Roadshow Pelatihan UMKM Surabaya: Manfaat dan Tujuan

Roadshow pelatihan UMKM Surabaya menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di Indonesia. Pelatihan UMKM diadakan di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Surabaya, dengan tujuan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM.

Mengikuti pelatihan juga bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia dalam sebuah kegiatan bisnis. Semakin berkualitas orang-orang di dalamnya, maka akan meningkatkan peluang keberhasilan dan kesuksesan di masa mendatang.

Nantinya akan ada cukup banyak jenis pelatihan UMKM untuk para peserta yang nantinya berguna dalam mengembangkan usaha. Tentu saja langkah ini juga sekaligus mengembangkan potensi melalui berbagai kegiatan dalam training tersebut.

Sangat penting untuk kamu ketahui, seorang pebisnis wajib terus belajar hal-hal baru agar usaha terus berkembang. Belajar dalam hal ini tidak harus sekolah formal, namun juga kemauan untuk mempelajari ilmu dan pengalaman baru.

Tujuan Pelatihan UMKM

Tujuan UMKM

Adanya pelatihan UMKM Surabaya tentu bukan tanpa tujuan, terutama bagi pebisnis muda atau yang masih pemula. Berikut adalah beberapa tujuan pentingnya mengikuti training bagi pemilik pemula usaha kecil menengah.

Tujuan pelatihan UMKM bisa membangun mindset dalam membangun sebuah bisnis. Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan dalam proses berpikir dan cara memandang sekitarnya yang mendorong perilaku berwirausaha.

Bukan hanya itu saja, seorang intrepreneur juga harus berkeyakinan kuat dan percaya pada kemampuan belajar, tumbuh, serta beradaptasi. Keyakinan ini pada akhirnya membuat seseorang percaya jika dirinya dapat berhasil.

Kedua, pelatihan UMKM juga bertujuan untuk membangun kerangka berpikir dalam membangun strategi bisnis. Strategi bisnis sendiri adalah tindakan berdasarkan keputusan seseorang dalam mencapai target maupun tujuan usahanya.

Jika dijelaskan singkat, strategi bisnis merupakan proses dalam mendukung aktivitas usaha sehingga mendapat keuntungan maksimal. Tujuan membangun strategi adalah mengontrol jalannya pemasaran menggunakan identifikasi pasar, kompetitor, konsumen, dan sebagainya.

Ketiga, dengan mengikuti pelatihan UMKM, maka akan memudahkan para pengusaha muda dalam menyusun strategi marketing. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan daya saing produk di pasaran.

Strategi marketing yang baik dapat membuat proses pemasaran berjalan secara terkontrol dan dinamis. Jika dilakukan secara optimal, maka akan meningkatkan kesuksesan bisnis di masa mendatang.

Terakhir, tujuan mengikuti training adalah mempraktikkan secara langsung ilmu maupun materi yang sudah didapatkan dari mentor. Biasanya para peserta akan dibimbing step-by-step dan kesempatan tanya jawab sehingga akan lebih mudah dalam praktiknya.

Manfaat Pelatihan UMKM

Pelatihan Pemasaran UMKM

Setelah memahami tujuan mengikuti pelatihan UMKM, ada baiknya untuk mengetahui berbagai manfaatnya. Dengan mengetahui manfaatnya, maka akan memotivasi kamu mengikuti training agar usaha terus berkembang, seperti penjelasan berikut.

Mengikuti training akan meningkatkan produktivitas para pengusaha muda, termasuk dalam hal ketrampilan produksi dan manajemen. Hal ini sangat penting agar pengusaha bisa memecahkan permasalahan yang ada tanpa menganggu produksi.

Bukan hanya meningkatkan produktivitas saja, mengikuti pelatihan juga akan memaksimalkan kualitas usaha. Dengan demikian, hasil produksi atau barang semakin bermutu namun tetap mengutamakan keselamatan kerja karyawan.

Perlu kamu ketahui, meskipun usaha kecil namun tetap ada risiko kerja yang harus diminimalisir. Dengan mengikuti pelatihan UMKM Surabaya, kamu akan belajar mencegah adanya kecelakaan kerja sekaligus mengurangi biaya akibat risiko tersebut.

Manfaat lainnya adalah bisa mendapatkan banyak pengalaman baik dari mentor maupun wirausaha lainnya. Kamu bisa belajar banyak hal melalui pengalaman mereka dalam menghadapi masalah dan mencari solusinya.

Mentor dan sesama wirausahawan juga akan membantu kamu dalam menyusun strategi untuk mengembangkan usaha. Kamu juga akan diajarkan pembukuan sederhana namun terstruktur mengenai arus masuk keluar dan konsep keuangan yang rapi.

