Berikut Tahap Pemetaan Proses Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Banyak orang gagal paham terkait pemetaan proses bisnis dan menganggapnya hanya sebagai langkah jangka pendek saja. Padahal ini adalah sebuah langkah yang membutuhkan banyak waktu, analisis, dan persiapan.

Pada dasarnya pemetaan prosesnya dilakukan untuk penjajakan analisis jangka panjang dari sebuah usaha. Bagaimana potensinya dalam bentuk rencana usaha sampai evaluasi terhadap simulasi ketika diluncurkan langsung ke pasaran.

Jadi kita bisa mempersiapkan diri sebelum terjun langsung ke pasar menggunakan simulasi seperti ini. Tentu saja ada banyak tahap yang perlu kita lewati ketika hendak melakukannya agar memperoleh hasil optimal.

Oleh karena itu apa tujuan memetakan proses bisnis? Sebagai mitigasi sebelum sebuah plan diimplementasikan ke pasar. Sehingga pemilik usaha tersebut dapat memperkirakan seperti apa potensinya nanti.

Jadi mari kita pelajari beberapa tahapnya sehingga kamu dapat mengimplementasikan sendiri secara langsung. Bagaimana penerapan dari setiap tahapannya akan kami jelaskan pada segmen berikutnya.

Identifikasi dan Definisi Dalam Pemetaan Proses Bisnis

corporate plan

Pada dasarnya apa itu proses pemetaan? Pemetaan merupakan sebuah tindakan dimana kita melakukan analisis dasar terhadap berbagai faktor sebelum menjalankan bisnis. Jadi ini merupakan langkah mitigasi agar seseorang mampu mengetahui berbagai faktor, risiko misalnya.

Jadi seperti apa langkah usaha yang akan dijalankan dan mengetahui fundamentalnya masuk dalam identifikasi. Mengapa seseorang perlu melakukan identifikasi agar mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangannya.

Jika kita sudah mengetahui semua faktor pendukung maupun penghambat tentu saja akan mudah mengatur strategi. Dari pemetaan proses bisnis tersebut tentu saja kita dapat mempersiapkan banyak hal.

Memang ini adalah sebuah langkah yang cukup krusial apabila kita lihat dari seberapa kedekatannya dengan memulai usaha. Jadi tahapan pertama memang kita harus memetakan dengan cara identifikasi.

Kemudian setelah proses identifikasi ini selesai kamu juga harus mendefinisikan proses bisnis dan apa saja tugas terkait. Sehingga kita bisa merancang flowchart terkait semua pekerjaan atau task dalam usaha tersebut.

Tahapan definitif dari pemetaan proses bisnis juga tidak kalah krusial apabila kita bandingkan dengan lainnya. Dengan membentuk sebuah flowchart maka kita bisa mengoptimalkan efektivitas kerja.

Kamu juga bisa mengetahui apakah ada potensi hambatan dari sumber daya dimiliki guna melancarkan task usaha. Memang pembentukan flowchart ini akan butuh cukup banyak waktu sehingga memberikan hasil optimal.

Memerlukan ketelitian dan pertimbangan matang dalam penyusunannya agar mampu memberikan efektivitas tinggi. Jika kita membuat seadanya maka dalam waktu dekat harus melakukan redesign.

Analisis dan Redesign Pemetaan Proses Bisnis

cara pembukuan usaha

Tahap analisis adalah salah satu langkah penyusunan peta proses bisnis? Proses ini sangat krusial untuk dilakukan. Misalnya saja dalam proyeksi, kita mendapatkan data hasil identifikasi dan definisi kasusnya.

Setelah itu sebelum membuatnya peta bisnis kita harus menganalisis seperti apa potensinya lebih dahulu. Potensi tersebut kita bagi menjadi potensi pendukung dan juga penghambat dalam usaha.

Dari setiap tindakan analisis kita lakukan perbandingan silang mana lebih worth it antara pendukung dan penghambatnya. Boleh saja kamu memiliki rencana bagus, namun ketika dilakukan analisis lebih banyak faktor penghambatnya.

Apabila kita melihat hanya di atas kertas saja sudah banyak strategi bisnis yang bagus diimplementasikan. Masalahnya adalah setiap usaha itu pasti memiliki perbedaan baik dari demografi maupun modal.

Jadi kita tidak bisa memukul rata sehingga menyamakan pemetaan proses bisnis dengan teori. Kita harus melakukan analisis secara independen untuk mengetahui apakah memang potensinya bagus atau tidak.

Mencari rencana atau strategi bisnis bagus saja mudah, kita tinggal browsing di internet tidak sampai lima menit. Namun sebagai pemilik usaha kamu juga harus sadar tidak semua strategi tersebut worth it diimplementasikan.

Apabila ternyata kamu sudah menerapkan strategi yang kecocokannya minim terhadap usaha maka harus melakukan redesign. Ini adalah proses yang hanya terjadi apabila ada ketidak cocokan.

