Pentingnya Pengembangan Leadership dan HR untuk Bisnis

Suatu bisnis sulit mencapai tujuan suksesnya tanpa adanya leadership dan HR yang kuat. Kepemimpinan yaitu kapabilitas seorang pemimpin dalam memimpin, mengendalikan, dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

Kepemimpinan yang baik adalah salah satu aspek penting yang mendorong terciptanya sumber daya manusia (HR) berkualitas di perusahaan. Baik kepemimpinan dan sumber daya manusia adalah dua hal yang tidak boleh stagnan atau jalan di tempat.

Pengembangan kepemimpinan dan sumber daya manusia (HR) memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi mengapa pengembangan leadership and HR menjadi kunci bagi pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. 

Kepemimpinan yang Efektif

pelatihan kepemimpinan

Pemimpin (leader) bukanlah seorang bos yang semata-mata hanya memberi perintah kepada bawahannya. Melainkan seseorang yang dapat memanage dan mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya sehingga dapat bersama-sama mencapai tujuan yang telah disepakati.

Sebagai bagian dari organisasi, seorang pemimpin perlu mengembangkan skill kepemimpinannya agar dapat menjalankan leadership yang efektif.

Pengembangan kepemimpinan yang efektif membantu menciptakan pemimpin yang inspiratif, visioner, dan mampu mengarahkan tim menuju pencapaian tujuan bisnis.

Dengan pemimpin berkualitas, perusahaan dapat menggerakkan tim dengan efisiensi, mengatasi tantangan, dan menciptakan budaya kerja yang positif. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kompetensi leadership menjadi efektif?

Terdapat 3 kegiatan yang bisa kamu pertimbangkan dalam menyusun program pengembangan kepemimpinan yang efektif, yaitu:

1. Pelatihan Formal

Pelatihan formal adalah salah satu langkah untuk mempercepat tercapainya kepemimpinan efektif. Kegiatan ini umumnya difasilitasi oleh spesialis trainer profesional dan dilaksanakan di luar tempat kerja. Contoh pelatihan formal diantaranya lokakarya, kursus, dan lainnya.

2. Kegiatan Pengembangan

Organisasi dapat mengintegrasikan kegiatan pengembangan ke dalam tugas-tugas operasional sehingga bisa dijalankan secara bersamaan. Contoh kegiatan pengembangan leadership dan HR bisnis misalnya kegiatan coaching, mentorship, penugasan khusus.

3. Kegiatan Swadaya

Seorang leader juga harus berinisiatif untuk meningkatkan kualitas kepemimpinannya dengan kegiatan-kegiatan individual. Membaca buku, mengikuti seminar, kelas online adalah beberapa kegiatan swadaya yang bisa dilakukan.

Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja

Melalui pengembangan leadership and HR yang baik, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Kepemimpinan yang kuat mendorong karyawan untuk berinovasi, berkolaborasi, dan berkontribusi secara maksimal.

Sedangkan fungsi HR yang efektif membantu dalam perekrutan, pelatihan, dan pengelolaan kinerja karyawan. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan, di antaranya:

1. Sesuaikan Tugas dengan Kemampuan dan Minat

Tugas yang dikerjakan oleh karyawan akan menentukan bagaimana produktivitas yang dicapai. Karyawan cenderung lebih produktif ketika mereka diberi tugas sesuai kapasitas serta ketertarikannya.

2. Menyediakan Lingkungan Kerja yang Baik

Kemampuan leadership yang berkualitas turut mempengaruhi terbentuknya lingkungan kerja di perusahaan. Di sisi lain, lingkungan kerja juga sangat mempengaruhi produktivitas karyawan.

Tersedianya lingkungan kerja yang baik dan nyaman akan berdampak pada peningkatan produktivitas karyawan. Adapun yang dimaksud lingkungan kerja yaitu mencakup suasana kerja, interaksi antar karyawan, keamanan, keselamatan kerja, hingga budaya kerja.

3. Menyediakan Fasilitas yang Mendukung

Kenyamanan lingkungan perusahaan tidak akan tercapai secara utuh jika tidak dibarengi oleh ketersediaan fasilitas yang memadai. Koneksi wifi yang lambat atau komputer dengan spesifikasi rendah akan mempersulit karyawan menyelesaikan pekerjaan mereka.

Transformasi kerja dari manual ke otomasi berbasis digital dapat mendorong produktivitas yang lebih baik.

Dengan infrastruktur digital dan perangkat lunak yang memadai, karyawan lebih mudah berkolaborasi satu sama lain dan menciptakan inovasi-inovasi bisnis yang potensial.

