Materi Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan

Pelatihan dan pengembangan SDM dibutuhkan perusahaan untuk mencetak karyawan yang lebih terampil serta menguasai bidang kerjanya. Setiap perusahaan pasti ingin terlihat berkualitas baik dari segi internal maupun eksternal.

Demi mewujudkannya, perusahaan harus memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas bagus. Dengan demikian, perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lain di dunia industri.

Oleh karena itu, perusahaan harus meningkatkan kualitas SDM agar bisa lebih produktif, kreatif dan inovatif. Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu dengan mengadakan training bagi karyawan.

Memahami Apa itu Pelatihan dan Pengembangan SDM

venture builder

Sebelum kamu mempelajari lebih dalam tentang materi dalam program training, maka harus mengerti tentang definisi secara umum. Pelatihan adalah proses untuk meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan karyawan secara teknis.

Tujuan utamanya adalah meningkatkan produktivitas perusahaan. Definisi menurut Jusmaliani adalah proses untuk melatih pegawai baru agar memiliki keterampilan dasar sesuai yang dibutuhkan pada posisinya.

Lalu, Wilson Bangun mendefinisikannya sebagai proses memperbaiki keterampilan dari setiap pegawai agar pekerjaan menjadi lebih efektif. Hani Handoko mengungkapkan bahwa pelatihan dan pengembangan SDM itu memiliki definisi berbeda.

Training bertujuan memperbaiki keterampilan maupun teknik pelaksanaan kerja secara rutin. Sedangkan, ruang lingkup dari pengembangan lebih luas karena mencakup banyak aspek.

Misalnya memperbaiki kepribadian, meningkatkan berbagai skill atau keterampilan. Menurut pendapat Rivai, pelatihan merupakan proses mengubah perilaku pegawai secara sistematis.

Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari organisasi. Dessle juga memberikan penjelasan mengenai program pelatihan dan pengembangan SDM. Pelatihan dilakukan untuk mengajarkan pegawai baru maupun lama tentang keterampilan dasar.

Makna pengembangan secara umum merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan konseptual. Misalnya bisa mengambil keputusan dengan cepat. Selain itu, karyawan mampu memperluas hubungan dengan masyarakat.

Oleh karena itu, setiap karyawan wajib mengikuti program training maupun pengembangan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Dengan demikian, kamu bisa memenuhi kualifikasi di setiap departemen.

Contoh Materi Pelatihan Serta Pengembangan SDM

young entrepreneur

Apabila kamu ingin mengetahui materi seputar pelatihan karyawan, maka simak hingga akhir informasi berikut. Hal ini penting dilakukan untuk mengembangkan SDM di perusahaan.

1. Cross Functional Training

Cross functional training merupakan pelatihan yang dapat meningkatkan pemahaman kamu tentang cara kerja dari organisasi. Tujuannya agar karyawan mampu melakukan aktivitas lain di luar tugas utamanya.

2. Team Training

Team training bertujuan agar karyawan dapat bekerja baik secara mandiri maupun dalam satu tim. Dengan demikian, kemampuan kamu untuk bekerja sama dengan orang lain akan meningkat.

3. Skill Training

Jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang satu ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan atau keahlian yang dimiliki. Dalam hal ini, keterampilan tersebut berhubungan dengan tugas serta tanggung jawab di perusahaan.

Contohnya adalah training leadership dan manajemen. Program seperti ini sederhana sehingga sering dilakukan perusahaan. Caranya adalah dengan menilai apa saja kebutuhan yang mendukung pekerjaan, kemudian dilakukan identifikasi.

4. Retraining

Retraining adalah pelatihan bagi karyawan agar mampu menghadapi berbagai tuntutan pekerjaan yang terus mengalami perkembangan. Saat ini teknologi maupun ilmu pengetahuan terus berkembangan dan semakin modern.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM kamu harus mampu menyesuaikan diri terhadap adanya perubahan. Contohnya pelatihan penggunaan internet, komputer, digital marketing dan pemasaran.

5. Creativity Training

Ada jabatan yang menuntut kamu untuk memiliki kreativitas tinggi. Misalnya seperti manajer, tim marketing, supervisor dan lain-lain. Dengan mengikuti pelatihan, diharapkan kamu bisa lebih kreatif dan inovatif.

