Jasa Konsultasi untuk Bisnis UMKM

jasa konsultasi untuk bisnis UMKM

Sebagai pebisnis, tentu kamu sudah tahu peran jasa konsultasi untuk bisnis UMKM sangat penting dalam pengembangkan usaha dan bersaing dengan pasar. Bahkan tidak jarang pemilik usaha menganggarkan dana agar dapat menggunakan layanan konsultan.

Seorang konsultan bisnis berpengalaman akan sangat membantu dalam menentukan strategi paling tepat dan efektif. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan solusi terbaik ketika terjadi permasalahan yang umum terjadi dalam berbisnis.

Meski begitu, ada baiknya mempertimbangkan dahulu sebelum memilih jasa konsultasi untuk UMKM. Sebab ada banyak sekali layanan konsultan, namun tidak semuanya terpercaya dan berkompeten dalam bidangnya sehingga justru akan memberi kerugian.

Sangat penting memilih layanan jasa konsultan berbisnis yang berkualitas agar budget tidak terbuang sia-sia dan memberikan banyak manfaat. Umumnya kualitas jasa konsultasi bisnis dapat dilihat dari kinerjanya yang sekaligus bisa dijadikan pertimbangan.

Pentingnya Jasa Konsultasi untuk Bisnis UMKM

Kehadiran jasa konsultasi untuk bisnis yang kamu jalankan dapat dijadikan sebagai sarana pemberi kritikan membangun pada perusahaan. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadi alasan penting seorang pebisnis melakukan konsultasi.

1. Stimulator Pelaku Usaha

Pentingnya seorang konsultan berbisnis dalam memberikan dorongan kekuatan atau stimulator sehingga pemilik usaha bisa mendapatkan penghasilan lebih maksimal. Dapat dikatakan, seorang konsultan merupakan pembimbing dari kliennya.

Seorang pemilik bisnis yang ingin memperluas pasar atau memperbaiki permasalahan dalam berbisnis membutuhkan jasa konsultasi untuk bisnis UMKM. Hal ini karena dorongan yang diberikan bisa menggerakkan kinerja perusahaan sehingga berjalan lebih baik.

Semakin berkualitas layanan jasa konsultasi bisnis, maka akan memiliki daya dorong lebih kuat sehingga kamu akan lebih mudah mencapai tujuan dari perusahaan. Tugas menantang ini harus dilakukan oleh ahlinya, sehingga kamu harus sangat teliti dalam memilih konsultan.

2. Perencanaan Keuangan

Banyak pemilik usaha memiliki kesalahan dalam perencanaan keuangan, padahal dapat memberikan dampak buruk pada perusahaan jika terus dibiarkan. Salah satu tugas penting konsultan berbisnis adalah memberi nasihat mengenai keuangan perusahaan.

Layanan jasa konsultasi untuk bisnis UMKM salah satunya adalah memecahkan permasalahan laba yang lemah atau berbagai masalah lainnya. Dengan begitu, usaha kamu akan kembali memiliki keuangan stabil.

Langkah dalam mengatasi berbagai permasalahan itu salah satunya menggunakan proses akuntansi yang benar sehingga bisa memberi gambaran dan tolak ukur berjalannya usaha. Jika gambaran ini jelas dan terarah, maka UMKM bisa semakin berkembang dan sukses.

3. Mempermudah Branding

Branding sangat penting dilakukan pada setiap sektor maupun industri, termasuk bisnis UMKM. Dengan branding tepat, maka akan membentuk citra positif yang nantinya akan menarik banyak pelanggan serta klien-klien potensial.

Dengan keahlian yang dimiliki, jasa konsultasi untuk bisnis UMKM akan memberikan berbagai informasi mengenai pemasaran, termasuk branding. Apalagi branding merupakan bagian terpenting dalam mempromosikan produk yang ditawarkan.

Beberapa perusahaan tidak bisa menampilkan citra dari brand yang dibangun sehingga tidak banyak dikenal oleh target konsumen. Agar dapat menembus pasar dengan brand kuat, maka menggunakan jasa konsultan berbisnis akan sangat membantu pemilik UMKM.

4. Menumbuhkan Bisnis

Layanan jasa konsultasi untuk bisnis UMKM berkualitas pasti akan memiliki keterampilan serta keahlian dalam berbisnis. Kecakapan ini akan sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan usaha menggunakan pengetahuan berbisnis.

Pengetahuan serta keahlian ini juga sangat dibutuhkan untuk membuat strategi paling tepat dalam pengembangan usaha. Konsultan juga mengetahui bagaimana menjalankan bisnis secara efektif agar tidak menghambat pertumbuhan bisnis dan kesuksesan di masa mendatang.

