5 Komunitas Bisnis UMKM di Jakarta

Meski terlihat kecil, namun peran UMKM untuk negeri ini cukup besar lho, mulai dari mengurangi angka pengangguran hingga berkontribusi terhadap PDB. Nah, buat Anda warga Jakarta yang tertarik untuk terjun dalam UMKM tapi belum tahu ilmunya, Anda bisa join dengan komunitas bisnis UMKM di Jakarta.

Komunitas-komunitas semacam ini merupakan sebuah wadah paling tepat untuk para peminat dan pelaku UMKM (atau juga calon UMKM) yang ingin menimba ilmu lebih banyak agar bisnis yang sedang atau akan dijalankan bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan yang ada dan bahkan bisa mendulang kesuksesan.

Apa Saja Nama-Nama Komunitas Bisnis UMKM di Jakarta?

1.     Komunitas Tangan di Atas

Biasa disingkat dengan TDA, komunitas ini menjadi salah satu yang paling populer di negeri ini dengan jumlah member mencapai belasan ribu dari berbagai daerah. TDA sendiri merupakan sebuah komunitas wirausaha berbagai ukuran dan lini termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Memiliki kantor pusat di kawasan Jakarta Selatan tepatnya di Jl. TB Simatupang Kav. 18, komunitas ini tidak hanya aktif dalam sharing dan diskusi seputar bisnis tapi juga memiliki sejumlah program lain seperti TDA Peduli, TDA TV, TDA Tanggap Corona, dan Beli TDA.

2.     Yukbisnis

Komunitas yang satu ini lebih menekankan pada sistem online untuk memudahkan para anggota agar bisa berdiskusi dan sharing dengan lebih gampang dan cepat di era digital seperti sekarang, sehingga kegiatannya bisa dilakukan kapan dan dimana saja hanya dari genggaman tangan.

Tapi, komunitas ini pun rajin mengadakan kegiatan offline dengan kantor pusat di ibukota Indonesia. Bagi Anda yang pemula di dunia bisnis, komunitas ini akan memberikan materi bisnis khusus pemula secara gratis dan bahkan ketika bisnis Anda sudah mulai jalan, pihak komunitas siap untuk mendampingi.

Tak hanya sebagai komunitas bisnis UMKM di Jakarta, Yukbisnis juga menyediakan sejumlah produk berupa YubiID – Kartu Nama Virtual, YubiPRO – Spesialis Official Store, YUBImini – Tokonya Media Sosial, Gudang Yubi – Saluran Distribusi Online, dan Yubistore – Mallnya Pebisnis Indonesia.

3.     FOKUS Usaha Mikro Kecil Menengah

Dimulai pada tahun 2015, komunitas bernama FOKUS Usaha Mikro Kecil Menengah yang terletak di Jakarta ini mengusung visi untuk membantu para pelaku UMKM dan koperasi-koperasi kecil di Indonesia agar lebih bisa maju dalam hal produksi, pemasaran, dan juga pembiayaan.

Komunitas ini menjalin kerja sama dengan banyak pihak termasuk akademisi, sejumlah komunitas UMKM lain, dan juga pemerintah untuk sama-sama mendampingi pasar usaha kecil di negeri ini agar selalu update dan bahkan bisa bersaing dengan pasar global.

Meskipun berkantor pusat di ibukota Indonesia, tapi FOKUS Usaha Mikro Kecil Menengah juga ada di sejumlah daerah lainnya lho, sehingga para pelaku UMKM dari luar Jakarta pun bisa dengan mudah menjadi anggota dan mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan komunitas secara rutin.

4.     Sahabat UMKM

“Tumbuh, Berkembang, dan Sukses Bersama”, begitulah slogan dari komunitas bisnis yang ada di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat ini. Komunitas ini akan mempertemukan Anda dengan ribuan pelaku UMKM lain di berbagai bidang di negeri ini dan juga dengan para ahli di bidang kewirausahaan.

Berbagai kegiatan online dan offline aktif dilakukan oleh Sahabat UMKM termasuk forum diskusi, mentoring, sharing, dan juga event seru namun tetap penuh dengan ilmu.

5.     TES

Komunitas yang satu ini memang sedikit unik jika dilihat dari namanya, karena cukup singkat dan padat. Sebenarnya TES adalah kependekan dari The Entrepreneurs Society. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa ini memang komunitas untuk para pengusaha.

Tapi tenang, jangan berkecil hati dulu. Pengusaha yang dimaksud bukanlah pengusaha yang sudah sukses atau kaya raya. Justru sebaliknya, disinilah tempatnya para pengusaha yang masih berada di level merintis.

Pelaku bisnis ini kebanyakan adalah pegiat UMKM yang memiliki semangat juang yang tinggi memberikan layanan atau produk asli buatan Indonesia kepada masyarakat luas. Selain untuk pegiat UMKM, komunitas ini cocok untuk siapa saja ya?

TES cocok untuk Anda yang sedang memiliki kriteria berikut:

  • Bertekad membangun bisnis
  • Masih bingung menentukan produk atau layanan untuk bisnis
  • Belum memiliki mentor bisnis
  • Belum memiliki ilmu bisnis yang benar
  • Belum memiliki komunitas atau jaringan bisnis

Jika Anda memiliki salah satu atau justru semua kriteria di atas, maka jelas inilah saat yang tepat untuk bergabung dengan TES. Semua kebingungan Anda akan terjawab setelah mengikuti program unggulan dari TES, misalnya seperti bootcamp atau dengan membaca ebook “The Art of Entrepreneurship”.

Segera kunjungi halaman resmi TES di situs https://te-society.com/. Bisa juga dengan menghubungi layanan customer service di nomor 0813-8963-0543.

Jangan biarkan diri Anda tertinggal dengan berbagai informasi terbaru seputar UMKM di negeri ini mulai dari teknik pemasaran, tips dan trik penjualan, hingga cara menjaga mutu dan kualitas dengan bergabung ke salah satu komunitas bisnis UMKM di Jakarta.

Baca Juga: 6 Daftar Komunitas Bisnis Startup Indonesia

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Leave a Reply

Your email address will not be published.