Pelatihan Pemasaran UMKM Online untuk Tingkatkan Bisnismu

Pernahkah kamu mendengar tentang pelatihan pemasaran UMKM atau justru pernah mengikuti pelatihan seperti ini? Apa yang kamu dapatkan dengan mengikuti pelatihan untuk UMKM dan apakah berdampak pada bisnismu?

Pelatihan pemasaran UMKM online adalah program pelatihan yang bertujuan untuk membantu pemilik dan pengelola UMKM meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produk atau jasa secara online. Pelatihan ini menawarkan strategi dan teknik pemasaran digital yang tepat sasaran untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis. 

Jika kamu tertarik mengikuti pelatihan pemasaran UMKM secara online sebaiknya pahami berbagai hal mendasar tentang pelatihan satu ini yang akan dibahas secara singkat berikut ini.

Memahami Dasar-Dasar Pemasaran Online

Pelatihan Manajemen Pemasaran Digital Terbaik

Saat ini mengikuti pelatihan UMKM online sangat direkomendasikan karena berbagai manfaat yang bisa didapatkan. Selain itu berbagai kemudahan karena kamu bisa mengikuti pelatihan dimana saja dan kapan saja.

Pelatihan pemasaran UMKM akan membantu Anda memahami dasar-dasar pemasaran online dan bagaimana cara memasarkan produk atau jasa secara efektif di internet. Anda akan belajar mengenai strategi pemasaran online seperti SEO, PPC, social media marketing, dan email marketing.

Jika kamu belum pernah mendengar tentang apa itu SEO, PPC, social media marketing dan email marketing. Maka sekilas akan dijelaskan sebagai gambaran dari adanya pelatihan UMKM untuk pemasaran online.

Salah satu materi yang akan dibahas adalah tentang strategi pemasaran SEO (Search Engine Optimazation). SEO sendiri merupakan strategi yang membantu web atau blog kamu berada pada halaman awal pencarian pada mesin pencari seperti Google.

Jika blog atau web muncul pada halaman pertama dengan menggunakan kata kunci atau keyword tentu saja produk atau bisnismu menjadi mudah ditemukan.

Selanjutnya PPC merupakan Pay Per Click adalah model iklan digital yang mengharuskan pengiklan membayar sejumlah biaya setiap kali iklannya di klik. Cara pemasaran ini cukup efektif karena dapat menargetkan calon konsumen secara spesifik.

Social media marketing saat ini sedang ramai digunakan merupakan cara pemasaran dengan memanfaatkan media sosial. Saat ini ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan, kamu bisa memilih salah satu atau lebih seperti Instagram, Tik Tok, Youtube.

Strategi pemasaran dari pelatihan UMKM lainnya yaitu dengan memanfaatkan Email marketing untuk memperkenalkan produk langsung ke konsumen. Cara pemasarannya yaitu mengirimkan informasi produk ke konsumen melalui emailnya sehingga lebih personal.

Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Melalui pelatihan pemasaran UMKM online, Anda akan mempelajari bagaimana cara meningkatkan visibilitas bisnis di platform online. Hal ini termasuk meningkatkan peringkat pencarian di mesin pencari, meningkatkan jumlah pengikut di media sosial, dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan konten yang menarik dan relevan.

Mengikuti pelatihan UMKM kamu akan belajar banyak tentang visibilitas bisnis yang berdampak positif pada produk kamu. Tampilan visibilitas antara di media online dengan langsung di toko jelas ada banyak perbedaan.

Hal inilah yang harus kamu perhatikan secara detail agar strategi pemasaran bisa sesuai dan tepat sasaran. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan visibilitas bisnis seperti mengutamakan tampilan visual produk kamu.

Gunakan juga sosial media untuk melakukan branding yang kuat sehingga mudah dikenali oleh konsumen. Seperti ketika kamu melihat logo Adidas tanpa melihat produknya sudah memahami bagaimana kualitasnya. Semua ilmu tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengikuti pelatihan UMKM yang berfokus pada cara pemasaran digital.

Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Tujuan UMKM

Pelatihan pemasaran UMKM secara online dapat membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis Anda dengan cara mengoptimalkan strategi pemasaran online. Dengan memahami teknik pemasaran digital yang tepat sasaran, UMKM dapat mencapai target pasar yang lebih luas dan meningkatkan konversi pelanggan.