Menjalankan bisnis tanpa adanya pendampingan dari jasa konsultasi untuk bisnis UMKM hanya membuat kamu meraba-raba strategi dan belum tentu berhasil. Justru hal itulah yang pada akhirnya membuat UMKM yang kamu bangun sulit menembus pasar secara meluas.

5. Umpan Balik Profesional

Cukup banyak pebisnis mengembangkan usahanya dengan sikap semangat bahkan sebelum diluncurkan secara resmi. Padahal jika ide bisnis yang bias justru akan memberikan peluang gagal karena tidak dapat melihat berbagai kemungkinan dengan jelas.

Selain itu, kamu pasti sudah memiliki konsep bisnis ketika membuka UMKM dan mencoba menerapkan sebaik-baiknya. Sayangnya, tidak jarang eksekusi tidak terlalu bagus atau bisa jadi strategi tidak seefektif perkiraan awal.

Jika telah demikian, pemilik usaha sangat membutuhkan jasa konsultasi untuk bisnis UMKM sehingga bisa mendapat masukkan dari sudut pandang lain dan saran membangun. Konsultan juga bisa memutar rencana lain mengatasi kesalahan konsep agar menjadi lebih tepat.

6. Analisis Pasar

Untuk dapat membuat keputusan bisnis cerdas dan dapat digunakan dalam jangka panjang akan membutuhkan banyak data serta riset mendalam. Ini juga merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dari konsultan bisnis sehingga bisa membangun rencana strategis.

Nantinya, jasa konsultasi berbisnis dengan kualitas terbaik bisa melakukan riset secara cermat sehingga bisa memahami tren dan memprediksi perilaku konsumen. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mencapai target pasar dan menghasilkan pendapatan tambahan.

7. Pengambilan Peluang

Tidak semua pebisnis mampu menganalisis serta memaksimalkan peluang yang ada. Tidak jarang peluang ini justru diabaikan sehingga pada akhirnya membuat kinerja perusahaan menjadi menurun.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan layanan jasa konsultan yang mampu menganalisis pasar serta membuat strategi tepat sehingga lebih mudah dalam mencari peluang baru. Kamu juga bisa memaksimalkan peluang tersebut sehingga pertumbuhan bisnis semakin signifikan.

8. Pandangan Objektif

Jasa konsultasi untuk bisnis UMKM merupakan pihak ketiga yang akan memberikan pandangan dan evaluasi dengan jujur dan objektif. Bahkan pandangan dari konsultan berbisnis ini akan membantu menemukan kesalahan maupun permasalahan yang ada.

Pandangan yang diberikan selama berkonsultasi tentu saja tidak dilakukan secara sembarangan namun berdasarkan fakta serta pengalaman. Semakin sering kamu melakukan konsultasi maka akan lebih banyak juga pandangan baru serta membangun.

Jasa Konsultasi untuk Bisnis UMKM

Pentingnya jasa konsultasi pada bisnis UMKMmembuat kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih. Sebab semakin berkualitas layanan jasa, maka semakin banyak pula benefit yang akan kamu dapatkan.

TES menjadi komunitas bisnis terbaik yang dapat kamu ikuti, sebab kamu juga bisa mendapatkan konsultan berpengalaman ketika masuk menjadi member. Kamu juga dapat bergabung program ELITES untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi.

ELITES memiliki 3 tipe program dengan harga dan benefit berbeda, namun tidak perlu khawatir karena biaya menjadi mambership sangat terjangkau. Kamu bahkan bisa memilih tipe Free agar dapat masuk grup WA komunitas, event umum, dan edukasi harga normal.

Jika ingin benefit lebih banyak, kamu bisa memilih ELITES Startup dengan biaya hanya Rp1,2 juta setahun. Beberapa keuntungannya seperti berkolaborasi dengan pengusaha lain, event khusus, juga bisa langsung bertemu mentor ahli dari jasa konsultasi untuk bisnis UMKM.

Jika usahamu telah berkembang dan memiliki produk maupun branding jelas, maka dapat masuk ELITES Corporate dengan biaya Rp3,6 juta saja. Meski demikian, ada kualifikasi tertentu untuk bisa masuk dalam tipe ini.

Peranan konsultan berbisnis sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha UMKM menggunakan strategi terbaik. Oleh sebab itu, memilih jasa konsultasi untuk bisnis UMKM harus berkualitas agar mendapatkan manfaat lebih banyak.

Segera hubungi TESSA di nomor Whatsapp 0813-8963-0543 atau membuka website resmi TES di laman https://te-society.com/, dan langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.