Namun karena pikiran manusia tidak pernah sempurna pasti ada saja flaw yang menyebabkan redesign terjadi. Biasanya jika sudah dilakukan analisis secara mendalam redesign ini persentasenya sedikit.

Jadi gagasan awal terkait strategi untuk membangun sebuah usaha tidak akan berbeda jauh. Ingat lebih baik kita melakukan analisis secara menyeluruh dibandingkan harus redesign dengan kebutuhan sumber daya lebih banyak.

Monitoring dan Evaluasi Pemetaan Proses Bisnis

bisnis konsultan

Proses monitoring ini akan berlangsung ketika strategi bisnis sudah mulai memasuki tahap percobaan. Artinya tahapan analisis dan redesign sudah terlewati, jadi kita bisa cek ombak ke lapangan langsung.

Proses monitoring dan evaluasi ini tentu saja ada durasi atau batasannya ketika melakukan penelitian. Kita harus tentukan berapa lama sebuah strategi usaha diimplementasikan pada pasar tertentu.

Jadi pemetaan proses bisnis ini akan menjadi sebuah tolak ukur kesuksesan dari sebuah strategi. Apabila memang hasilnya kurang optimal tentu saja kita harus menggunakan pendekatan lainnya.

Evaluasi akan dilakukan ketika hasil tidak seperti dugaan sehingga harus mengubah beberapa sentuhan tertentu. Proses ini dapat kita lakukan berdasarkan data yang telah diterima dari lapangan.

Misalnya dalam strategi usaha meningkatkan penjualan di kalangan ibu rumah tangga untuk produk sabun cuci. Apakah kualitas produknya sudah bagus, gimmick seperti apa untuk menarik konsumen, dan bagaimana penerimaan pasarnya.

Ketiga aspek tersebut tentu saja harus masuk dalam pemetaan proses bisnis sehingga kita dapat menilai secara optimal hasil dari analisis. Setiap aspek harus dinilai efektivitas maupun relevansinya terhadap strategi.

Misalnya jika gimmick digunakan adalah gratis piring setiap pembelian, mau sampai kapan itu dilakukan. Apakah para pembeli memang merasa tertarik dengan adanya piring gratis sebagai bentuk promo.

Kita dapat melakukan analisis lapangan secara langsung agar bisa melakukan evaluasi dibutuhkan. Oleh karena itu jangan sampai kita menganggap remeh proses monitoring hanya karena strateginya sudah ditentukan.

Justru ini adalah sebuah momen krusial dimana sebuah usaha harus menentukan apakah langkahnya efektif atau tidak. Jika tidak efektif tentu kita harus kembali pada tahap analisis kemudian redesign lagi.

Implementasi Jangka Panjang Pemetaan Proses Bisnis

Implementasi jangka panjang adalah tahapan dalam memetakan proses bisnis ketika semuanya berjalan lancar. Artinya kita dapat menjadikan strategi tersebut sebagai staple dalam melakukan usaha.

Jika ini sudah dilakukan artinya pemetaan proses bisnis untuk strategi A misalnya, sudah sempurna. Lalu apakah kita harus berhenti dan hanya mengandalkan staple tersebut untuk jangka panjang.

Tentu saja tidak, kamu harus terus melakukan evaluasi kemudian adaptasi terhadap penerimaan pasar. Jika kita hanya mengandalkannya sebagai staple tentu akan muncul degradasi seiring berjalannya waktu.

Memang ini adalah proses yang sangat kompleks jika harus dipelajari seorang diri. Oleh karena itu akan lebih baik jika kamu belajar bersama partner maupun circle bisnis agar lebih mudah memahaminya.

Jika belum pernah bergabung dengan circle bisnis ada baiknya kamu join bersama TES. Kami adalah sebuah komunitas bisnis yang memiliki anggota dari berbagai kalangan sehingga cocok untuk para pemula.

Kamu bisa mengoptimalkan potensi dan kemampuan analisis bisnis dengan bergabung bersama circle ini. Tidak hanya sebagai komunitas bisnis saja, sekarang TES juga menjadi konsultan bisnis dan training corporate.

Mari belajar bersama kami di TES sehingga kamu bisa menyusun rencana dan strategi bisnis sendiri. Jadi melakukan pemetaan proses bisnis akan menjadi jauh lebih mudah dan hasilnya efektif.

Apabila kamu tertarik untuk bergabung bersama kami langsung saja hubungi nomor whatsapp admin Klinik Bisnis di nomor 0811-9700-284. Bisa juga langsung menghubungi whatsapp ELITES di nomor resmi 081389630543. Dengan begitu kamu dapat mengembangkan potensi kemampuan bisnis secara lebih optimal.

Baca juga : Pentingnya Perencanaan Bisnis untuk Memulai Suatu Usaha

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us