis. Jadi sia-sia pastinya.

4.     Melakukan Pendaftaran

Setelah menentukan komunitas apa yang akan diikuti, selanjutnya Anda harus melakukan pendaftaran. Perlu diketahui bahwa pendaftaran ini tidak gratis, karena nantinya lembaga yang menaungi komunitas Anda akan memberikan informasi dan panduan yang sangat bermanfaat.

Ingat, semua harus terorganisir dengan baik bukan? Jadi tentunya tidak masalah jika Anda mengeluarkan sebagian uang untuk mendapatkan akses lebih.

5.     Memahami Syarat dan Ketentuan

Terakhir adalah memahami syarat dan ketentuan apa saja yang disusun oleh komunitas tersebut. Anda harus paham jenis member dan fasilitas apa yang dipilih. Masing-masing komunitas memiliki kebijakan yang berbeda terkait hal ini.

Ada yang gratis, berbayar dan ada juga yang disesuaikan dengan kepentingan. Harganya pun tentunya sangat variatif, sesuai dengan fasilitas apa yang didapatkan. Anda harus benar-benar memilihnya dengan teliti, prioritaskan kebutuhan kenapa Anda gabung ke komunitas tersebut.

Contohnya, Anda bisa masuk ke grup ELITES yang dimiliki oleh The Entrepreneurs Society. Di sini Anda akan mendapatkan keuntungan akses grup ELITES startup, akses corporate events, VIP Seats untuk event dan grup mentorship.

Nah agar beberapa langkah cara jadi member komunitas bisnis di atas menjadi nyata, maka Anda harus menghubungi nomor WA TESSA di 0813-8963-0543 untuk bergabung ke komunitas dan memilih jenis member sesuai kebutuhan. Bagaimana mudah bukan?

Baca Juga: Tips Mengembangkan Usaha di Era Pandemi

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Klemens B. Raharja

TENTANG FOUNDER

Klemens Rahardja is an avid start up investor, and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These includes profit and not for profit organizations, privately owned businesses and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.