Pelatihan UMKM: Pilihan Tema dan Materi yang Tersedia

Pelatihan UMKM menjadi salah satu pilihan tepat bagi para pelaku usaha kecil untuk meningkatkan kemampuan bisnis. Namun, terkadang sulit untuk menentukan tema dan materi apa saja yang dibutuhkan.

Banyaknya tema terkadang sulit menentukan pilihan dan jika diikuti semua tentu menyita waktu serta tenaga. Hasilnya justru tidak akan menjadi efektif karena tidak sesuai dengan bidang yang sedang kamu kerjakan.

Setidaknya para pelaku UMKM memiliki standar acuan tentang pelatihan apa yang sebaiknya diikuti. Seperti pemahaman tentang dasar-dasar kewirausahaan, paham tentang cara membuat bisnis plan, memahami tentang legalitas usaha, strategi pemasaran dan lainnya.

Dari dasar-dasar tersebut maka UMKM bisa berjalan sesuai dengan standar dan aturan yang ada. Sehingga bukan sekedar membuka sebuah usaha tanpa adanya bekal apapun karena nantinya bisa berhenti ketika tantangan datang.

Jika kamu kesulitan memilih tema pelatihan mana dulu yang akan diikuti maka bisa simak penjelasan berikut. Berikut ini adalah pilihan tema dan materi yang tersedia dalam pelatihan UMKM yang dapat membantu para pelaku usaha meningkatkan kualitas bisnis mereka.

Pelatihan Apa Saja untuk UMKM?

Pelatihan UMKM

Banyak pelaku usaha terutama pemula masih bingung tentang pelatihan apa saja untuk UMKM? Sebenarnya hal ini sangat wajar karena dalam dunia usaha memang sangat luas dan membutuhkan waktu untuk belajar. Apalagi bagi para pelaku UMKM yang harus bisa mengelola usahanya dengan baik dan memiliki daya saing.

Jika sebuah usaha dijalankan tanpa adanya semangat belajar maka kamu akan tertinggal serta tidak pernah berkembang. Jadi setidaknya ikuti pelatihan UMKM dengan berbagai tema dasar yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis.

1. Manajemen Keuangan

Salah satu tema pelatihan UMKM sangat dibutuhkan dan direkomendasikan untuk kamu ikuti yaitu tentang manajemen keuangan. Dalam dunia bisnis sangat penting memahami bagaimana manajemen keuangan usaha secara tepat.

Secara umum pengertian manajemen keuangan merupakan segala upaya untuk mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengalokasikan aset perusahaan. Aset bisa saja berupa modal tunai, modal bahan baku, aset tetap, SDM dan banyak lainnya.

Segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan harus dilakukan secara teliti dan hati-hati agar modal bisa dimanfaatkan maksimal. Dalam pelatihan UMKM para peserta akan belajar tentang bagaimana cara mengatur keuangan usaha, membuat catatan dan laporan.

Dengan adanya laporan tersusun rapi maka dapat meminimalkan berbagai risiko yang dapat membahayakan usaha kamu. Misalnya risiko penyelewengan dana yang tidak jelas arahnya serta penggunaan dana pribadi menjadi lebih terkontrol.

Manajemen keuangan juga akan sangat membantu kamu mengetahui bagaimana kondisi keuangan saat ini. Dari informasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengambil keputusan bisnis dengan lebih mudah, cepat dan tepat. Karena manajemen dalam hal ini sangat luas tidak heran jika pelatihan UMKM biasanya terbagi dalam beberapa sesi.

Kamu akan belajar tentang membuat laporan keuangan, mengatur administrasi keuangan, membuat anggaran pemasukan, pengeluaran, cara perhitungan gaji karyawan, perpajakan, pengelolaan bukti transaksi dan banyak lainnya.

Jika kamu tertarik mempelajari manajemen keuangan maka ikuti saja pelatihan UMKM yang saat ini banyak disediakan. Tinggal cek saja tema apa yang akan diberikan sehingga kamu bisa mengikuti pelatihan secara tepat.

2. Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis sehingga kerap dijadikan tema dalam pelatihan UMKM. Membahas tentang pemasaran memang sangat luas karena ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memasarkan produk kamu.

Sebelumnya pahami pengertian pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk usaha untuk mempertahankan usaha. Dengan cara memasarkan atau memperkenalkan produk ke konsumen untuk meningkatkan daya jual.

