Program Pelatihan Persiapan Pensiun untuk Pegawai Swasta

persiapan pensiun

Semua orang yang bekerja pasti pernah memikirkan bagaimana persiapan pensiun yang harus dilakukan untuk menghadapi masa tua nantinya. Biasanya perusahaan di bawah pemerintahan menyiapkan hal seperti ini, namun bukan berarti pegawai swasta tidak bisa mendapatkannya.

Bagi pegawai swasta, biasanya dana pensiunan tidak menjadi harapan utama apalagi persiapan memasukinya yang dapat diadakan oleh perusahaan. Namun bukan berarti pegawai swasta tidak bisa mendapatkannya. Jika kamu memiliki perusahaan swasta, cobalah mengadakannya.

Beberapa persiapan pensiun harus disampaikan kepada para karyawan sebelum mereka benar – benar berhenti bekerja dan menjalani sisa kehidupannya. Materi tentang persiapan memasuki masa tua tidak selalu diberikan, namun jika karyawan mendapatkannya tentu ada rasa puas.

Sebagai perusahaan yang baik dan menghargai segala jerih parah para karyawan, kamu harus berusaha menyediakan segala yang dibutuhkan oleh para pekerja. Biasanya sejak awal membangun perusahaan, kamu harus mulai memikirkan semua hal yang dibutuhkan tersebut.

Termasuk dalam persiapan pensiun, jika kamu merasa kesulitan mempersiapkannya sendiri, mintalah bantuan dan konsultasi kepada ahlinya dalam bidang bisnis dan usaha. Program persiapan ini mudah diadakan dan bisa diterapkan pada diri sendiri ketika sudah tua nanti.

Jika kamu masih bingung apa saja kegiatan yang bisa dimasukkan ke dalam program mempersiapkan pensiun ini, ada beberapa program yang dapat menjadi referensi serta dapat diterapkan dalam perusahaan atau bisnis swasta yang dijalankan.

Program Persiapan Pensiun Pegawai Swasta

retirement plan

Tidak hanya pegawai negeri, pegawai swasta berhak mendapatkan program seperti ini untuk mempersiapkan masa tuanya. Jika saat masih muda dan bekerja hanya ada kebutuhan bekerja dan menjalani hidup, maka saat tua ada banyak hal lain yang perlu dipelajari.

Tujuan utama persiapan pensiun adalah untuk membuat karyawan di masa tuanya merasa siap dan dapat menjalani kehidupan yang lebih baik. Setiap perusahaan yang memberikan materi dalam hal ini tentu memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap kesejahteraan karyawannya.

Ambisi utama orang – orang mendekati usia tua bukan lagi masalah pekerjaan dan sejenisnya. Hal ini tidak banyak diketahui orang, padahal seharusnya ada banyak hal yang perlu disiapkan mulai dari merintis bisnis sekaligus membangun iman dan hubungan baik dengan keluarga.

Sebagai pemilik perusahaan, pastikan kamu mengetahui persiapan pensiun ini dan benar – benar mempersiapkan untuk para karyawan yang akan berhenti kerja karena usianya sudah mencapai batas maksimal dalam bekerja.

Jika sulit menemukan referensi untuk merancang program untuk mempersiapkan kegiatan para karyawan setelah pensiun, coba perhatikan beberapa referensi berikut.

1. Materi manajemen stress

Materi paling pertama yang harus disampaikan ketika menjalankan program persiapan pensiun adalah bagaimana cara mengelola stress dengan baik. Hal ini karena ketika sudah memasuki usia lanjut, para lansia harus berusaha mengelola stress agar tidak sakit fisik dan mental.

Tidak dapat dibantah lagi bahwa dari stress saja sudah ada banyak jenis penyakit yang bisa datang. Manajemen stress harus dilakukan, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik. Terutama saat kerja mereka tidak ada waktu untuk belajar ini.

Dengan mengelola atau manajemen stress, kehidupan bisa jadi lebih tenang. Kamu juga akan menghadapi hidup dengan lebih mudah lagi. Stress yang tidak dapat dikelola dengan baik terutama di masa tua akan berpengaruh pada banyak hal.

