Training Manajemen Pemasaran untuk Pengusaha

manajemen pemasaran

Mengikuti training untuk manajemen pemasaran bisa dilakukan agar bisa meningkatan keuntungan pada bisnis kamu. Marketing atau pemasaran digunakan untuk membuat produk kamu dikenal oleh banyak orang bahkan mengenalinya.

Manajemen marketing biasanya digunakan untuk menganalisis, mempersiapkan dan mengontrol implementasi pada setiap kegiatan bisnis yang akan atau sedang dijalankan. Manajemen ini adalah bagian yang akan menatanya secara rapi dan teliti.

Posisinya yang sangat penting membuat manajemen pemasaran ini cukup krusial keberadaannya dalam bisnis dalam meningkatkan keuntungan yang akan didapatkan oleh kamu.

Apa Itu Manajemen Pemasaran Sebenarnya

jasa konsultasi untuk bisnis kecil menengah

Manajemen dan pemasaran terdiri dari dua kata yang memiliki arti berbeda-beda. Manajemen adalah proses perencanaan, pergerakan, pengarahan, dan juga pengawasan yang harus selalu diwaspadai.

Sedangkan pemasaran merupakan analisis, perencaan, pengimplementasian hingga pengendalian pada program yang dibuat sehingga mencapai target. Jadi manajemen pemasaran merupakan kegiatan untuk mempromosikan, merencanakan, mengorganisasikan atau merencanakan.

Adanya marketing management ini adalah membuat segala keputusan yang akan diputuskan sesuai dengan strategi pemasaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Manajemen berfungsi untuk aktivitas menganalisis untuk bisa tahu pasar dan lingkungannya.

Manajemen ini juga akan membantu kamu dalam mengikuti keinginan pasar dan memperoleh banyak peluang agar bisa merebut pasar.

Bebapa Fungsinya Menyusun Manajemen Pemasaran

manfaat ikut kelas pelatihan entrepreneur bagi pemula

Penyusunan manajemen ini sangat penting dalam bisnis kamu, salah satu kegiatan di dalamnya adalah aktivitas menganalisis dan mengetahui pasar serta lingkungan pemasarannya. Berikutnya adalah fungsi-fugsinya yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Pertama adalah meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual. Meskipun kamu mendapatkan laba yang maksimum tetapi pelanggan tidak puas. Ini akan mempengaruhi bisnis kamu dan harus dijadikan catatan penting.

2. Menciptakan permintaan

Satu hal tentu saja dalam melakukan manajemen pemasaran adalah mengelola dan melakukan manajemen dengan benar pada bisnis. Hal ini akan melakukan sesuai dengan strategi pemasaran yang sudah terarah.

3. Siapa Target pemasaran

Siapa target pemasaran jadi sangat penting dalam sebelum menjalankan sebuah bisnis. Memenuhi preferensi konsumen juga. pemilihan target pasar ini sangat penting karena akan ada wajah baru yang akan menarik perhatikan konsumen.

4. Membagun citra produk

Selanjutnya adalah membangun citra produk agar bisa dikenal oleh banyak masyarakat dengan imej yang positif. Caranya juga cukup mudah-mudah tapi sulit juga karena membutuhkan masyarakat.

5. Naik keuntungannya

Selanjutnya naik keuntungan yang didapatkan dari penjualan produk. Ini adalah bagian terberatnya. Strategi yang dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan kamu harus menghilangkan terlebih dahulu dengan tidak dierjakan secara konsisten

Menjadi konsisten merupakan hal terpenting dalam membuat bisnis semakin berkembang. Dari mulai kepercayaan diri. Jika sudah seperti ini keuntungan akan terjadi sistematis.

Langkah-Langkah Melakukan Penyusunan Manajemen

entrepreneur Indonesia

Untuk melakukannya kamu bisa mengikut beberapa langkah di bawah ini. Dengan mengikuti langkah-langkah ini kamu akan terbantu dalam melakukan manajemen pemasaran serta langsung terapkan pada bisnis yang kamu jalankan.

1. Meriset pasar

Pertama adalah melakukan riset pasar yang kamu tuju, ini akan sangat berguna untuk jika perusahaan akan meluncurkan produk baru atau memperluas produk yang sudah ada ke daerah lainya.

2. Strategi pemasaran yang dikembangkan

Selanjutnya adalah pengembangan strategi dari pemasaran, pemilihan strategi ini harus benar-benar tepat. Pada tahap ini Ada harus bisa mempertimbangkan hasil riset dari berbagai aspek.

Dari mulai segmentasi, target pelanggannya hingga terakhir positioning brand kamu sendiri. Strategi pemasaran ini harus dilakukan dengan baik dan tepat sebelum maju ke langkah selanjutnya.

3. Penyusunan rencana pemasaran

Selanjutnya adalah merencanakan skenario pemasaran yang diatur dalam manajemen pemasaran. Ini merupakan penjelasan lebih detail mengenai langkah-langkah yang ada di strategi sebelumnya.