4. Mengadakan Training

Training atau pelatihan tidak hanya diperlukan untuk kepentingan pengembangan leadership saja. Semua karyawan juga perlu diberi training untuk meningkatkan skillnya. Ini dapat mendorong produktivitas yang lebih baik.

5. Memberikan Reward

Karyawan yang mendapatkan penghargaan atas kinerja dan pencapaiannya akan merasa puas. Ketika kepuasan karyawan tinggi, mereka terdorong untuk memberikan performa kerja yang lebih produktif.

Ada beragam jenis reward yang bisa perusahaan berikan. Selain insentif, penghargaan seperti memberi kesempatan karyawan untuk bekerja secara remote, apresiasi di media sosial, voucher makan siang, hingga kartu ucapan yang dipersonalisasi adalah beberapa contohnya.

Mengoptimalkan Pengembangan Karyawan

Pengembangan leadership dan sumber daya manusia memberikan kesempatan bagi karyawan untuk tumbuh dan berkembang dalam karier mereka.

Program pengembangan karyawan yang terarah dan peluang pelatihan yang relevan membantu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi individu dalam organisasi.

Sebelumnya kami telah sedikit menyinggung tentang pengadaan training sebagai langkah pengembangan karyawan yang efektif untuk optimalisasi produktivitas karyawan. Namun, pengembangan karyawan tidak terbatas pada penyelenggaraan training saja.

Leadership serta HR yang kuat perlu merencanakan berbagai program pengembangan karyawan untuk menunjang karier mereka di masa depan. Beberapa metode pengembangan yang bisa digunakan di antaranya:

1. Pelatihan (Traning)

Leadership serta HR bisnis yang kuat berinisiatif untuk mengadakan pelatihan atau training sehingga karyawan memiliki wawasan, pengetahuan, serta skill yang lebih baik dari sebelumnya. Pelatihan bisa dilakukan secara internal oleh HR atau manajerial perusahaan.

Selain itu, bisa juga mengirim karyawan ke lembaga atau instansi tertentu untuk mengikuti pelatihan secara eksternal di luar lingkungan perusahaan.

2. Program Pendidikan

Leader dan HR juga bisa merancang program pengembangan dengan memberikan fasilitas pendidikan bagi karyawan potensial. Misalnya memberi beasiswa melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 dan lainnya.

3. Rotasi Kerja

Rotasi kerja memungkinkan karyawan menemukan posisi yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dengan adanya pengembangan leadership dan HR bisnis yang tepat, manajerial dan HR bisa merencanakan program rotasi kerja secara efektif.

4. Coaching

Metode coaching diselenggarakan untuk memacu motivasi karyawan dalam meningkatkan keterampilannya. Di samping mengembangkan kualitas kerja, coaching juga menjadi sarana berbagi ilmu serta merekatkan hubungan antar karyawan.

5. Outing

Metode outing kerap dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk memperkuat kekompakkan karyawan dari semua level. Biasanya karyawan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan karyawan yang berasal dari level maupun divisi berbeda-beda.

6. Uji Kompetensi

Kemampuan dan keterampilan karyawan dapat dibuktikan kualitasnya dengan mengikuti uji kompetensi, baik secara mandiri atau bekerja sama dengan lembaga sertifikasi. Pemimpin dengan kualitas kepemimpinan kuat perlu mempertimbangkan program ini.  

Membangun Budaya Perusahaan yang Kuat

Pengembangan leadership dan HR juga membantu dalam membangun budaya perusahaan yang kuat. Melalui kepemimpinan yang baik dan fungsi HR yang efektif, perusahaan dapat mendorong nilai-nilai perusahaan, etika kerja yang positif, dan kolaborasi tim yang erat.

Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi dan memperkuat identitas perusahaan. Adapun ciri-ciri perusahaan yang memiliki budaya kuat di antaranya:

  • Proses rekrutmen mudah
  • Turnover rendah
  • Memiliki dukungan dari pemimpin karena pemimpin memiliki leadership yang kuat
  • Memiliki komunikasi yang terbuka
  • Kolaborasi berjalan dengan baik
  • Hubungan antar karyawan yang harmonis
  • Memiliki misi yang jelas

Ikuti Membership ELITES

Bagi kamu yang ingin memperoleh pengembangan kepemimpinan dan HR untuk kesuksesan bisnis, jangan ragu hubungi kami. Yuk bergabung di kelas Leadership and HR (LEA) ELITES dan dapatkan pelatihan bisnis intensif hanya untukmu dengan menghubungi 08119700284 / 0813-8963-0543.

Baca juga : Yuk Intip Apa Saja Topik Pelatihan Kepemimpinan Terbaik

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us