Cara Menanggapi Review Jelek Pelanggan dengan Baik

cara menanggapi review jelek pelanggan dengan baik

Ketahui cara menanggapi review jelek pelanggan dengan baik, tidak perlu keburu panik karena menerima ulasan negatif. Tentu ketika penjual mendapat review buruk, kamu akan khawatir jika ulasan tersebut akan berpengaruh dengan produk kamu di mata calon konsumen lainnya.

Hal tersebut memang wajar terjadi, biasanya karena pemeriksaan produk yang kurang teliti atau disebabkan hal lainnya, pelanggan kurang puas atau kecewa dengan produk yang diberikan. Hal ini tentu perlu dilakukan evaluasi, untuk menemukan letak kesalahan agar tidak terjadi nantinya.

Maka dari itu kami akan memberikan tips menanggapi review jelek pelanggan dengan baik, agar kamu tidak perlu panik untuk menanggapinya. Salah satu kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pebisnis adalah, mereka menghiraukan ulasan jelek tersebut atau enggan membalasnya.

Padahal sebagai konsumen, kita membutuhkan tanggapan juga dari penjual untuk mengetahui bagaimana kelanjutan dari produk dengan review jelek tersebut. Apabila kamu bisa menawarkan solusi terbaik, maka konsumen juga tidak ragu untuk membeli produk di tokomu.

Cara Menanggapi Review Jelek Pelanggan dengan Baik

Ulasan memang bisa membantu konsumen, untuk mengetahui bagaimana kualitas suatu produk. Di sisi lain pebisnis sebetulnya juga ikut terbantu, jika ulasan positif berhasil mereka dapatkan, karena bisa mendapatkan kepercayaan dari banyak calon konsumen.

1. Tidak Perlu Dihapus

Cara menanggapi review jelek pelanggan dengan baik ialah tidak perlu menghapusnya, banyak pebisnis merasa bahwa ulasan tersebut mengganggu atau tidak sepenuhnya benar. Sehingga untuk menyelamatkan reputasi brandnya, lebih baik ulasan tersebut dihilangkan.

Namun jika kamu tidak segera menangani keluhan dari konsumen ini, khawatir akan lebih banyak konsumen yang merasa bahwa toko pebisnis tidak profesional, belum lagi jika ulasan negatif ini sudah dibaca oleh banyak calon konsumen, dan bisa memburuk apabila tidak ditangani segera.

2. Segera Beri Balasan

Tidak perlu panik dan tetap berpikir logis, agar kamu bisa menemukan alasan atau jawaban yang tepat untuk menangani ulasan tersebut. Berikan saran kepada konsumen tersebut secara ramah dan sopan, karena hal tersebut akan menunjukkan bagaimana kualitas tokomu.

Pastikan kamu juga telah menganalisis kesalahan, dan pahami dengan baik kritik yang diberikan oleh konsumen.

3. Hindari Penggunaan Autoresponder

Cara menanggapi review jelek pelanggan dengan baik berikutnya yaitu, hindari penggunaan autoresponder pada setiap ulasan. Biasanya pebisnis biasa menggunakan bot komentar yang kalimatnya sudah diisi sebuah kalimat, sehingga setiap ulasan akan dijawab dengan bot tersebut.

Hal ini tentu saja membuat konsumen semakin kesal, apabila kritiknya tidak ditanggapi olehmu. Terlebih lagi dengan penggunaan bot, biasanya kamu tidak sempat melihat mana ulasan berbau negatif dan mana yang tidak.

4. Tawarkan Solusi dan Permohonan Maaf

Selain bersikap ramah dan sopan, jangan lupa untuk menawarkan solusi dan permintaan maaf kepada konsumen karena produk yang diberikan tidak sesuai dengan harapannya. Pastikan kamu memberikan solusi yang menguntungkan, baik bagi pebisnis maupun konsumen.

Tidak Perlu Panik dalam Menanggapi Ulasan Buruk

Memang salah satu cara menanggapi review jelek pelanggan dengan baik adalah, dengan tetap bersikap tenang dan tidak perlu emosi. Tidak perlu memasukannya ke dalam hati, karena bukan berarti satu ulasan negatif bisa menilai keseluruhan dari produk yang kamu pasarkan.

Berpikir jernih dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, agar kedepannya kamu bisa tahu dengan baik cara mengatasinya. Di mana lagi kamu bisa menemukan solusi dari setiap masalah dalam menjalani bisnis, jika tidak bergabung bersama komunitas kami yang bernama TES.

TES merupakan sebuah komunitas bisnis yang sudah lama berdiri, dan mengumpulkan banyak sekali pengusaha lainnya dari latar belakang berbeda. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk saling terhubung dengan berbagai bidang, dan berbagi ilmu serta pengalaman.

TES memiliki Klinik Bisnis yang bisa menjadi tempat berkonsultasi, serta program ELITES berupa membership tahunan yang menawarkan berbagai benefit menggiurkan dengan biaya mulai dari 1,2 juta hingga 3,6 juta.

Pahami cara menanggapi review jelek pelanggan dengan baik, agar kedepannya pebisnis sudah bisa menangani ulasan negatif tersebut.

Jika kamu tertarik untuk bergabung, silahkan hubungi nomor WA TESSA  0813-8963-0543 atau mengakses website kami dan klik link pendaftaran berikut

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.