Tidak heran jika persiapan pensiun harus diawali dengan manajemen stress. Bahkan materi dalam hal ini tidak hanya disampaikan 1 kali saja. Selagi ada kesempatan untuk mempelajari cara mengelola stress dengan baik, kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

2. Materi tentang mindset

Selain manajemen stress, juga terdapat materi tentang mindset. Manusia selalu memiliki mindset namun tidak semua dapat mengelolanya dengan baik. Mindset harus dikelola menjadi positif agar kehidupan yang dijalani juga akan terasa positif sehingga menimbulkan rasa tenang.

Biasanya manusia sudah terburu – buru berpikiran negatif terhadap sesuatu. Hal ini bisa saja dirasakan ketika masih muda dan bekerja, namun saat sudah tua tidak seharusnya mindset negatif masih tertanam di dalam otak. Itulah mengapa materi ini penting dalam persiapan pensiun.

Positif atau negatifnya mindset juga dapat banyak berpengaruh pada hal lainnya. Untuk mendapatkan materi terbaik dalam hal ini, kamu harus mendapatkan mentor yang sangat baik dan mengerti bagaimana cara mengelola mindset dengan baik.

3. Materi menjalankan kehidupan rohani yang baik

Program persiapan pensiun lainnya yang harus dipersiapkan adalah materi tentang bagaimana menjalankan kehidupan rohani dengan baik. Setiap orang setidaknya memiliki 1 agama atau 1 keyakinan yang membuatnya merasa tenang dan merasa lebih karena ada Tuhan yang diyakini.

Memasuki usia lanjut atau masa tua mengharuskan kamu lebih fokus dalam hal kerohanian ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa obsesi orang – orang di masa tua sudah bukan lagi masalah pekerjaan atau lainnya, melainkan mendekatkan diri kepada Tuhan yang diyakini.

Namun karena agama setiap karyawan masih belum tentu sama, sebagai pemilik perusahaan kamu harus menemukan mentor terbaik di bidang agamanya masing – masing. Sehingga nantinya orang – orang akan diberi pencerahan atau materi yang berbeda tergantung agamanya.

Kehidupan rohani sangat penting diperhatikan ketika sudah tua, apalagi setelah masa hidup sudah habis kamu hanya akan bertemu dengan Tuhan. Tidak heran jika materi tentang kehidupan rohani ini harus dimasukkan dalam persiapan memasuki hidup setelah pensiun.

4. Materi cara memiliki hubungan baik dengan keluarga

Meningkatkan kualitas kehidupan rohani sangatlah penting agar dapat membangun hubungan yang baik dengan Tuhan, namun selain itu juga harus ada materi tentang cara memiliki hubungan baik degan keluarga atau orang – orang di sekitar.

Semakin tua tentunya kamu harus berusaha memiliki hubungan baik dengan semua orang. Di masa hidup yang sudah tidak terlalu banyak, jangan sampai mendapatkan musuh baru atau sejenisnya agar kehidupan bisa jadi lebih tenang dan aman sampai kapan saja.

Materi tentang cara membangun hubungan yang baik dengan keluarga dan orang sekitar harus ada dalam program persiapan pensiun. Dengan keluarga harus terjalin hubungan harmonis, jika tidak harmonis pasti akan sering terjadi pertengkaran atau pertikaian dalam keluarga.

Pertengkaran tersebut tentu tidak baik untuk orang berusia lanjut, mengingat kehidupan yang harusnya didapatkan adalah kehidupan tenang dan aman.

5. Materi cara mengelola keuangan

Kebutuhan utama orang – orang berusia lanjut adalah hubungannya yang baik dengan Tuhan dan orang – orang disekitarnya. Memang saat sudah tua atau pensiun tidak lagi perlu berambisi terhadap pekerjaan, namun tetap saja orang berusia lanjut juga membutuhkan biaya hidup.

Selain dari dana pensiun, harus ada sumber pemasukan lain agar lebih tenang dan cukup. Namun jika sebagai pegawai swasta tidak mendapatkan penghasilan dari dana pensiun, tentu harus ada cara lain yang dilakukan seperti membangun usaha sendiri.

Saat membangun usaha sendiri, kamu harus tahu bagaimana cara mengelola keuangan. Saat ada program persiapan pensiun, tentu akan tersedia materi terkait cara mengelola keuangan. Materi ini akan sangat berguna untuk orang – orang yang akan mengelola bisnis nantinya.

