5 Manfaat Dana Pensiun untuk Pebisnis

Manfaat dana pensiun sangat banyak, terutama bagi para pebisnis. Dalam hal ini uang yang kamu terima tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis.

Dengan demikian, kamu tidak perlu takut menghadapi masa tua. Hal ini karena meskipun sudah berumur, namun kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan setiap bulan.

Sebagian dari penghasilan dapat ditabung atau menambah modal usaha. Nantinya, kamu bebas menikmati masa tua bersama orang-orang tercinta karena pemasukan terus mengalir setiap bulan.

Mengenal Lebih Dalam Konsep Pensiun

Manfaat dana pensiun

Pensiun adalah masa yang pasti dialami oleh setiap orang. Pada masa tersebut, seseorang akan memiliki lebih banyak waktu luang. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal positif.

Kamu wajib mengerti tentang konsep pensiun jauh hari sebelum masa itu tiba. Salah satunya adalah tidak mencairkan dana lebih cepat agar hasil kerja keras kamu bisa dinikmati pada usia tua.

Selain itu, harus memahami pajak maupun manfaat dana pensiun. Selama ini, banyak orang yang belum mengetahui bahwa dana tersebut akan dikenai pajak. Apabila belum memahaminya maka bisa berkonsultasi dengan kami.

Konsep selanjutnya yang harus dipahami adalah saat omset bisnis mulai mengalami kenaikan, maka sebaiknya menambah iuran dana pensiun. Besarnya bisa disesuaikan persentase kenaikan omset bisnis.

Dengan demikian, manfaat dana pensiun benar-benar bisa dinikmati pada saatnya nanti. Kondisi tersebut tentu sangat menguntungkan karena hasil kerja keras selama ini dapat dinikmati bersama orang-orang terkasih.

Oleh karena itu, saat sudah berhenti bekerja kamu tetap bisa membeli semua kebutuhan hidup. Dengan perencanaan yang matang, maka tidak akan mengalami masalah finansial di hari tua.

Strategi Menyusun Perencanaan Masa Pensiun Bagi Pebisnis

Jenis dana pensiun

Melakukan persiapan untuk berhenti kerja tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Hal ini tidak hanya berlaku bagi karyawan saja, melainkan juga untuk para pebisnis.

Persiapan dibutuhkan agar masa tua kamu menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu, perlu membuat strategi perencanaan sehingga jika waktu itu tiba kamu sudah siap baik secara mental maupun finansial.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kapan waktu tepat untuk berhenti kerja. Tidak sedikit para pakar keuangan yang merekomendasikan untuk berhenti dari sedini mungkin.

Tujuannya adalah agar bisa merasakan manfaat dana pensiun dan mengumpulkan aset dalam waktu lama. Dengan demikian, kamu tidak perlu bekerja keras menyisihkan dana untuk modal di masa tua.

Sejak awal pastikan sudah membuat rincian pengeluaran bulanan setelah tidak bekerja. Caranya bisa dimulai dengan menentukan berapa biaya untuk kebutuhan pokok seperti makan, kesehatan, komunikasi dan transportasi.

Selain itu, perlu juga menyiapkan anggaran untuk hiburan. Apabila selama ini masih ada hutang, maka jangan lupa menyisihkan sebagian uang untuk melunasinya sehingga tidak akan menjadi beban hidup.

Manfaat dana pensiun selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai modal untuk usaha. Salah satu contoh jenis investasi yang menjanjikan untuk masa depan adalah properti. Alasannya karena tingkat likuiditas investasi tersebut rendah.

Pilihan lainnya adalah investasi reksadana campuran sehingga sewaktu-waktu membutuhkan dana maka bisa dicairkan. Dengan demikian, masa tua kamu lebih terjamin. Minimal kebutuhan sehari-hari bisa tercukupi meskipun tidak mempunyai pemasukan tetap.

Semua itu harus dipikirkan dengan matang, terutama jika masih memiliki tanggungan keluarga. Jika kamu sudah mempersiapkannya sejak dini maka nantinya tidak akan pernah mengalami kesulitan ekonomi.

Cara Mudah Mengelola Dana Pensiun

Banyak cara yang dapat kamu pilih untuk mengelola keuangan agar setelah tidak bekerja bisa merasa nyaman. Caranya yaitu dengan memaksa diri menabung atau berinvestasi.