Dalam pelatihan UMKM kamu akan diajari tentang bagaimana cara memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan. Sehingga dari segi keuntungan juga akan mengalami peningkatan sesuai dengan yang diharapkan.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan serta keuntungan melalui digital marketing antara lain:

  1. Tentukan terlebih dahulu siapa target audiens yang nantinya akan digunakan sebagai pusat data dalam pembuatan iklan serta berbagai jenis informasi dalam platform digital.
  2. Kamu harus membuat iklan semenarik mungkin sehingga konsumen seolah menonton konten dan bukan sekedar iklan saja. Dalam pelatihan UMKM online akan diberikan berbagai tips menarik dalam membuat iklan produk kamu.
  3. Jangan lupa untuk fokus pada kualitas konten yang dibuat karena sebagai citra dari bisnismu dimata konsumen. Semakin bagus kualitas konten yang dibuat maka akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produk kamu.
  4. Upload setidaknya 1 konten atau 1 artikel setiap harinya sehingga media sosial bisnismu terlihat aktif.
  5. Berikan respon jika ada komentar atau berbagai pesan masuk dari pengguna media sosial karena berpeluang sebagai konsumen.

Pelatihan UMKM terkait dipemasaran online bisa diikuti oleh siapa saja dan bidang bisnis apa saja. Karena semua bidang bisnis pasti membutuhkan strategi pemasaran apalagi di zaman era digital seperti sekarang.

Mengembangkan Brand Awareness

Selain meningkatkan penjualan dan keuntungan, pelatihan UMKM online juga membantu mengembangkan brand awareness. Anda akan mempelajari cara membangun brand awareness di platform online dan meningkatkan citra bisnis Anda di mata konsumen.

Perlu diketahui brand awareness adalah sebuah pengakuan produk yang diberikan oleh konsumen pada produk tertentu. Adanya kesadaran merek membuat konsumen mengetahui sejauh mana produk tersebut hanya dari mereknya saja.

Pembentukan brand awareness tidaklah mudah mengingat saat ini ada banyak produk di pasaran dengan berbagai keunggulan. Maka dengan mengikuti pelatihan UMKM kamu akan menjadi tahu cara pengembangan brand awareness secara tepat.

Memperluas Jaringan Bisnis

Pelatihan perusahaan

Pelatihan UMKM online juga membantu memperluas jaringan bisnis dengan cara memanfaatkan platform online untuk berinteraksi dengan pelanggan dan rekan bisnis potensial. Hal ini akan membantu membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan potensi kolaborasi bisnis.

Namun terkadang seorang pebisnis merasa kesulitan tentang bagaimana cara memperluas jaringan di media online. Mengingat media sosial menjadi trend baru yang terkadang masih sulit dipelajari oleh sebagian orang.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari strategi pemasaran secara online maka mengikuti pelatihan UMKM. Kamu akan bertemu dengan banyak orang baru dari media online tanpa ada batasan sehingga memperluas jaringan.

Apalagi saat ini ada banyak pengusaha dan perusahaan memiliki akun media sosial resmi milik mereka untuk berbagai tujuan. Kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang hebat dengan memanfaatkan media online tersebut.

Gunakan beberapa saran yang bisa digunakan untuk membangun jaringan bisnis lebih kuat menggunakan sosial media. Seperti jangan terfokus pada senioritas yang hanya mencari orang-orang senior dan hebat dalam dunia bisnis saja.

Sebaiknya cari jaringan secara realistis dimulai dari teman-teman asli didunia nyata dan biarkan jaringan tersebut bekerja secara alami. Direkomendasikan juga untuk mengikuti berbagai seminar atau pelatihan bersama para pelaku UMKM lainnya.

Dengan cara ini kamu akan bertemu dengan banyak orang yang bergerak dalam bidang sama dan bisa saling belajar. Dapatkan pelatihan UMKM terbaik hanya di TES Society melalui https://te-society.com/ atau menghubungi nomor WA Admin Klinik Bisnis: 08119700284.

Baca juga : 5 Metode Pelatihan Business Plan untuk Perusahaan

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us