Agar pendapatan atau penghasilan tetap ada, bangunlah bisnis dan kelola uangnya sesuai dengan seharusnya. Kamu akan mendapat materi tentang cara menyisihkan dan mengelompokkan uang sesuai dengan tujuan atau kebutuhannya.

6. Materi cara membangun bisnis

Kemudian terdapat juga materi tentang cara membangun bisnis. Materi tentang mengelola keuangan merupakan hal paling mendasar yang dibutuhkan untuk membangun bisnis. Sebagai pegawai swasta yang masih belum tentu mendapatkan dana pensiun, tentu harus paham ini.

Materi membangun bisnis tentu menjadi salah satu dari program persiapan pensiun. Hal ini karena pemasukan harus tetap ada serta selalu ada pengeluaran tidak terduga di masa depan. Kamu bisa mempersiapkannya dengan cara membangun bisnis dalam bidang apa saja.

Namun untuk mendapatkan materi tentang bagaimana cara membangun bisnis atau usaha, harus ada mentor terbaik yang sangat ahli di bidang bisnis dan usaha ini. Jika kamu seorang penyelenggara program ini, pastikan hanya meminta bantuan dari mentor bisnis terbaik.

Tidak sulit menemukan mentor bisnis terbaik. Kamu bisa menilai bagus tidaknya mentor tersebut dari kualitas mentoringnya serta komunitas bisnisnya. Apalagi materi tentang membangun bisnis sampai berhasil ini sangat penting bagi pegawai swasta.

7. Materi pemasaran dan branding

Setelah mendapatkan materi tentang bagaimana cara membangun bisnis atau usaha yang baik, pastikan juga terdapat materi tentang pemasaran dan branding. Dalam membangun bisnis atau usaha, pemasaran dan branding sangat penting dilakukan karena menentukan kesuksesan bisnis.

Meskipun kebanyakan orang mendapatkan materi tentang bagaimana cara memasarkan barang atau jasa melalui internet, namun mendapat tips dan trik dari mentor terbaik tentu akan lebih baik. Apalagi jika mentornya sangat berpengalaman di dalam bidang bisnis atau usaha.

Dalam program persiapan pensiun, materi tentang pemasaran dan branding akan disampaikan sampai semua orang benar – benar paham bagaimana caranya. Selain itu cara pemasaran dan branding dari mentor terbaik akan membuka wawasan sangat luas dalam berbisnis atau usaha.

Ada berbagai jenis pemasaran dan branding yang bisa dicoba agar berhasil dalam bisnis. Cara – cara pemasaran tersebut tentunya tidak ketinggalan zaman sehingga dapat berhasil dengan mudah. Bisnis atau usaha yang berhasil tentu akan sangat berarti untuk yang akan pensiun.

8. Materi tentang menjaga kesehatan diri

Membangun bisnis dan hubungan yang baik sangat penting bagi orang – orang yang akan pensiun. Hal – hal tersebut akan membantu orang – orang lebih nyaman menjalani hidup. Namun ada satu hal penting lainnya yang harus disampaikan pada para pensiunan tersebut.

Materi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan diri sendiri juga sangat penting disampaikan. Meskipun mendapat keberhasilan dalam bidang bisnis, namun keberhasilan dalam kesehatan juga harus tetap diperhatikan.

Tentu saja materi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan juga terdapat dalam program persiapan pensiun. Hal ini karena kesehatan adalah salah satu hal penting dalam kehidupan orang – orang yang akan segera pensiun.

Jika kamu ingin menyelenggarakan program seperti itu untuk para pegawai swasta, kamu perlu mencari mentor yang sangat hebat di bidangnya. Jika membutuhkan mentor untuk persiapan bisnis dan segala caranya untuk para pensiunan, kamulkan saja komunitas bisnis TES.

Kunjungi website TES untuk informasi mengenai klinik bisnis TES. Kamu juga dapat menghubungi WA Tessa di 0811-9700-284 untuk informasi lebih lanjut. Komunitas bisnis TES atau The Entrepeneur Society tentu menyediakan materi terbaik untuk program persiapan pensiun.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Baca juga : 5 Jenis Dana Pensiun Pebisnis yang Wajib Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us