Manfaat Branding menurut Jasa konsultan Branding Bisnis Jakarta

Jasa konsultan branding bisnis jakarta membantu pebisnis yang usahanya kurang dikenal di kalangan masyarakat, karena bisa jadi hal ini anda belum melakukan branding produk. Hal ini sangat berpengaruh, lho. Seperti halnya masyarakat mengenal deterjen sebagai Rinso, pasta gigi sebagai Odol dan lain sebagainya. Jadi, anda harus tahu manfaat branding menurut jasa konsultan branding bisnis Jakarta ini.

Mengenal Branding menurut Jasa Konsultan Branding Bisnis Jakarta

Untuk memahami branding, anda harus paham dulu kata dasarnya, ‘brand’ yang merupakan nama, desain, simbol, atau karakteristik lain dari sebuah produk atau jasa yang fungsinya adalah sebagai pembeda antara satu dengan yang lain.

Sedangkan branding, merupakan kegiatan atau proses mempromosikan produk, personal atau perusahaan. Nah, contoh kegiatannya seperti pembuatan visi misi, logo, nama atau yang lainnya. Fungsinya sendiri adalah agar produk atau perusahaan dapat memiliki nilai yang baik dan dapat melekat di hati konsumen layaknya produk Rinso dan Odol yang sudah digeneralisasi oleh masyarakat.

Dengan proses branding ini, konsumen jadi memiliki alasan kuat dalam memilih produk atau layanan anda. Dengan begini, berarti proses branding bisa dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan reputasi perusahaan dengan penerapan strategi yang semakin baik.

1. Unsur – unsur Branding

Unsur – unsur branding merupakan hal-hal yang harus ada dalam proses branding. Dan unsur-unsur itu di antara lain adalah:

  • Nama produk, layanan atau perusahaan
  • Logo sebagai gambar identitas suatu brand
  • Tampilan visual, seperti desain kemasan produk, dan sebagainya
  • Juru bicara, yang bisa dilakukan oleh co-founder, maskot, atau brand ambassador.
  • Nada atau lagu untuk digunakan sebagai suara identitas brand
  • Slogan atau Jargon, agar dapat melekat dan dikenal masyarakat

Beberapa unsur di atas jika dikombinasikan dapat membentuk suatu branding produk yang baik hingga dikenal di masyarakat, sehingga mereka dapat tertarik untuk mencoba.

2. Manfaat Branding

Setelah memahami penjelasan di atas, sekarang anda bisa lebih yakin untuk menerapkan branding di produk atau perusahaan anda, dengan manfaat branding seperti di bawah ini:

  • Membuat konsumen memiliki keputusan pembelian setelah membandingkan dengan produk lain yang berasal dari kompetitor
  • Menjadikan perusahaan mendapatkan pelanggan, sehingga dengan mudah bisa membeli kembali produk yang sama atau keluaran terbaru
  • Membantu menaikkan harga jual berdasarkan minat tinggi dari konsumen
  • Meningkatkan reputasi perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas cara pandang masyarakat
  • Angka penjualan produk atau layanan semakin meningkat

Tips Branding untuk Melejitkan Produk

  • Wajib Memiliki Website

Website pada zaman sekarang menjadi barang wajib yang harus dimiliki suatu perusahaan. pastikan juga website aktif dan selalu ter-update.

  • Konsistensi

Konsistensi juga dibutuhkan, seperti penggunaan logo atau nama yang paten sehingga dapat menjadi identitas untuk diingat konsumen untuk berlangganan.

  • Membangun kedekatan dengan Konsumen

Tips berikutnya adalah dengan membangun kedekatan dengan konsumen, dengan cara seperti mengajak konsumen untuk memposting produk, yang sekaligus menjadi teknik marketing yang hemat.

  • Berikan Apresiasi pada Pelanggan

Anda juga bisa memberikan penghargaan bagi para pelanggan, seperti caranya dengan melakukan kompetisi dan sebagainya lalu memberikan reward agar diingat sekaligus menarik konsumen lain.

  • Maksimalkan Layanan Customer Service

Berikutnya, pelayanan customer service wajib diberlakukan untuk menjalin kedekatan sekaligus mengatasi permasalahan dari konsumen.

  • Amati Kompetitor

Terakhir, jangan lupa amati kompetitor agar anda tidak ketinggalan langkah.

Nah, anda sudah lebih memahami manfaat branding menurut jasa konsultan branding bisnis Jakarta. Jika anda butuh bantuan dalam branding produk atau perusahaan, anda bisa mampir ke Klinik Bisnis dari The Entrepreneurs Society yang sudah berpengalaman dalam menangani proses branding.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan hubungi di no WA: 0813-8963-0543 atau langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.