Ini Dia Manfaat Public Relation Marketing untuk Bisnismu

Kamu harus mengetahui manfaat public relation marketing agar dapat memperbaiki kualitas pemasaranmu. Relasi memiliki peran penting untuk memajukan bisnis dan usaha.

Tidak hanya antar pebisnis saja, relasi antar konsumen juga harus diperhatikan dengan baik. Bagi penjual, pelanggan adalah raja yang harus dilayani dengan baik.

Sebagai pelaku usaha, divisi Marketing perlu menjangkau konsumen melalui pendekatan. Setelah menarik minatnya, kamu bisa mengajak konsumen untuk membeli produk.

Public relation marketing memanfaatkan relasi kita dengan konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Menciptakan relasi di mata publik bukan satu hal yang mudah dilakukan.

Apalagi jika persaingannya ketat, kamu harus menghindari penilaian negatif di mata publik. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan hubungan publik.

Baca juga : Training Gratis untuk Menentukan Target Pemasaran

Beberapa Manfaat Public Relation Marketing

Public Relation Marketing

Tentunya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari strategi public relation. Kamu bisa lebih unggul dar kompetitor jika strategi ini berhasil dilakukan. Langsung saja, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari peningkatan hubungan publi.

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Public relation marketing adalah proses pendekatan konsumen melalui hubungan timbal balik. Terjadinya rasa saling percaya membuat konsumen menjauhi brand lainnya. Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan kesadaran merek usahamu di masa mendatang.

Branding jadi lebih efisien ketika ada konsumen yang mengetahui keberadaan bisnismu. Di sisi lain, kamu juga bisa menerima keuntungan secara tidak langsung. Pemasaran jadi lebih mudah ketika brand awareness masyarakat semakin meningkat.

Ini jadi salah satu alasan mengapa Public Relation diterapkan banyak perusahaan. Contoh penerapannya, admin sosmed membalas komentar dan membalas pesan konsumen.

2. Citra Merek jadi Positif

Melakukan public relation marketing bisa membuat citra perusahaan menjadi lebih baik. Konsumen jadi lebih percaya setelah citra perusahaan positif di mata publik. Tentu saja produk yang dipasarkan akan dilirik oleh banyak orang karena strategi public relation.

Ketika muncul inovasi produk baru, konsumen akan menjadi penasaran. Efek ini bisa saja muncul karena pandangan positif yang sudah diberikan dari nama brand. Jika brand itu tidak terkenal, biasanya inovasi-inovasi baru tidak akan mudah dipercaya.

3. Lebih Kredibel

Biasanya perusahaan penyedia jasa lebih mementingkan layanan. Konsumen lebih suka layanan yang kredibel, sehingga pendekatan perlu dilakukan. Public relation marketing untuk perusahaan jasa bisa dilakukan dengan memberikan layanan yang baik.

Kamu bisa melayani klien dengan sepenuh hati, agar klien percaya. Semakin banyak klien yang percaya, akan semakin baik karena pandangan mereka menjadi positif. Setelah itu, kredibilitas perusahaan akan tersebar dan banyak orang berkunjung ke sana.

4. Menjadi Pemimpin

Pastinya kamu tahu, ada persaingan ketat antar produk yang beredar di Indonesia. Brand ternama hingga lokal saling bersaing satu sama lain untuk memperebutkan pasar. Salah satu cara mengalahkan algoritma tersebut adalah dengan public relation marketing.

Kamu harus melakukan pendekatan agar konsumen jadi lebih tertarik. Memimpin brand lain dan mendapat pemasaran tertinggi jadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Untuk jangka waktu panjang, produkmu tidak akan mudah terkalahkan.

Cara meningkatkan kualitas produk itu mudah, kamu hanya perlu mendengar pendapat konsumen. Dengan pendekatan yang baik, bisnismu dijamin bisa sukses besar.

5. Menarik Investor

Program public relation marketing juga dapat menarik minat investor. Para investor itu melihat prospek usahamu baik, karena berhasil mendekatkan diri dengan konsumen. Jadi selain untung dari segi pemasaran, kamu juga diuntungkan karena ada investor.

Oleh sebab itu, terapkan upaya pendekatan konsumen secara langsung. Marketing yang baik, selalu menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Objektif harus segara dicapai untuk melakukan strategi pemasaran lainnya dalam waktu dekat.

Investor melihat kesempatan ini untuk berinvestasi di tempatmu. Pertahankan hubungan baik dengan konsumen, agar bisnis usahamu selalu sukses.

6. Reputasi Terjaga

Pernahkah kamu berpikir, mengapa merek ternama selalu mendapat pandangan positif? Hal ini bisa terjadi karena public relation marketing perusahaan tersebut berhasil. Karena mendapat pandangan positif, reputasinya selalu terjaga meski ada masalah.

