Komunitas Terbaik dalam Mengembangkan UMKM

komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM

Mencari komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM tidak boleh sembarangan. Karena ketika ingin melakukan sebuah ekspansi kita harus menentukan opsi paling tepat agar tidak bangkrut.

Sayangnya sangat sedikit para pengusaha muda yang mengetahui bagaimana menentukan circle. Sehingga banyak cerita sedih karena para pemula tersebut harus mendapatkan kegagalan secara fatal.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa insight terkait masalah seperti ini. Sehingga kamu tidak sampai harus mengalami cerita sedih dalam kegagalan melakukan bisnis baru.

Ada beberapa aspek krusial seperti bagaimana menemukan komunitas terbaik untuk mengembangkan UMKM sampai mencari ilmu penting. Karena ini akan memberikan potensi besar ketika nantinya dilakukan secara optimal.

Sebagai pelengkap kami juga akan memberikan rekomendasi sehingga kamu tidak perlu bingung lagi dalam mencari. Jika memiliki referensi seperti ini bukankah akan semakin nyaman melakukannya.

Manfaat Komunitas dalam Mengembangkan UMKM

Pertama kita harus pahami dulu apa sebenarnya manfaat mencari komunitas untuk sebuah UMKM. Karena ada banyak orang beranggapan bahwa komunitas seperti ini percuma untuk diikuti.

Padahal ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika tergabung dalam sebuah circle eksklusif. Sehingga untuk memajukan sebuah usaha kita bisa mendapatkan hasil lebih signifikan.

1. Memperkuat jaringan distribusi

Salah satu masalah terbesar dalam ekspansi usaha kecil adalah distribusi produk. Menemukan komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM akan sangat membantu mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana ini bisa terjadi karena di Indonesia semakin banyak kita memiliki koneksi maka membuang produk semakin mudah. Kita tidak perlu bingung lagi harus mencari partner yang belum jelas.

Ini adalah bentuk manfaat jangka panjang yang perlu kita optimalkan ketika berbisnis. Ingat jaringan distribusi yang kuat artinya kita bisa melakukan ekspansi lebih mudah.

2. Memperoleh investor

Ketika kita tergabung di komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM investor juga menjadi tidak ragu. Mereka juga dapat melihat secara mudah seperti apa potensi usaha jangka panjang.

Apabila menjalankan bisnis secara independen para investor belum tentu bisa kita yakinkan untuk melakukan investasi. Mengapa itu terjadi karena resume usaha tidak jelas bagaimana potensinya.

Ketika sebuah bisnis UMKM tergabung pada komunitas yang kredibel investor tersebut juga tidak akan ragu lagi. Mereka tinggal menoleh seperti apa bentuk bisnis lainnya untuk mengamati potensi.

Langkah seperti ini tentu dapat menjadi salah satu metode paling tepat untuk ekspansi. Sehingga dalam waktu tidak terlalu lama UMKM dapat menjadi bisnis kelas menengah menuju kelas korporasi.

Mencari Komunitas Terbaik dalam Mengembangkan UMKM

Ini adalah salah satu pertanyaan terbesar para pengusaha awam yang ingin mencari sebuah circle. Sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita mau melangkah sedikit lebih aktif guna menemukan opsi terbaik.

Kami akan bahas bagaimana para pengusaha muda dapat bergabung pada sebuah circle tepat. Sehingga potensi bisnis dapat dioptimalkan dalam jangka panjang setelah mengikutinya.

1. Pemerintahan kabupaten

Ini adalah opsi pertama yang dapat kita ambil untuk mencari komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM. Pemerintah kabupaten sangat sensitif terhadap kata UMKM.

Sehingga mereka dengan sengaja mengumpulkan setiap pengusaha kecil agar dapat tergabung pada circle. Ini adalah langkah paling sederhana yang sekarang dapat kamu coba.

2. Relasi alumni

Bagi kamu yang sudah lulus dari sebuah perguruan tinggi biasanya ada jaringan relasi alumni. Ini juga termasuk cara mencari komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM paling mudah.

Karena pada satu almamater saja bayangkan ada berapa banyak yang menjalankan sebuah usaha. Jadi tidak perlu ragu untuk menghubungi circle kampus lagi untuk menemukannya.

Disini dapat memperoleh rekomendasi paling terpercaya yang notabene dekat dengan relasi. Sehingga etika berbisnis yang dipegang juga sangat positif bagi para pelaku amatir.

3. Circle entrepreneur daring

Circle entrepreneur daring adalah salah satu opsi yang dapat diambil oleh pebisnis awam. Namun perlu teliti bagaimana resume dan latar belakang founder agar tidak hanya menjadi piggy bank saja.

