Cari Konsultan Perencanaan Bisnis Terpercaya? TES Aja

Konsultan perencanaan bisnis dapat menciptakan kekuatan atau fondasi kuat dalam perusahaan nirlaba kamu. Keberadaannya sangat penting bagi sebuah perusahaan sehingga tidak heran jika profesi ini sedang digandrungi oleh anak muda.

Penasihat perencanaan bisnis tidak hanya satu bidang, tapi terbagi menjadi beberapa seperti sumber daya, keuangan, perpajakan, dan lainnya. Kamu hanya perlu menyesuaikannya saja sebelum menggunakan layanan jasa konsultasi satu ini.

Banyaknya layanan jasa tersebut bukan berarti kamu bisa asal-asalan dalam memilihnya. Tidak semua penyedia jasa konsultasi tersebut akan memberikan solusi untuk masalah bisnis yang sedang kamu alami pada saat itu.

Bukannya mendapatkan hasil terbaik dan usaha menjadi berkembang, tapi malah sebaliknya. Sebab itu, kamu harus memilihnya dengan baik sehingga tidak memperkeruh permasalahan yang ada dan membuat usaha menjadi gulung tikar.

Perbedaan antara Coach, Mentor, serta Seorang Konsultan

kursus bisnis online

Kamu mungkin sering mendengar istilah dari bussines consultant, coaching, dan mentoring business. Meskipun terlihat sama, ini merupakan tiga istilah berbeda dan membuat banyak orang salah mengartikannya.

Konsultan perencanaan bisnis merupakan seseorang yang akan membantu pebisnis menyelesaikan permasalahannya dengan beragam strateginya. Konsultannya akan mempersingkat waktu permasalahan lebih cepat, sehingga sering timbul ketergantungan.

Contohnya saja seperti saat pebisnis mengalami permasalahan keuangan di mana pengeluarannya sangat banyak, tapi hasilnya minim. Seorang penasihat akan mencari hal-hal yang membuat pengeluaran kamu bengkak dan meminimalisir hal-hal tersebut.

Coach atau pelatih merupakan seseorang yang membantu kemampuan diri dari seorang pebisnis. Biasanya seorang pelatih akan melakukan proses tanya jawab kepada pebisnis untuk menemukan solusi dari target yang telah direncakan.

Seorang pelatih atau coach akan membawa manfaat seperti mendorong pebisnis untuk mulai berpikir kritis. Pelatih juga akan menggali kemampuan diri seperti memecahkan masalah perusahaan yang sedang dihadapi.

Berbeda dengan pelatih dan konsultan, mentor merupakan seseorang yang berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai dunia bisnis. Biasanya seorang mentor akan membagikan pengalaman pribadinya kepada pebisnis lain sehingga bisa mengambil contohnya.

Jadi seorang konsultan perencanaan bisnis membantu kamu saat sudah terkena masalah, sedangkan pelatih merupakan seseorang yang akan menggali kemampuan diri, dan mentor bekerja sebagai motivator dalam dunia usaha.

Ketiga hal ini jika digunakan secara bersamaan akan membuat perusahaan serta usaha semakin baik. Bukan hanya berkembang, perusahaan akan mendapatkan pendapatan secara maksimal dan pebisnis terhindar dari permasalahan bisnisnya.

Setelah mengetahui ketiga hal tersebut, kamu bisa menggunakan sesuai dengan kondisi yang ada. Karena setiap kondisi dalam dunia usaha membutuhkan solusi tertentu sehingga bisa berkembang.

Alasan Perusahaan dan Pebisnis Menggunakan Jasa Konsultan Perencanaan Bisnis

branding produk

Beberapa orang mungkin berpikir mengapa sebuah perusahan membutuhkan layanan jasa ini. Pertanyaan ini tentu sangat wajar, terutama bagi kamu seorang pebisnis baru. Berikut Kami berikan beberapa alasan perusahaan membutuhkan layanannya.

1. Membutuhkan Pandangan dari Seorang Pihak Ketiga

Terkadang, pendapat dari pihak ketiga atau seseorang yang tidak dikenal lebih terkesan jujur. Selain itu, banyak pebisnis bingung menentukan solusi tepat mengenai permasalahannya, sehingga butuh berkonsultasi untuk melihat risikonya.

Dalam bisnis, kamu akan sering membutuhkan pandangan dari pihak lain sehingga memberikan perspektif berbeda. Jadi terdapat banyak perspektif sehingga semakin mudah mendapatkan gambaran sebelum mengambil strategi untuk kelanjutan bisnisnya.

2. Memerlukan Keahlian Khusus

Hal paling umum dari alasan penggunaannya adalah membutuhkan kemampuan khusus yang tidak dimiliki. Kemampuan tersebut membawa perusahaan serta memberikan suasana kerja yang berbeda bagi tim dan karyawannya.

