5 Contoh Segmentasi Pemasaran dalam Bisnis

Contoh segmentasi pemasaran perlu ditentukan sebagai langkah awal merintis bisnis. Proses segmentasi pemasaran akan menghasilkan kelompok konsumen baru sebagai target penjualan dalam proses branding selanjutnya.

Dengan cara ini, kamu mendapatkan gambaran utuh mengenai produk ideal untuk dipasarkan ke berbagai calon konsumen berdasarkan segmentasi pemasaran.

Sejumlah calon konsumen akan mencari produk berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Dalam penerapannya, segmentasi pasar membantu mengembangkan produk serta layanan sehingga sasarannya tepat target.

Sistem pemasaran atau metode branding penjualan juga jadi lebih efektif, terstruktur, dan memiliki target.

5 Contoh Segmentasi Pemasaran dalam Bisnis

entrepreneur Indonesia

Segmentasi pasar adalah kegiatan menganalisa, mengidentifikasi, serta mengelompokkan calon pembeli di satu pasar berdasarkan karakteristik kebutuhan yang berlaku.

1. Segmentasi Pasar untuk Produk Makanan

Salah satu produk dengan pasaran paling luas adalah produk makanan. Contoh segmentasi pemasaran produk-produk makanan beragam, mulai dari makanan mentah, ringan, hingga instan dengan kemasan praktis.

  • Segmentasi Geografis

Produk makanan ringan menargetkan calon konsumennya di perkotaan dan pedesaan karena bahan dasarnya disukai banyak orang dan mudah didapatkan.

  • Segmentasi Demografis

Target pemasaran produk makanan ringan berusia dari 7 hingga 30 tahun di berbagai kalangan tanpa memadang status, tingkat ekonomi, atau pendidikan.

  • Segmentasi Psikografis

Makanan ringan menargetkan calon konsumennya yang suka bersantai dan melakukan pekerjaan ringan sambil menikmati cemilan di kemasan.

2. Segmentasi Pasar Produk Minuman

Produk minuman memiliki target konsumen luas dengan varian rasa serta bentuk kemasan berbeda-beda. Salah satu contoh segmentasi pemasaran produk minuman paling banyak disukai adalah minuman isotonik.

  • Segmentasi Demografis

Konsumen dari minuman isotonik berusia 15 sampai 35 tahun untuk laki-laki maupun perempuan. Harganya ekonomis mulai dari Rp7.000 hingga Rp10.000 per botol 500 ml.

  • Segmentasi Geografis

Calon konsumen dari produk minuman isotonik adalah orang-orang di wilayah perkotaan dan desa dengan cuaca tropis.

  • Segmentasi Psikografis

Calon konsumen produk minuman ini adalah mereka yang masih produktif serta aktif. Produk minuman ini juga bisa ditargetkan pada penderita diare atau mudah lelah.

3. Contoh Segmentasi Pasar Produk Pakaian

Contoh segmentasi pemasaran produk pakaian semakin berkembang dan menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Trend fashion juga terus berganti sepanjang tahun sehingga menjadi bisnis dengan peluang pasar luas.

  • Segmentasi Demografis

Untuk fashion pakaian bayi biasanya ditargetkan untuk orangtua yang memiliki anak berusia 0 hingga 5 tahun. Produk ini bisa dibeli oleh siapa saja dengan tujuan berbeda-beda.

  • Segmentasi Geografis

Produk ini diarahkan kepada mereka di perkotaan dan pedesaan di mana semua penduduknya pasti memiliki bayi, dijual secara online dengan harga lebih terjangkau.

  • Segmentasi Psikografis

Targetnya yaitu untuk orang usia produktif yang mengikuti trend fashion bayi atau remaja atau untuk pria dewasa, seringkali berbelanja pakaian secara online ataupun membeli di toko fisik.

4. Contoh Segmentasi Pasar Produk Kosmetik

Kosmetik bukan sekedar memoles wajah, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup. Produk kosmetik dihadirkan untuk para remaja hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan.

  • Segmentasi Demografis

Calon konsumennya yaitu perempuan berusia remaja hingga wanita dewasa dari ekonomi kelas bawah hingga menengah.

  • Segmentasi Psikografis

Target pemasarannya untuk para perempuan yang ingin merawat kulit wajah dan terlihat cantik. Harga dari produk kosmetik bersahabat dengan kantong.

  • Segmentasi Geografis

Arah dari target konsumen produk kecantikan umumnya mereka di perkotaan atau desa dengan lini produk kecantikan yang bisa dijangkau dengan mudah dan harga cenderung murah.

5. Contoh Segmentasi Pasar Produk Otomotif

Transportasi pribadi memudahkan mobilitas, ada juga yang beranggapan transportasi pribadi menunjang penampilan misalnya motor atau sepeda.

  • Segmentasi Geografis

Ditargetkan pada para calon konsumen yang mendiami perkotaan dan desa dengan jalur kondisi darat memadai.

  • Segmentasi Demografis

Calon konsumennya yaitu para remaja hingga dewasa, sudah memiliki SIM C dengan harga jual terjangkau serta irit bahan bakar untuk meningkatkan perekonomian menengah.

  • Segmentasi Psikografis

Target pasarannya yaitu bagi mereka yang sering bepergian dalam jarak sedang hingga jauh lewat jalur darat dan lebih mengutamakan efisiensi serta kenyamanan berkendara.

Jika kamu ingin mempelajari contoh dari segmentasi pemasaranlebih dalam berdasarkan hasil yang sudah terbukti, belajar bersama kami di TES, kelompok pebisnis dan pengusaha muda Indonesia dari latar belakang bisnis berbeda-beda.

The Entrepreneur Society akan membantu mengembangkan pola berbisnis yang baik. Ikut membership gratis dari TES dengan nama program ELITES dan klinik bisnis untuk belajar ilmu bisnis bermanfaat sekarang juga. Kunjungi halaman website kami atau hubungi di nomor WhatsApp Tessa: 0813-8963-0543 untuk contoh segmentasi pemasaran lebih detail. Atau jika ingin daftar langsung dengan klik tombol dibawah ini.

Baca juga : Training Gratis untuk Menentukan Target Pemasaran

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us