Sisihkan gaji yang diterima pada awal bulan sesuai kebutuhan. Misalnya sebagian untuk biaya hidup, asuransi, menyiapkan pensiun dan lain sebagainya. Jadikan aktivitas menabung sebagai prioritas utama setelah kebutuhan pokok terpenuhi.

Lalu, pilihlah jenis investasi yang aman dan memiliki risiko rendah. Banyak keuntungan yang nanti akan dirasakan jika rajin menabung dan berinvestasi. Bahkan, keuntungan tersebut juga dapat dinikmati oleh keluarga.

Oleh karena itu, agar bisa memaksimalkan manfaat dana pensiun, maka harus pandai mengelola keuangan sejak awal. Caranya dengan membuat rencana keuangan dalam waktu tertentu.

Buatlah rencana untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang atau lebih dari 10 tahun. Misalnya seperti membuka rekening tabungan masa tua dan lain-lain. Pastikan semua pengeluaran maupun pemasukan dicatat rapi.

Tujuannya agar mempermudah untuk melacak pengeluaran. Dengan demikian, kondisi keuangan keluarga menjadi lebih stabil baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Jangan lupa untuk segera mempraktekkan beberapa strategi tersebut sehingga manfaat dana pensiun bisa kamu rasakan bersama keluarga. Mulailah dari sekarang juga agar menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan dalam kehidupan kamu.

Adanya perencanaan keuangan yang baik juga akan membantu kamu untuk menstabilkan kondisi keuangan nanti setelah tidak lagi bekerja. Bahkan, jika suatu saat memutuskan berinvestasi maka bisa memilih yang risikonya rendah.

Apabila kamu pandai dalam mengelola keuangan, maka apa saja jenis usaha maupun investasi yang dijalankan akan mendatangkan keuntungan. Jangan lupa menyiapkan dana darurat jika suatu hari membutuhkan uang secara mendadak.

Intip 5 Manfaat Dana Pensiun

dana pensiun

Apabila seseorang sudah mulai mendekati masa pensiun, maka wajib menyimak informasi penting berikut ini. Nanti setelah masa kerja selesai, maka uang dapat dialokasikan untuk sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan.

1. Melakukan Investasi

Uang yang diperoleh setiap bulan bisa untuk modal berinvestasi. Dengan demikian, uang tidak akan berkurang, justru akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini penting untuk dipikirkan sebelum pensiun.

2. Memberikan Kompensasi Tambahan

Manfaat dana pensiun selanjutnya adalah memberikan tambahan kompensasi kepada karyawan yang membantu mengembangkan bisnis kamu. Dengan demikian, dapat meningkatkan loyalitas karyawan tersebut.

3. Sebagai Jaminan untuk Hari Tua

Di masa tua sudah tidak lagi memikirkan tentang pekerjaan. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau melakukan aktivitas ringan seperti olahraga dan bermain bersama anak dan cucu.

4. Mengikuti Program Asuransi

Selanjutnya adalah kamu direkomendasikan untuk mendaftar asuransi. Tujuannya agar memiliki dana cadangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit, kecelakaan dan lain-lain.

5. Membuka Berbagai Macam Usaha

Manfaat dana pensiun lainnya adalah untuk mengembangkan bisnis. Biasanya sebelum masa kerja berakhir seseorang akan membangun usaha. Hal ini dilakukan untuk mengisi waktu luang setelah tidak bekerja di perusahaan lagi.

Bangunlah bisnis sesuai dengan modal dan kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian, di usia senja tetap masih bisa produktif dan tidak bergantung dengan orang lain.

Apabila masih bingung dalam menentukan jenis usaha, maka bisa memanfaatkan jasa layanan dari klinik bisnis TES. Kami melayani konsultasi seputar kewirausahaan dan siap membantu kamu untuk memajukan bisnis yang dirintis.

Jika kamu bingung mau memanfaatkan dana pensiun untuk apa, silahkan konsultasikan bersama kami melalui website TES untuk informasi mengenai klinik bisnis. Apabila ingin mengetahui tentang manfaat dana pensiun lebih lanjut, segera hubungi kami melalui WA di nomor 0811-9700-284.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Baca juga : 5 Jenis Dana Pensiun Pebisnis yang Wajib Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us