Jenis-jenis Venture Builder untuk Perusahaan Startup

Jenis-jenis Venture Builder untuk Perusahaan Startup

Venture builder untuk perusahaan startup – Venture builder nyatanya sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan startup. Hal itu karena model bisnis satu ini sangat berguna untuk perkembangan bisnis, salah satunya pembiayaan operasional. Jadi tidak heran apabila sekarang telah banyak startup yang berlomba-lomba mengajukan proposal agar modal tersebut berhasil didapat.

Venture builder sendiri merupakan perusahaan yang menampung modal, sumber daya, hingga sarana bagi yang ingin mendirikan start up. Modal dana yang diberikan ini umumnya berbentuk uang tunai. Banyak startup yang telah sukses, nyatanya tidak terlepas dari adanya dukungan tersebut.

Tentu saja untuk mendapatkan modalnya tidaklah mudah. Untuk mengalirkan dananya, sang investor tidak bisa main-main. Mereka harus menghitung risiko-risikonya terlebih dahulu dan mengetahui perjalanan proyek bisnis tersebut.

Maka dari itu, sebelum dana diberikan, ada tahapan penjajakan yang lumayan panjang. Salah satunya yaitu perusahaan harus melakukan presentasi singkat untuk menjelaskan secara detail mengenai produk dan strategi usaha ke depannya.

Jenis-jenis Venture Builder untuk Perusahaan Startup

Venture builder ini terdiri menjadi 3 jenis, yakni berdasarkan cara menghimpun dana, berdasarkan cara pemberian dana, serta berdasarkan kepemilikan dana. Di mana ketiga jenis tersebut memiliki pemahaman yang berbeda, berikut adalah penjelasan singkatnya.

1. Berdasarkan pemberian dana

Venture builder jenis satu ini memperoleh dana dari para investor. Dalam jenis ini terdiri lagi menjadi 2 bagian, yaitu bantuan finansial dan bantuan manajemen. Berdasarkan pemberian dua jenis bantuan tersebut, maka terbagi lagi menjadi dua jenis bantuan, yakni:

  • Single tier approach: perusahaan yang bertugas untuk mewadahi berbagai macam dana. Selain itu, bertugas juga dalam mengatur dana tersebut untuk bisa diinvestasikan ke bentuk penyertaan modal dalam suatu pasang usaha.
  • Two tier approach: modal yang dikendalikan oleh 2 badan usaha yang terpisah. Mereka yaitu suatu perusahaan yang bermanfaat dalam penyediaan dana (fund company), sedangkan satunya berfungsi sebagai management company. Di mana ia akan bertugas dalam mengatur dana tersebut dari fund company.

2. Berdasarkan cara penghimpunan

Dana perusahaan yang diperoleh dari jenis ini, diambil dari berbagai cara. Adapun jenis venture builder berikutnya ini terbagi lagi menjadi 2 bagian, yakni leverage venture capital dan equality venture capital.

  • Leverage venture capital: Jenis pemberian dana yang sumbernya dari sebuah perusahaan venture builder. Akan tetapi, dana tersebut akan dikumpulkan dalam bentuk pinjaman yang asalnya dari berbagai macam pihak.
  • Equity venture capital: Jenis pembagian dana yang sumbernya dari suatu perusahaan venture builder. Adapun sebagian besar dana yang telah dikumpulkan berasal dari modal sendiri atau pribadi.

3. Berdasarkan kepemilikan

Kepemilikan di sini menampilkan pengaruh yang berbeda-beda kepada suatu modal. Berikut ini adalah jenis-jenis berdasarkan kepemilikan:

  • Private venture capital company: Jenis perusahaan yang statusnya belum dinyatakan go publik. Dalam artian lain, perusahaan tersebut belum memperdagangkan saham yang dimilikinya pada lantai bursa.
  • Public venture capital company: Perusahaan yang telah memperdagangkan lembaran saham yang dipunyai pada lantai bursa.
  • Bank affiliate venture company:  Perusahaan satu ini dibangun oleh beberapa para pihak bank. Mereka ini cenderung merasakan surplus dana maupun memiliki tujuan tertentu bagi model bisnis ini.
  • Conglomerate venture capital: Perusahaan yang terakhir ini didirikan oleh beberapa macam perusahaan yang sudah sangat besar.

Itulah jenis-jenis venture builder untuk perusahaan startup yang perlu diketahui. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mengikuti pelatihan dalam Klinik Bisnis. Klinik Bisnis merupakan sebuah program khusus yang dibuat oleh TES untuk fokus membantu kamu dalam mendapatkan konsultasi, edukasi, dan pelatihan seputar kewirausahaan.

Jika mempunyai minat untuk bergabung, segeralah hubungi ke nomor 0813-8963-0543 untuk info lebih lanjut, atau langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini

Baca juga : Begini Cara Kerja Venture Builder di Jakarta

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.