5 Jenis Dana Pensiun Pebisnis yang Wajib Kamu Tahu

Jenis dana pensiun wajib untuk kamu ketahui agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan demikian, akan mendatangkan banyak keuntungan sehingga hasilnya bisa dinikmati bersama keluarga.

Hal ini karena uang yang kamu terima dapat menjadi aset berharga jika mampu mengelolanya dengan baik. Dengan demikian, nanti kamu tidak akan membebani dan merepotkan anak dan cucu.

Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya jauh hari saat masih bekerja. Diharapkan meskipun sudah tidak bekerja di kantor, kamu tetap bisa beraktivitas dan memiliki penghasilan.

Mengenal Apa itu Dana Pensiun dan Fungsinya

Jenis dana pensiun

Berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 1992 dapat diketahui bahwa dana pensiun termasuk badan hukum. Tujuan dari badan hukum tersebut adalah untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawan suatu perusahaan yang sudah pensiun.

Selain itu, memiliki tugas untuk mengelola sekaligus menjalankan program seperti pembayaran rutin, mengakses fasilitas tertentu, tunjangan kesehatan dan lain-lain. Dana tersebut akan dibayarkan kepada kamu setelah memasuki usia pensiun.

Uang akan dikumpulkan oleh suatu lembaga yang sumbernya dari iuran para pekerja. Nantinya dana akan dikembalikan saat waktunya telah tiba. Dengan demikian, akan memberi banyak manfaat bagi karyawan.

Jenis dana pensiun bermacam-macam, oleh karena itu kamu wajib mengetahuinya. Selain itu, penting juga untuk mengetahui apa saja fungsinya bagi setiap pihak yang terlibat.

Bagi perusahaan, berfungsi memberikan penghargaan untuk karyawan karena telah mengabdi selama bertahun-tahun. Tabungan seperti ini bisa meminimalisir jumlah karyawan yang mengundurkan diri.

Hal ini dikarenakan adanya dana pensiun membuat karyawan merasa nyaman sehingga akan meningkatkan motivasi kerja. Hal ini berdampak positif karena meningkatkan produktivitas perusahaan.

Setiap jenis dana pensiun memiliki manfaat bagi karyawan di hari tua. Adanya tabungan tersebut membuat kehidupan di masa tua lebih terjamin. Apabila penerima telah meninggal, maka bisa diwariskan kepada keluarga.

Ahli waris bisa mengurus pencairan uang setelah karyawan tersebut meninggal dunia. Dengan demikian, selain menjamin kehidupan di masa tua juga bisa menciptakan rasa aman bagi keluarga.

Lalu, bagi pihak penyelenggara program juga merasakan keuntungan. Hal ini dikarenakan mempunyai kesempatan mengelola uang agar bisa memberikan keuntungan karena iuran tersebut termasuk dalam investasi.

Intip 5 Jenis Dana Pensiun

Berikut ini akan dikupas secara lengkap beberapa dana pensiun. Kamu harus mengetahuinya agar bisa membedakan masing-masing jenis tersebut dan penggunaannya.

1. Dana Pensiun dari Pemberi Kerja (DPPK)

DPPK pada umumnya dibuat oleh seseorang atau suatu badan yang memiliki karyawan. Baik individu maupun badan tersebut merupakan pendiri sekaligus penyelenggara program tabungan hari tua bagi karyawan.

Iuran tabungan tersebut bersifat pasti dan perusahaan wajib memberikan kepada seluruh karyawan. Contoh penerima DPPK adalah semua karyawan di kantor BUMN.

2. Dana Pensiun dari Sebuah Lembaga Keuangan

Jenis dana pensiun tersebut berasal dari lembaga keuangan seperti bank. Lembaga tersebut bertugas mengelola tabungan hari tua pekerja mandiri maupun karyawan. Dengan demikian, iuran tabungannya juga bersifat pasti.

Iuran dibebankan hanya kepada pemberi kerja. Jumlahnya tergantung keuntungan dari pemberi kerja. Bentuknya berupa tabungan pensiun atau asuransi jiwa jaminan hari tua.

3. Dana Pensiun dari Lembaga Asuransi Kesehatan

Jenis ini diselenggarakan perusahaan asuransi jiwa bagi perorangan, baik pekerja mandiri maupun karyawan kantor. Pada umumnya terpisah dari tabungan hari tua yang diberikan perusahaan.

4. Dana Pensiun Manfaat Pasti

Jenis dana pensiun itu memberi manfaat yang jelas dan besarnya ditentukan dari awal. Pada umumnya perjanjian dilakukan sejak awal bekerja oleh karyawan dan perusahaan.

