Perusahaan Venture Builder Terbaik di Indonesia

venture builder terbaik di indonesia

Venture builder terbaik di Indonesia – Bagi kamu yang berkecimpung di dunia startup, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah venture builder. Itu merupakan perusahaan yang membantu para startup dalam hal pemodalan maupun sumber daya. Keberadaannya pun terbilang cukup penting untuk keberlanjutan pendanaan startup tersebut.

Dana yang didapatkan oleh VB ini pada umumnya berasal dari berbagai macam kelompok. Mulai dari lembaga keuangan, investor kaya, bank investasi, dan sebagainya. Namun hal yang perlu kamu ketahui, yaitu tidak semua VB menyuntikkan modal dengan bentuk dana. Kadang kala bantuan yang dilimpahkan bisa dalam bentuk keterampilan ataupun keahlian teknis tertentu.

Hal itu dikarenakan pada dasarnya investor manapun yang mengucurkan dananya ke venture builder, nantinya akan dialirkan kembali ke perusahaan startup dengan risiko yang lebih tinggi. Hal itu membuat, startup tidak semuanya mendapatkan pendanaan dengan proses yang cepat dan mulus.

5 Perusahaan Venture Builder Terbaik di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jenis perusahaan venture builder yang berdiri di Indonesia. Mau tahu apa saja? Yuk simak uraiannya berikut ini.

Alpha JWC Ventures

Di wilayah Asia Tenggara, Alpha JWC Ventures ini merupakan salah satu perusahaan yang sangat terkemuka lho. Di mana Indonesia merupakan fokus utama dari perusahaan satu ini. Selain itu, mereka juga sangat menjunjung nilai Value-add untuk portofolio perusahaannya.

Alpha JWC Ventures sendiri telah berdiri sejak 2015 silam. Adapun Yang mendirikannya yaitu Chandra Tjan, Jefrey Joe, serta Will Ongkowijaya sang founding partners. Bahkan sampai saat ini, perusahaan ini telah melakukan investasi hingga ke berbagai perusahaan startup terkemuka di Indonesia dan di Asia Tenggara lainnya. Diantaranya Bobobox, Style Theory, Kredivo, serta yang lainnya.

500 Durians

Perusahaan yang berikutnya yaitu bagian dari 500 startup yang terfokus pada wilayah Asia Tenggara. Di mana pada permulaan 2020 lalu, perusahaan dengan nama 500 Durians ini mempunyai 150 perusahaan portofolio.

Pada beberapa tahun ini, 500 startup tersebut tentunya telah berinvestasi, seperti di Canva, Grab, Credit Karma, BukaLapak, dan lain sebagainya. Christine Tsai dan Dave McClure adalah orang dibalik berdirinya 500 Durians ini.

Tidak hanya menawarkan modal, perusahaan ini juga menawarkan program Seed Accelerator. Program ini memfokuskan pada sistem pemasaran digital, akuisisi pelanggan, praktis lean startup, serta penggalangan dana.

East Ventures

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 2010 lalu ini merupakan perusahaan VB yang pertama di Indonesia. Bahkan perusahaan ini tergolong sangat aktif untuk pemberian dana pada startup. Perusahaan yang diprakarsai oleh Wilson Cuaca, Batara Eto, serta Chandra Tjan ini sukses dalam mendanai berbagai startup. Diantaranya BerryKitchen, Berrybenka, Tokopedia, Traveloka, Apps Foundry, dan sebagainya.

IMJ Investment

Selain memperoleh dana, kamu juga bisa mendapatkan bantuan dari perusahaan ini. Seperti relasi pengembangan bisnis, jasa pengembangan produk, serta akses internet. Berbagai startup yang sukses menerima dana dari perusahaan ini antara lain BukaLapak, iMoney, dan Urbanindo.

Gree Ventures

Gree Venture juga salah satu perusahaan yang tergolong sangat aktif dalam berinvestasi di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Sama halnya dengan perusahaan lain, Gree Venture juga memiliki berbagai kategori pendanaan yang masing-masingnya memiliki jumlah yang berbeda. Perusahaan startup yang mendapatkan suntikan modal dari perusahaan ini juga sudah sangat banyak. Baik di Indonesia maupun mancanegara, seperti BukaLapak, UrbandIndo, LuXola, dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah tahu kan apa saja perusahaan venture builder terbaik di Indonesia? Untuk bisa mendapatkan modal dari perusahaan-perusahaan tersebut, cobalah untuk berkonsultasi melalui Klinik Bisnis. Klinik Bisnis merupakan sebuah program khusus yang dibuat oleh TES untuk fokus membantu kamu dalam mendapatkan konsultasi, edukasi, dan pelatihan seputar kewirausahaan.

Apabila berminat ingin bergabung, segeralah hubungi nomor 0813-8963-0543 untuk info lebih lanjut, atau langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini

Baca juga : Rekomendasi Usaha Menurut Jasa Konsultan Bisnis UMKM di Indonesia

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.