Pelatihan UMKM bermanfaat dalam penggunaan teknologi terbaru, misalnya seperti media sosial untuk promosi produk. Usaha yang memaksimalkan teknologi secara tepat akan memperluas pasar dan lebih mudah dalam pengembangannya.

Manfaat terakhir adalah menambah kemampuan dalam bersaing dengan kompetitor sebab keterampilan dan pengetahuan kamu sudah mulai meningkat. Kamu juga memiliki keyakinan dalam eksplorasi ide baru dan menciptakan inovasi agar usaha tetap kompetitif.

Jenis Pelatihan yang Disediakan Dalam Roadshow Pelatihan UMKM

Ada cukup banyak jenis pelatihan UMKM Surabaya yang akan kamu pelajari untuk menambah ilmu dan pengalaman dalam berbisnis. Berikut adalah beberapa jenis pelatihan yang sangat berguna bagi pemilik bisnis muda atau pemula.

1. Latihan Pengelolaan Keuangan

Pertama, latihan pengelolaan keuangan yang sangat penting dipelajari bagi setiap pelaku usaha. kemampuan ini tidak bergantung dengan latar pendidikan sebelumnya, namun bagaimana seseorang dapat membuat prioritas dalam penggunaan dana.

Teknologi yang semakin maju kini lebih mempermudah para pemilik usaha sebab sistem pemasukan bisnis dapat tercatat secara otomatis. Berbagai aplikasi dapat mencatat setiap transaksi yang masuk secara langsung.

2. Kepemimpinan

Kedua, jenis pelatihan UMKM kepemimpinan yang sangat berguna dalam mengarahkan anggota tim sehingga pekerjaan lebih efektif. Cara kepemimpinan akan menentukan kesuksesan usaha dan pengelolaan sumber daya manusia dengan lebih baik lagi.

3. Latihan Layanan Pelanggan

Ketiga, latihan layanan pelanggan yang berperan penting dalam memberikan reputasi baik tentang produk dan usaha. Semakin baik layanan yang kamu berikan, maka memberikan kepuasan pada pelanggan sehingga memberikan lebih banyak keuntungan.

4. Latihan Pengembangan Soft Skill

Keempat, latihan pengembangan soft skill yang tidak hanya bersifat terapan saja namun juga hal-hal lainnya. Beberapa yang berhubungan dengan soft skill seperti kecerdasan, emosional, etika bisnis, kerjasama tim, komunikasi, juga penyelesaian masalah.

5. Pelatihan Compliance

Kelima, pelatihan compliance untuk mendapat pengetahuan dasar-dasar pembuatan compliant dalam berbisnis seperti lisensi atau ketentuan pajak. Jenis pelatihan UMKM ini tidak hanya untuk usaha skala korporat saja, namun juga bisnis skala kecil menengah.

6. Pelatihan Marketing

Keenam, pelatihan marketing untuk mempelajari kiat yang perlu dilakukan untuk mempromosikan produk dan layanan secara efektif. Dengan latihan marketing ini, kamu bisa membuka kesempatan mempelajari tren terbaru sesuai target pelanggan.

Kegiatan Roadshow Pelatihan UMKM TES Society Surabaya

Pelatihan UMKM Surabaya

Ada banyak kegiatan dalam pelatihan UMKM yang tidak hanya menambah ilmu pengetahuan bisnis, namun juga seru dilakukan. Biasanya beberapa kegiatan yang sering dilakukan dalam training seperti berikut.

Kegiatan webinar digunakan untuk bertukar informasi, umumnya dengan pembicara yang diundang dalam acara tersebut. Ada juga kursus online yang merupakan program belajar dalam meningkatkan ketrampilan serta pengetahuan melalui media digital.

Sementara itu, bootcamp merupakan latihan hard skill dengan materi berkaitan industri pada bidang masing-masing. Kegiatan terakhir adalah roadshow pelatihan UMKM dengan berbagai kegiatan di dalamnya termasuk seminar, workshop, serta mentoring.

Mengikuti roadshow merupakan salah satu cara seru dalam menambah pengetahuan bisnis sehingga lebih mudah mengembangkan usaha. Kamu juga bisa bertemu dengan wirausaha lainnya untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan.

Mengikuti pelatihan bisnis sangat membantu pengusaha muda mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam mengembangkan usaha. Berbagai jenis pelatihan UMKM juga memiliki beragam manfaat sebab langsung dibimbing oleh mentor berpengalaman.

Untuk mendapatkan berbagai pelatihan tersebut, dapatkan pelatihan UMKM terbaik hanya di TES Society. Langsung saja kunjungi website https://te-society.com/ atau menghubungi WA admin di nomor 08119700284.

Baca juga : Pelatihan UMKM: Pilihan Tema dan Materi yang Tersedia

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us