6. Language Training

Karyawan yang menguasai bahasa asing menjadi nilai plus. Hal ini penting diperhatikan karena banyak perusahaan lokal yang menjalin kerja sama dengan perusahaan asing.

Manfaat Melakukan Pelatihan Maupun Pengembangan SDM

pengusaha muda

Banyak manfaat yang akan dirasakan setelah berhasil membuat program tersebut. Kamu sebagai tim manajemen bisa menemukan potensi yang dimiliki oleh karyawan. Selama ini, banyak pegawai yang belum menyadari kemampuannya.

Setelah itu, diharapkan masing-masing orang mampu mengetahui kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Hal ini sekaligus bisa dijadikan wadah untuk melakukan perbaikan diri.

Tentunya hal ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan. Hal ini dikarenakan produktivitas karyawan menjadi semakin meningkat. Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan efektivitas kerja.

Pelatihan dan pengembangan SDM juga dapat meningkatkan produktivitas kerja baik untuk setiap individu maupun tim. Dengan demikian, bisa meningkatkan pemahaman terhadap pekerjaan masing-masing sehingga bisa memiliki rasa percaya diri tinggi.

Pada umumnya, materi yang diberikan berkaitan dengan cara berkomunikasi yang baik, memecahkan masalah, leadership dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat lainnya adalah karyawan bisa memahami perkembangan terbaru di dunia industri.

Misalnya mengikuti trend terkini seputar teknologi, teknik pemasaran dan lain sebagainya sesuai bidang kerjanya. Berbekal pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki, membuat kamu bisa menyesuaikan diri dan lebih fleksibel.

Adanya pelatihan dan pengembangan SDM, pihak HRD tidak perlu merekrut pegawai baru. Terutama saat perusahaan membutuhkan pegawai dengan kualifikasi tertentu. Dengan demikian, akan menghemat waktu.

Di sisi lain, akan meningkatkan komitmen dan bisa memotivasi karyawan untuk meningkatkan kualitas kerja. Diharapkan keberhasilan dari program training ini juga bisa meminimalisir turnover maupun absensi.

Cara Menyusun Rencana Pelatihan untuk Mengembangkan SDM

Apabila kamu bekerja di bidang sumber daya manusia, maka wajib mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menyelenggarakan training. Dengan demikian, akan meningkatkan skill dan kemampuan setiap karyawan.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena berpengaruh terhadap produktivitas suatu perusahaan. Saat kamu menyusun sebuah rencana, maka perhatikan beberapa hal berikut ini.

Kamu bisa memulainya dengan mencari tahu apa yang saat ini dibutuhkan oleh tim kerja dan perusahaan. Harapannya program yang kamu buat dapat diterima oleh seluruh karyawan.

Pelatihan dan pengembangan SDM biasanya berkaitan erat dengan kebijakan di perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat memilih materi yang berhubungan dengan keahlian maupun pengetahuan industri di berbagai departemen.

Selanjutnya, kamu perlu menyusun rencana dari materi pelatihan hingga anggaran dana yang tersedia. Tentukan kapan waktu yang tepat dan tempatnya. Hal ini harus dipersiapkan agar peserta nyaman selama mengikuti kegiatan.

Setelah itu, menyampaikan program tersebut kepada karyawan lain agar bisa mempersiapkan diri mengikuti kegiatan. Pastikan kegiatan di setiap sesi menarik sehingga peserta mudah untuk memahami materinya.

Jangan lupa agar selama pelatihan dan pengembangan SDM juga diselingi dengan hiburan agar peserta tidak merasa bosan. Dengan demikian, nanti bisa menerapkan ilmunya di tempat kerja.

Terakhir, kamu perlu melakukan evaluasi tentang jalannya program tersebut. Apabila kamu ingin membuat sebuah program training yang menarik, maka bisa menggunakan pelayanan dari TES. Kami juga memfasilitasi penyelenggaraan workshop bagi entrepreneur.

Kamu dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum bekerja sama dengan tim TES agar training bisa tepat sasaran. Kami juga mempunyai klinik bisnis tersendiri. Informasi klinik bisnis bisa di dapatkan di website TES.

Kamu tidak perlu ragu lagi, selama ini banyak klien yang puas dengan pelayanan kami. Segera hubungi via WA TESSA 0811-9700-284 jika ingin membuat program pelatihan dan pengembangan SDM bersama kami.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Baca juga: Kelas Pengembangan Bisnis untuk Startup

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us