Jangan ragu untuk menanyakan seperti apa kinerja dan resume disana. Tujuannya adalah agar kamu tidak tertipu dan hanya menjadi ladang mencari uang pelatihan bodong saja.

Untuk cara ketiga tersebut memang cukup sulit bagi para pemula. Sehingga kami akan menjelaskan bagaimana memilih komunitas terbaik dalam mengembangkan bisnis UMKM yang kredibel.

Tips Memilih Komunitas Entrepreneur yang Bukan Penipu

Suka atau tidak sekarang kata circle entrepreneur sering digunakan para penipu untuk mencari mangsa. Mereka membentuk sebuah komunitas yang target utamanya hanya memeras para anggota saja.

Bahkan tidak jarang komunitas seperti itu hanya berakhir sebagai sebuah money game saja. Sehingga tidak ada profit mengikuti oknum komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM tersebut.

Jadi disini kami akan jelaskan secara detail dan tanpa sensor seperti apa cara memilih circle yang benar. Sehingga kamu bisa terhindar dari pelatihan bodong berkedok komunitas bisnis nasional.

1. Cek latar belakang founder

Sebenarnya tidak hanya founder saja namun semua circle atas dari komunitas tersebut. Kita bisa lihat latar belakang bisnis mereka apakah benar sukses atau hanya mengaku sukses saja.

Jika pernyataan tersebut kamu anggap kurang etis maka jangan bergabung. Karena kita memang harus kritis ketika hendak bergabung di komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM.

2. Cek kredibilitas bisnis

Biasanya para founder dari sebuah circle seperti ini memiliki resume yang cukup wah. Di sini kita harus jeli ketika mengecek kredibilitas bisnis mereka apakah asli atau sekedar praktik money laundering.

Untuk mengeceknya sebenarnya mudah cukup gali informasi melalui depdagri. Jika ada bisa juga lihat portal situs mereka apakah meyakinkan atau sekedar pengalihan mata saja.

3. Lihat seperti apa tujuan komunitas

Lihat tujuan komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM apakah sebagai edukasi. Jika memang tujuannya edukasi tentu tidak masalah untuk diikuti para pengusaha awam.

Namun jika ada indikasi pengumpulan dana dari anggota lebih baik hindari hal tersebut. Ini akan membuat kamu justru masuk di circle yang kemungkinan adalah sebuah money games.

Dengan mengetahui tiga tips tersebut tentu saja akan lebih mudah menentukan opsi terbaik. Ingat, kamu harus kritis dan buang kode etik ketika melakukan penggalian informasi agar hasilnya kredibel.

Rekomendasi Komunitas Terbaik dalam Mengembangkan Bisnis UMKM

Pada segmen terakhir ini kami akan memberikan rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai sebuah insight. The entrepreneur society adalah sebuah circle bisnis mulai dari kelas kickstarter sampai korporasi.

Ini adalah salah satu opsi bagi kamu yang masih bingung mencari komunitas terbaik dalam mengembangkan bisnis UMKM. Kami bergerak di bidang edukasi bisnis terutama pada pengusaha muda.

Sehingga daya saing usaha Indonesia bisa ditingkatkan secara optimal guna meraih iklim bisnis optimal. Kami bukan circle yang berorientasi pada profit namun lebih pada edukasi secara terbuka.

Ketika kamu ingin bergabung kami sarankan ikuti dulu layanan gratis agar mengetahui bagaimana potensinya saat digunakan. Tidak perlu langsung bergabung menggunakan membership berbayar.

Setelah mengetahui seperti apa komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM kami baru kamu bisa memilih membership berbayar. Kami menyediakan klinik membership kickstarter dengan banderol 1.2 juta rupiah saja.

Bagi kamu yang ingin mengembangkan pengetahuan sampai standar korporasi bisa saja. Ada klinik membership korporasi dengan banderol 3.6 juta rupiah yang bisa kamu serap semua ilmunya.

Dibandingkan dengan platform lainnya tentu TES tergolong paling murah dan straight forward. Tidak ada gimmick yang berorientasi pada profit bagi para founder karena mereka semua sudah kaya.

Dengan mengetahui beberapa informasi tadi tentu sekarang kamu bisa lebih yakin. Bahwa memilih komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM sebenarnya tidak terlalu sulit jika mengetahui TES.

Apabila tertarik untuk bergabung bisa mengunjungi situs resmi di te-society.com atau menghubungi TESSA di nomor whatsapp 0813-8963-0543 untuk informasi lebih lengkap, dan langsung mendaftar dengan klik tombol dibawah ini

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.