Jasa Konsultasi Usaha untuk Pemula

jasa konsultasi usaha untuk pemula

Jika ingin bisnis berkembang pesat, maka jasa konsultasi usaha untuk pemula sangat berperan penting. Sebab seorang konsultan memiliki pengalaman serta keahlian dalam berbisnis sehingga dapat membuat strategi yang tepat menggunakan perhitungan matang.

Bukan hanya itu saja, seorang konsultan juga bisa menemukan permasalahan yang sedang terjadi dalam perusahaan dan mencari jalan keluar terbaik. Kamu juga bisa melakukan konsultasi mengenai perencanaan keuangan, pembagian tugas karyawan, dan lainnya.

Ada sangat banyak jasa konsultasi bisnis untuk pemula di Indonesia dengan harga beragam, namun layanannya tidak selalu terbaik. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak memilih layanan sembarangan dan melakukan pertimbangan lebih dulu.

Jika mendapatkan konsultan berkualitas, maka tentu saja kamu akan mendapat banyak benefit. Bisnis yang baru kamu rintis nantinya juga akan lebih mudah menembus target pasar sehingga bisa mudah berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.

Tips Memilih Jasa Konsultasi Usaha untuk Pemula

Ada beberapa tips bisa kamu gunakan ketika memilih jasa konsultasi usaha untuk para pemula agar mendapatkan layanan berkualitas. Berikut hal-hal penting dan perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

1. Peran Konsultan

Sebelum menggunakan layanan jasa ada baiknya mempelajari terlebih dahulu peran dari konsultan itu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mengerti bagaimana kerja seorang konsultan dan apa saja yang didapatkan ketika menggunakan jasanya.

Beberapa peran dari konsultan seperti mengidentifikasi permasalahan dalam perkembangan bisnis. Selain itu, jasa konsultasi juga sudah seharusnya memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Jasa konsultasi usaha pemula juga harus bisa melakukan perencanaan bisnis, hal ini tentu hanya dapat dilakukan oleh seorang dengan keahlian dan pengalaman panjang. Jika kamu mengetahui peranannya itu, nantinya akan mempermudah komunikasi.

Konsultan merupakan pembimbingmu dalam menjalankan bisnis, sehingga kamu harus dapat menyampaikan apa saja yang menjadi permasalahan. Hal itu sudah tentu akan membantu dalam mengumpulan data dan proses menyelesaikan masalah juga akan lebih cepat.

2. Latar Belakang

Setelah mempelajari peran-perannya, selanjutnya pelajari juga latar belakang dari konsultan maupun layanan jasanya. Mendalami mengenai latar belakang jasa konsultan bisa dijadikan sebagai tolak ukur jam terbang, banyaknya klien yang ditangani, dan banyak lainnya.

Pastikan jika perusahaan atau lembaga menyediakan konsultan usaha untuk pemula terpercaya dan memiliki izin resmi. Sebab legalitas yang jelas bisa menghindarkanmu dari tindak penipuan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Satu hal lagi perlu diperhatikan adalah mengetahui seberapa banyak projek yang sedang dikerjakan oleh konsultan yang akan kamu pilih. Sebab meskipun memiliki reputasi bagus, namun memiliki project padat bisa jadi akan berdampak dengan bisnis yang kamu jalankan.

3. Kompetensi

Selain latar belakang, kompetensi maupun pengalaman seorang jasa konsultasi bisnis juga sangat penting diketahui. Setiap konsultan bisa jadi memiliki kemampuan berbeda sehingga penilaian maupun saran-saran yang diberikan juga bisa jadi berbeda.

Pastikan bahwa konsultan usaha untuk pemula memiliki jam terbang tinggi dalam melayani klien serta mengikuti berbagai pelatihan berbeda. Semakin tinggi jam terbang artinya pengalaman yang dimiliki juga semakin banyak.

Konsultan berpengalaman umumnya telah menghadapi berbagai permasalahan bisnis dalam berbagai bidang. Dengan begitu, mereka bisa memberikan dukungan dengan berbagai prespektif bisnis yang kamu jalankan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.

4. Referensi

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengumpulkan beragam referensi sehingga kepercayaanmu pada konsultan usaha lebih meningkat. Pastikan jika referensi memang sudah valid.

Beberapa referensi yang bisa kamu cari adalah seberapa banyak mitra bisnis akhirnya telah menjadi sukses setelah menggunakan layanan tersebut. Tidak hanya itu saja, ada baiknya periksa juga pekerjaan dari konsultan bisnis melalu portofolio.

