6 Daftar Komunitas Bisnis Startup di Indonesia

Era digital telah membuat banyak hal berubah termasuk dunia bisnis, yang salah satunya adalah semakin populernya bisnis berbasis teknologi atau lebih akrab disebut start-up. Memulai bisnis jenis ini konon sangat susah tapi dengan komunitas bisnis startup di Indonesia, jalan menuju sukses bisa lebih mudah.

Ada banyak nih komunitas yang menjadi wadah dan bahkan bisa memfasilitasi bisnis startup Anda agar lebih mudah untuk memulainya, mengembangkannya, dan mensukseskannya. Bagi Anda yang mungkin belum tahu, berikut adalah beberapa komunitas bisnis startup terbaik di negeri ini.

Nama-Nama Komunitas Bisnis Startup di Indonesia

1.     Global Entrepreneurship Program Indonesia

Biasa disingkat dengan GEPI, Global Entrepreneurship Program Indonesia merupakan sebuah organisasi yang dirintis oleh 13 orang pengusaha asal Indonesia yang sudah lebih dulu sukses dan ingin berbagi ilmu kepada para pengusaha newbie lainnya di negeri ini, terutama untuk bisnis berbasis teknologi.

GEPI sendiri ternyata terinspirasi dari organisasi sejenis dan bernama sama yang dibentuk oleh Barack Obama dan Hillary Clinton yang berbasis di Amerika Serikat. Nah, visi utama dari GEPI sendiri adalah membantu para pebisnis dalam merintis startup dengan cara yang tepat dan lebih mudah.

2.      Komunitas Startup Jakarta

Bagi Anda yang kebetulan seorang warga Jakarta atau sekitarnya yang ingin mempelajari ilmu startup sebelum benar-benar membuka bisnis, atau mungkin untuk mengembangkan bisnis startup Anda yang sudah ada, maka bisa bergabung dengan Komunitas Startup Jakarta yang sudah ada sejak 1 tahun silam.

Berada di kawasan Jakarta Selatan, komunitas ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah DKI Jakarta dengan kegiatan utama berupa knowledge sharing dan workshop. Komunitas ini merupakan wadah bagi para pelaku maupun peminat bisnis start-up.

3.      GSJ

Singkatan dari Gue Startup Jakarta, GSJ merupakan salah satu komunitas bisnis di kawasan Jakarta yang saat ini jumlah anggotanya sudah mencapai ribuan lho.

Dibentuk oleh sebuah perusahaan bernama CoHive, GSJ ini sangat aktif dalam kegiatannya setiap bulan mulai dari sesi sharing dan diskusi hingga workshop yang diisi oleh sejumlah narasumber ahli dan berpengalaman di bidang bisnis start-up.

Sebagai anggotanya, Anda akan dimudahkan nih dalam berkomunikasi karena tersedi grup telegram aktif yang sekaligus sebagai tempat untuk mendapat informasi terkini seputar kegiatan komunitas atau hal lain seputar start-up.

4.     Cafe Startup

Mirip dengan komunitas bisnis startup di Indonesia pada daftar sebelumnya, Cafe Startup juga aktif banget secara online, yaitu via grup telegram juga.

Sebagai salah satu komunitas online, Cafe Startup termasuk yang paling besar lho di Indonesia, karena jumlah anggota di grup telegramnya ada lebih dari 1.400 orang dari berbagai kota. Tapi jangan salah, komunitas ini juga aktif secara offline kok, baik dalam sesi diskusi, sharing, atau sekedar kopi darat.

5.     Rintisan.id

Memiliki jumlah follower lebih dari 150.000 orang di Instagram membuat Rintisan.id ikut menjadi salah satu komunitas bisnis startup di Indonesia yang paling hits nih.

Bukan follower biasa, mereka merupakan founder-founder yang berjiwa bisnis dan bahkan banyak juga yang sudah memiliki perusahaan rintisan. Media sosial dari komunitas ini terutama Instagram sangat aktif dalam memberikan informasi dan tips seputar bisnis startup terkini lho.

Tapi tentunya, komunitas ini juga aktif di dunia nyata dengan secara rutin mengadakan pertemuan untuk para member agar bisa saling berbagi informasi, pengalaman, ilmu, tips, dan berbagai hal lain yang bermanfaat.

6.     TES (The Entrepreneurs Society)

Terakhir, ada TES atau The Entrepreneurs Society. Dari sekian banyak rekomendasi, rasanya TES inilah yang paling cocok untuk para pengusaha startup. Bagaimana tidak? Di komunitas ini Anda akan mendapatkan banyak benefit yang tentu akan berguna dalam pertumbuhan bisnis startup Anda.

Komunitas ini menawarkan edukasi bisnis secara menyeluruh. Tidak pandang bulu, apakah Anda seorang pemula, atau yang sudah punya banyak bisnis sekalipun, semua bebas ikut serta di dalamnya. Selain itu, TES juga menjamin para membernya untuk mendapatkan jaringan yang luas.

Anda tentu sepakat bahwa membangun jaringan adalah salah satu syarat wajib dalam sebuah kesuksesan bisnis. Dengan bergabung bersama TES, Anda akan dikelilingi oleh orang-orang hebat yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu sukses membangun startup.

Hanya itu? Tentu tidak, masih banyak value yang bisa Anda terima, diantaranya:

  • Mendapatkan ilmu bisnis mulai dari A-Z
  • Dibimbing oleh pakar yang mumpuni
  • Mendapatkan modul atau ebook eksklusif berjudul The Art of Entrepreneurship
  • Mendapatkan materi pendukung lainnya
  • Berkesempatan mengikuti seminar bisnis / bootcamp

Pastikan Anda ikut serta dalam kesempatan emas ini. Hanya dengan investasi yang cukup hemat, Anda sudah bisa mendapatkan semua benefit untuk menjadi pebisnis yang hebat. Segera daftarkan diri Anda sebelum kuota terpenuhi.

Kunjungi website resmi TES di https://te-society.com/ atau bisa juga dengan menghubungi customer service di nomor HP 0813-8963-0543 untuk mendapatkan arahan selanjutnya.

Baca Juga: 6 Wadah Komunitas Pengusaha Se-Indonesia Paling Populer

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Leave a Reply

Your email address will not be published.