Sebagai contoh, produk yang lolos Quality Control dan cacat di bagian tertentu. Dengan hanya permintaan maaf, perusahaan itu bisa terus menjual produknya. Jika dirasakan oleh perusahaan kecil, tentu efeknya akan berimbas pada pertumbuhannya nanti.

7. Meningkatkan Hubungan Media

Sebagai salah satu platform Marketing, media memiliki standarisasinya masing-masing. Efek public relation marketing bisa dirasakan saat kamu menggunakan media. Contoh merek ternama pasti akan mendapatkan akses untuk promosi di platform mana saja.

Berbeda dengan merek kecil yang kalah saing dengan merek-merek besar. Panggung jadi lebih lebar karena konsumen lebih fokus pada produk ternama. Untuk bisa mendapatkan perhatian, kamu harus lebih rajin mendekatkan diri dengan para konsumen.

Sambut mereka dan balas komentar di platform sosial media resmi. Cara ini sudah banyak dipakai di masa sekarang sehingga kamu tidak boleh melewatkannya.

8. Mudah Berkolaborasi

Salah satu cara melakukan promosi ialah dengan berkolaborasi. Kamu bisa membangun bisnis bersama merek lainnya dan menciptakan peluang bisnis baru. Di sini public relation marketing dibutuhkan untuk memperlancar program kolaborasi tersebut.

Selain memperlancar program, kamu juga menjadi lebih dipercaya oleh produk lain. Pasti kamu memiliki impian untuk berkolaborasi dengan produk ternama. Oleh sebab itulah, Public Relation sangat diperlukan untuk melakukan kolaborasi.

9. Dukungan dari Pihak Ketiga

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari public relation marketing ialah dukungan dari pihak ketiga. Pada dasarnya dukungan pihak ketiga PR bisa kamu dapatkan dengan mudah. Caranya adalah mendaftar ke dalam program pelatihan pebisnis ELITES.

Extraordinary Leaders in the Entrepreneurs Society merupakan program membership TES. Program bisa kamu ikuti untuk mengembangkan skill pengusaha, sekaligus mempelajari hubungan publik Marketing yang masuk dalam salah satu materi pembelajaran.

Program ELITES memiliki fasilitas pendukung berupa 8 kelas dan 3 tipe membership. Kamu akan mempelajari kedelapan materi berikut ini di kelas ELITE.

  1. Pola Pikir Wirausaha (GEM)
  2. Otomasi Bisnis (BA)
  3. Wawasan PR dan Branding (PBI)
  4. Penguasaan Penjualan (SM)
  5. Integrasi Bisnis Online (OBI).
  6. Kepemimpinan dan SDM (LEA)
  7. Manajemen Keuangan (FM)
  8. Strategi Keluar (ES)

Penyampaian materi jadi lebih optimal dengan adanya grup Whatsapp komunitas, event bulanan, edukasi dan akses portal berupa program kelas 1. Kamu bisa langsung bergabung ke dalam program ELITE TES dengan menghubungi No. WA Admin Klinik Bisnis: 0811-9700-284, WA ELITES: 081389630543.

Untuk kelas ELITES – Startup member, kamu mendapatkan fasilitas berupa :

  • Grup Eksklusif
  • Event khusus anggota
  • Akses dari grup secara gratis
  • Mentor berpengalaman
  • Nominasi TES Annual Gala Awards
  • Kesempatan kolaborasi antar member
  • Kesempatan bertemu mentor secara langsung

Sedangkan kelas ELITES – Corporate diberikan beberapa fasilitas seperti

  • Akses ke semua grup ELITES
  • Grup eksklusif untuk ELITE Corporate
  • Bisa mengikuti ELITES Corporates Events
  • Event edukasi dengan Member Rate
  • VIP Seats untuk Event TES
  • Grup Mentorship (Advanced)
  • Nominasi TES Anual Gal Award
  • Menjadi Supplier ELITES Dropship
  • Liputan dari Media Partner

Kedua jenis kelas ELITES tersebut akan berintegrasi dengan komunitas direktori nasional, forum diskusi kontributor mentor, full akses ke seluruh forum dan program e-course. Ayo tunggu apalagi, segera bangun publik marketing kamu bersama kami.

Ciptakan relasi sebaik mungkin agar bisnis usaha berkembang pesat. Terapkan 8 materi sebaik mungkin agar mendapatkan benefit. Pelajari public relation marketing bersama ahlinya agar kamu bisa bersaing secara kompetitif.

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Baca juga : Training Strategi Pemasaran untuk Pebisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us