Melalui portofolio, kam akan tahu layanan jasa tersebut benar-benar menjalankan apa saja yang telah dikatakan atau hanya omong kosong. Sebab jika seorang layanan jasa ternyata memiliki cara kerja buruk, maka justru akan memberikan kerugian.

5. Metodologi

Banyaknya jasa konsultasi usaha pasti memiliki metodologi maupun fitur berbeda dalam layanannya. Usahakan untuk menanyakan terlebih dahulu secara detail mengenai strategi mapun metodologi yang sekiranya akan digunakan.

Selanjutnya kamu bisa menerka-nerka apakah strategi maupun metodologi bisa memberikan dampak positif secara signifikan pada bisnis yang dijalankan. Biasanya semakin banyak metodologi digunakan, akan semakin mudah menentukan strategi yang tepat.

6. Mengikuti Seminar

Kamujuga dapat mengikuti seminar sehingga bisa mengetahui bagaimana konsultan bisnis berkomunikasi dengan klien. Sebab kenyamanan dalam komunikasi bisa menjadi sangat penting dalam sebuah mitra agar bisa menjalankan proyek lebih mudah.

Selain itu, penyampaian materi juga akan memberikanmu penilaian mengenai kemampuan maupun pengetahuan dari konsultan. Ini juga akan mempermudah kamu dalam mencari referensi maupun latar belakang dari jasa konsultasi usaha untuk pemula.

Beberapa layanan jasa mungkin tidak menyelenggarakan seminar, namun bukan berarti tidak ada alternatif lain yang bisa dilakukan. Kamu bisa melihat status media sosial maupun website untuk mengetahui berbagai informasi maupun aktivitas yang dilakukan.

7. Harga

Setiap layanan jasa konsultasi memberikan harga berbeda satu dengan lainnya, sehingga penting bagi kamu untuk mengetahuinya. Pastikan jika penawaran harga masih wajar dan sepadan dengan kompetensi, pengalaman, maupun layanan yang diberikan.

Agar tidak terjebak dengan harga terlalu mahal, kamu bisa membandingkannya dengan jasa konsultasi usaha lainnya. Selain itu, cara ini juga menghindarkan kamu merasa tidak cocok dengan konsultan yang telah dipilih.

Ketika merasa tidak cocok, kamu pasti akan memilih jasa konsultasi lainnya. Padahal ini bisa memberikan kerugian karena kamu harus mempersiapkan budget lebih.

Jasa Konsultasi Usaha untuk Pemula

Memilih jasa konsultasi usaha memang tidak gampang, banyak pertimbangan yang harus dilakukan agar mendapatkan layanan terbaik. Sebenarnya tidak perlu bingung, karena kamu bisa langsung masuk dalam komunitas TES.

Komunitas TES adalah tempat pengusaha muda yang ingin mengembangkan usahanya untuk terus berkarya. Selain belajar mengenai ilmu-ilmu berbisnis, kamu juga bisa bertemu dengan pengusaha lainnya sehingga dapat saling bertukar ide hingga melakukan kolaborasi.

TES memiliki program untuk dapat kamu ikuti, yaitu ELITES dengan berbagai benefit sesuai dengan tipe yang dipilih. Seperti jika memilih ELITES Free, kamu bisa masuk dalam grup WA, mengikuti event umum bulanan dan edukasi dengan harga normal.

Jasa konsultasi usaha pemula di komunitas TES bisa juga dengan bergabung dalam ELITES Startup. Biaya membershipnya hanya Rp1,2 juta saja pertahun namun kamu sudah akan mendapatkan berbagai benefit untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Tipe selanjutnya adalah ELITES Corporate dengan biaya membership Rp3,6 juta pertahun, tentu saja benefit yang didapatkan juga lebih banyak. Meski begitu, ada kualifikasi tertentu jika ingin masuk dalam tipe ini.

Memilih konsultan memang membutuhkan tips-tips tertentu agar tidak kecewa dengan pelayanannya. Sebaliknya, jasa konsultasi usaha untuk pemula yang tepat akan memberikan berbagai manfaat positif untuk perkembangan bisnis.

Kamu bisa menghubungi TESSA di nomor WA 0813-8963-0543 jika ingin informasi lebih lanjut atau masuk dalam membership. Selain itu, kamu juga dapat mengakses website resmi https://te-society.com untuk mengetahui aktivitas maupun portofolio TES. Langsung bisa daftar dengan klik tombol dibawah ini

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.