Konsultan perencanaan bisnis membuka akses bagi perusahaan untuk mendapatkan karyawan dengan keahlian khusus serta hasil kerjanya terjamin. Perusahaan akan diuntungkan dengan keahlian dan situasi yang dihasilkan oleh seorang konsultannya.

3. Memerlukan Tenaga Pekerja Tambahan

Permasalahan dalam sebuah bisnis tentu harus diselesaikan secara singkat. Untuk itu, seringkali pebisnis memilih mencari tenaga pekerja tambahan. Hal ini membuat perusahaan bisa berfokus mengerjakan kegiatannya, sambil memperbaiki permasalahannya.

Namun, kamu harus tepat dalam memilihnya agar tidak menambah permasalahan lain. Tenaga pekerja tambahan harus sesuai serta berpengalaman sehingga menjadi win-win solution bagi perusahaan dan bisnisnya tersebut.

Sebagian perusahaan sendiri seringkali menggunakan layanan jasa tersebut adalah membutuhkan zona aman. Jadi, seorang konsultan perencanaan bisnis bertugas sebagai penengah antara pekerjaan dengan kliennya agar tidak salah mengambil langkah.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Seorang Konsultan Bisnis

Sebagai seorang pebisnis, kamu tentu ingin mengembangkannya, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba layanan ini. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilihnya.

1. Mengecek Background Penyedia Layanan

Latar belakang sangat penting untuk dicek saat ingin menggunakan layanan jasa konsultasi. Pastikan penyedia layanan berasal dari lembaga professional yang memiliki izin dan bergerak secara legal agar penggunaannya lebih aman.

2. Peran Sesuai dan Tanggung Jawab

Jika baru pertama mendengar atau awam dengan layanan jasa konsultan perencanaan bisnis, akan lebih baik mempelajari peran dan tanggung jawabnya. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mengerti bagaimana seorang konsultan bekerja.

3. Memiliki Kompetensi dan Berpengalaman.

Tolak ukur dari seberapa professional seseorang tentu dapat dilihat dari pengalaman serta kompetensi yang dimilikinya. Umumnya, seorang penasihat telah berpengalaman sehingga dapat mendukung aspek bisnis kamu secara keseluruhannya.

4. Memiliki Portofolio dan Referensi

Referensi sangat diperlukan karena bisa meningkatkan kepercayaan klien sebelum menggunakan jasanya. Pastikan konsultan perencanaan bisnis memiliki portofolio yang baik sesuai dengan referensi dari klien sebelumnya.

5. Mengikuti Seminar yang Diselenggarakan

Sebelum menggunakannya, kamu tentu harus menilai secara langsung bagaimana cara berbicara atau penyampaiannya, serta aspek lain. Coba sesekali untuk menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh penyedia layanan jasa tersebut secara langsung.

6. Melihat Pelayanan serta Harganya

Harga serta pelayanan menjadi hal terpenting lainnya, karena keduanya akan membawa bisnis ke kemajuan atau kemundurannya. Pastikan pelayanan sesuai harga yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia layanan jasa sehingga tidak kecewa.

Penyedia Layanan Konsultan Perencanaan Bisnis Terbaik

The entrepreneurs Society

Keberadaan penyedia layanan konsultasi saat ini sudah sangat banyak, bahkan tersebar di seluruh Indonesia. Karena memang keberadaannya membawa manfaat nyata terutama bagi para pebisnis muda.

TES merupakan komunitas The Entrepreneurs Society yang bergerak menampung para pengusaha muda untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran dari seorang ahli. Tes menyediakan klinik bisnis dengan programnya yaitu ELITES untuk anggotanya.

Banyak program yang bisa digunakan oleh anggotanya seperti mengikuti seminar, berkonsultasi dengan para ahli, atau bertukar pikiran sesama anggota. Bahkan, anggota TES tidak jarang melakukan kerjasama sehingga saling menguntungkan.

Klinik bisnis TES menyediakan mentor, coach, dan konsultan perencanaan bisnis terbaik untuk membantu para pebisnis muda. Berbagai masalah bisa dilewati dengan mudah saat kamu tergabung dengan komunitas Kami.

Jika tertarik menggunakan layanan klinik bisnis professional kami, kamu bisa langsung menghubungi pihak kami. Dalam tautan tersebut berisi informasi mengenai apa saja yang bisa didapat serta program klinik bisnis.

Mulailah bergabung dengan komunitas yang bisa membuat kamu dan bisnismu berkembang. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai konsultan perencanaan bisnis atau komunitas tes bisa hubungi WA TESSA:  0811-9700-284.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Baca juga : Konsultan Bisnis untuk Perusahaan Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us