Menariknya saat ini pemasaran bukan sekedar menjual saja namun juga memperkenalkan nama produk ke konsumen atau branding. Seiring dengan perkembangan saat ini ada berbagai strategi pemasaran sehingga lebih menarik dan menantang.

Perlu dipahami tujuan dari pemasaran yaitu untuk mengenal serta memahami konsumen sehingga produk kamu bisa diterima. Apalagi jika produk tersebut dibutuhkan maka konsumen akan berubah menjadi pelanggan dengan lebih mudahnya.

Tema pemasaran dalam pelatihan UMKM juga akan mengupas tentang apa saja jenis pemasaran, seperti:

  • Branding produk atau layanan agar usaha kamu lebih dikenal masyarakat dan memiliki citra positif.
  • Pemasaran dengan memanfaatkan iklan siaran juga sangat efektif membuat produk UMKM menjadi lebih mudah diketahui.
  • Relationship marketing, PR Marketing dan Word of Mouth Marketing sangat menarik dipelajari.
  • Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan saat ini sehingga wajib dipelajari. Apalagi ada banyak media bisa dimanfaatkan untuk pemasaran sehingga membuat peluang pasar semakin terbuka lebar.

3. Pengembangan Produk

Tema pelatihan UMKM lainnya menarik untuk diikuti adalah tentang pengembangan produk khususnya UMKM. Perlu dipahami kalau pengembangan produk merupakan sebuah strategi untuk menarik perhatian konsumen melalui produk baru.

Produk tersebut bisa berupa perbaikan dari produk lama, meningkatkan kegunaan produk, serta menambahkan unsur baru dalam produknya. Dengan cara ini diharapkan bisa memenuhi keinginan konsumen dan meningkatkan asumsi pelanggan.

Ada beberapa jenis pengembangan produk dalam pelatihan UMKM yang akan dijelaskan detail satu per satu, antara lain:

  • Memperbaiki produk-produk yang sudah ada sebelumnya baik dari segi tampilan, fungsi, komposisi dan lainnya.
  • Memperluas lini produk dengan menambah item pada lini tersebut sehingga menjadi lebih bervariasi.
  • Membuat produk baru untuk menambah produk-produk yang sudah ada dan banyak lainnya.

4. Operasional Bisnis

Mengikuti pelatihan UMKM kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha. Salah satu tema sangat menarik diikuti adalah tentang operasional bisnis sebagai dasar dalam pengelolaan UMKM.

Operasional bisnis setidaknya memiliki 4 tahapan yang harus dilalui agar bisnis tersebut dapat berjalan dan berkembang. Pertama yaitu pembuatan perencanaan atau dikenal dengan istilah rencana bisnis operasi.

Tahapan pertama ini dirancang khusus internal dengan berbagai jenis rencana serta kebijakan internal perusahaan. Misalnya tentang uraian tugas, tanggung jawab, rencana kerja dan target yang harus dicapai oleh masing-masing individu maupun tim.

Tahap kedua yaitu tentang pengorganisasian yang mendukung seluruh operasional dalam perusahaan itu sendiri. Pengorganisasian bukan sekedar tentang SDM atau karyawan yang bekerja namun juga organisasi bahan baku serta proses produk jadi.

Jadi dari bagaimana produk tersebut dibuat sampai akhirnya menjadi produk jadi dan siap dipasarkan. Semua proses tersebut tentu melewati tahapan yang panjang sehingga harus diorganisasikan dengan tepat agar bisa berjalan lancar.

Dalam operasional bisnis juga ada tahapan penerapan dari semua rencana yang sudah dibuat sehingga bisnis bisa berjalan. Serta tahap terakhir adalah pengawasan agar apa yang dilakukan sesuai dengan kebijakan perusahaan dan meminimalkan risiko.

Dengan adanya pengawasan membuat kualitas produk dan layanan bisa terus terjaga demi memberikan kepuasan kepada konsumen. Selain itu pengawasan internal membuat bisnis bisa berjalan sehat tanpa adanya kecurangan didalamnya.

Dapatkan pelatihan UMKM terbaik hanya di TES Society melalui https://te-society.com/. Untuk informasi lebih lanjut tentang apa saja tema pelatihan UMKM bisa WA Admin Klinik Bisnis: 08119700284.

Baca juga : Pelatihan UMKM di Jakarta: Apa Itu dan Cara Bergabung?

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us