Tahap ini kamu wajib melakukan analisa dan menentukan target yang ingin dicapai oleh bisnis kamu dari menawarkan produk tersebut. rencana pemasaran ini harus ditulis agar bisa terus dipantau proses pelaksanaannya dan kesesuaiannya dengan yang sudah di rencanakan.

4. Mengontrol dan mengumpulkan saran

Mengontrol dan mengumpulkan saran ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan manajemen pemasaran lainnya. Pengontrolan dan pengumpulan saran dari pelanggan ini dilakukan setelah kamu melakukan peluncuran produk dan mempromosikannya.

Saran dimaksudkan untuk bisa mempertimbangkan masukkan pelanggan di masa depan. Sedangkan kontrol dilakkan jika produk tidak diterima oleh konsumen sehingga dapat mempengaruhi citra perusahaan.

Pentingnya Manajemen Pemasaran untuk Pengusaha

Untuk membangun marketing management yang baik kamu membutuhkan persaingan di pasar. Berikut ini alasan mengapa marketing management sangat pentung untuk pengusaha.

1. Produk baru lebih mudah di kenal

Tanpa menggunakan marketing management memperkenalkan produk baru cukup sulit. Tetapi dengan manajemen marketing yang tepat bisa menjangkau pelanggan potensial, meningkatkan brand awareness hingga menghemat waktu dan biaya juga.

2. Dapat mendorong keuntungan dan penjualan

Manajemen ini cukup efektif untuk bisa meningkatkan peluang agar penjualan jadi naik. Pengurusana manajemen yang tepat akan membantu kamu mencocokannya dengan pelanggan paling cocok dan potensial.

3. Membantu dalam mengambil keputusan bisnis

Manajemen pemasaran juga akan menunjang pengambilan keputusan jadi lebih tepat. Marketing akan membuat kamu memiliki wawasan yag lebih luas dan bermanfaat dalam menjalankan bisnis kamu.

4. Reputasi meningkat

Selanjutnya adalah meningkatkan reputasi perusahaan dengan cara berkontribusi aktif dalam manajemen. Karena marketing management mengefektifkan serta mendorong kegiatan pemasaran jadi lebih positif.

Training Manajemen Pemasaran untuk Pengusaha

Untuk bisa menguasai ilmu manajemen ini tidak bisa hanya melalui google atau otodidak saja. kamu membutuhkan mentor dan tempat untuk melakukan training manajemen ini.

Anda bisa bergabung pada TES adalah komunitas yang berisi pengusaha muda dengan latar belakang bisnis yang berbeda-beda. kamu akan bertemu dengan sangat banyak pengusaha yang berpengalaman.

Di sini adalah tempat paling ideal untuk kamu mendapatkan ilmu dari para orang-orang berpengalaman. Selain itu kamu juga bisa mendaftar untuk bisa menjadi anggota ELITES dan bergabung ke klinik bisnis untuk dapat berkonsultasi dengan mentor terbaik. Ini merupakan program membership yang tersedia di TES.

Program membership untuk Training Manajemen Pemasaran

The entrepreneurs Society

ELITES sendiri terdiri dari tiga tipe membership yaitu free. Untuk membership pertama ini kamu tidak akan dipungut biaya apapun. Keuntungan member dari masuk sebagai ELITES free adalah mendapatkan akses ke grup WA komunitas, mendapatkan akses untuk mengikuti event bulanan dan terakhir membiarkan akses ke event edukasi.

Tipe kedua adalah ELITES startup merupakan membership basic yang dipunyai oleh The Extraordinary. Dengan ini kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti mendapatkan akses masuk ke grup exclusive telegram, kesempatan mengikuti evenet khusus member, mendapatkan grup mentroship untuk basic, mendapatkan kesempatan untuk bisa bertemu mentor langsung dan masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan.

Tipe ketiga adalah elite corporate merupakan level yang lebih tinggi dari elites sebelumnya. Program ini merupakan membership dengan fasilitas dan keuntungan lebih lengkap bandingkan dengan membership sebelumnya.

Keuntungannya antara lain mendapatkan akses ke semua grup elites startup dan corporate, dapat mengikuti event khusus untuk member corporate, dapat mengikuti nominasi TES anual Gala Award, dapat mendapatkan ViP seats jika ada event TES serta nikmati akses untuk melakukan internship placement dengan university partner.

Untuk kamu yang ingin langsung mendaftarkannya silakan klik tombol pendaftaran dibawah ini atau hubungi nomer WA TESSA: 0813-8963-0543 untuk informasi lebih lengkap lagi. Kamu juga bisa mempelajari manajemen pemasaran dengan mengikuti ELITES.

Baca juga : Pelatihan Manajemen Pemasaran Digital Terbaik

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us