Sumbernya berasal dari gabungan potongan gaji setiap bulan ditambah dana dari orang yang memberi kerja. Nantinya uang tersebut akan diinvestasikan agar mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

5. Dana Pensiun Iuran Pasti

Pada jenis ini, setiap bulan karyawan wajib membayar iuran menggunakan potongan gaji. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu menyediakan banyak uang untuk membayar karyawan yang telah berhenti kerja.

Cara Mudah Menghitung Dana Pensiun

dana pensiun

Masa tua menjadi lebih menyenangkan karena tidak lagi memiliki beban kerja. Kamu bisa menikmati hidup dengan tenang dan tetap mempunyai penghasilan. Misalnya memanfaatkan waktu untuk liburan dan bersantai dengan keluarga.

Selain itu, ada juga yang memilih melakukan hobi untuk menghabiskan waktu luang. Apabila kamu ingin menikmati masa tua yang menyenangkan, maka harus membuat perencanaan tabungan untuk hari tua.

Caranya adalah dengan menghitung uang dengan tepat. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai gaya hidup masing-masing. Setiap perusahaan biasanya akan memilih jenis dana pensiun terbaik bagi karyawannya.

Seorang pengusaha dianjurkan menyisihkan uang minimal 5% hingga 20% dari jumlah gaji. Kamu harus melakukannya rutin setiap bulan. Bagi yang bekerja sebagai karyawan tetap, maka tidak perlu menyisihkan hingga 20%.

Hal ini dikarenakan perusahaan akan memberikan fasilitas berupa program JHT (Jaminan Hari Tua). Adanya fasilitas tersebut tentu sangat menguntungkan karena masa tua kamu terjamin kesejahteraannya.

Tentunya setiap jenis dana pensiun akan memberikan keuntungan. Oleh karena itu, penting bagi kamu mengetahui bagaimana cara menghitung jumlah minimal uang yang perlu dipersiapkan.

Caranya dengan menghitung gaji bulanan selama 1 tahun lalu dibagi suku bunga deposito. Dalam melakukan perhitungan, perhatikan juga besarnya inflasi. Hal ini karena rata-rata per tahun terjadi kenaikan inflasi 4-5%.

Cara Memanfaatkan Dana Pensiun untuk Bisnis

Banyak cara yang dapat dipilih untuk memanfaatkannya. Salah satunya dengan membangun usaha. Banyak ide yang bisa kamu pilih untuk menjalankan usaha yang menguntungkan.

Misalnya seperti membangun kontrakan atau tempat kos. Kamu akan mendapatkan penghasilan setiap bulan atau tahun sesuai kesepakatan. Dengan demikian, uang pensiun menjadi lebih bermanfaat dan mendatangkan keuntungan.

Pilihlah lokasi yang strategis agar banyak orang yang berminat untuk menyewa. Selanjutnya, dana bisa dimanfaatkan untuk bisnis peternakan ayam. Selain menghasilkan uang, kamu juga bisa mengisi waktu luang.

Jenis dana pensiun juga dapat kamu cairkan untuk membangun toko kelontong atau toko online. Kamu bisa membuka usaha sambil bersantai dan menikmati hasilnya.

Bisnis seperti ini sangat menguntungkan karena menyediakan barang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Selain itu, bisnis kuliner juga sangat menjanjikan. Pilihlah menu yang banyak disukai sehingga usaha kamu berjalan lancar.

Misalnya menjual ayam bakar atau seafood dan masih banyak lagi menu hits lainnya. Beternak kambing atau sapi juga merupakan ide yang bagus. Dana pensiun yang kamu terima bisa berkembang.

Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika jenis dana pensiun dipergunakan untuk bisnis tersebut. Alasannya karena saat lebaran haji, banyak orang yang mencari hewan ternak untuk berkurban.

Apabila kamu memiliki kendala ketika ingin memulai bisnis atau dalam mengembangkannya, maka bisa memanfaatkan layanan konsultasi dari TES. Tim kami telah berpengalaman dan selalu memberikan pelayanan dengan ramah.

Kami juga mempunyai klinik bisnis. Untuk informasi klinik bisnis bisa di dapatkan di website TES. Terbukti, selama ini banyak klien yang telah mempercayakan berbagai urusan bisnis kepada kami. Misalnya ketika ingin menyelenggarakan training atau workshop untuk para pelaku usaha.

Kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memanfaatkan dana pensiun. Jika ingin mengetahui jenis dana pensiun lebih lanjut dan memanfaatkannya untuk membangun bisnis, segera hubungi kami melalui WA TESSA 0811-9700-284.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Baca juga : Pelatihan Pengelolaan Dana Pensiun dengan Mentor Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us