Rekomendasi Usaha Menurut Jasa Konsultan Bisnis UMKM di Indonesia

Lebih dari separuh sumbangan yang ada di PDB (Produk Domestik Bruto), menurut Kementerian Koperasi dan UKM berasal dari UMKM. Nah, dapat diartikan bahwa UMKM di Indonesia sangat unggul. Anda yang berencana membuka usaha juga bisa mencoba UMKM ini. Karena ada banyak sekali jenisnya, anda bisa meminta bantuan jasa konsultan bisnis UMKM di Indonesia untuk mendapatkan pilihan yang sesuai.

Rekomendasi Usaha Tercuan Menurut Jasa Konsultan Bisnis UMKM di Indonesia

Sebelum membahas langsung ke rekomendasi-rekomendasi usaha yang banyak memiliki peluang untuk dijalankan di Indonesia, anda harus mengenal dan paham dulu apa itu UMKM.

UMKM ini memiliki kepanjangan yakni Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Ada juga UKM atau Usaha Kecil dan Menengah, namun sebenarnya sama saja. UMKM ini menjadi sebuah aktivitas usaha yang bisa dilakukan baik perorangan ataupun badan usaha milik perorangan. Penyebutan Mikro, Kecil dan Menengah pun memiliki perbedaan, sebagaimana berikut:

  • Usaha Mikro, membutuhkan aset kurang dari Rp 50 juta, dan menghasilkan omzet maksimal  Rp 300 juta.
  • Usaha Kecil, membutuhkan aset kurang dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, dan menghasilkan omzet maksimal dari Rp 300 juta hingga Rp 2,5 milyar.
  • Usaha Menengah, membutuhkan aset kurang dari Rp 500 juta hingga Rp 10 milyar, dan menghasilkan omzet maksimal dari Rp 2,5 milyar hingga Rp 50 milyar.

Setelah mengenal UMKM, mari kita lanjut ke rekomendasi usaha UMKM berpeluang besar di Indonesia:

1.      Bidang Fashion

Fashion semakin melejit akhir-akhir ini. Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce untuk memperluas pemasaran. Selain itu, di hari-hari tertentu juga bisa anda manfaatkan karena penjualannya yang selalu meledak. Contohnya ketika hari raya.

2.      Bidang Kuliner

Berikutnya yang juga selalu dibutuhkan oleh masyarakat adalah opsi kuliner. Anda bisa memilih menu-menu andalan yang anda kuasai. Anda juga bisa memodifikasi sedikit agar lebih menarik. Akan lebih baik jika produk yang anda buat, bisa dijual secara luas dengan ketahanan yang lama.

3.      Bidang Skincare & Kosmetik

Tak hanya menjadi favorit kaum hawa, kini produk-produk skincare juga sudah mulai disadari oleh kaum pria untuk merawat kulit mereka. Anda bisa mengambil peluang ini, dengan dibarengi menjual beberapa produk kosmetik untuk menyempurnakan penampilan.

4.      MUA

MUA atau Make Up Artist ini juga bisa menjadi opsi yang tepat untuk anda yang suka bersolek. Tentu saja keterampilan ini tidak dikuasai oleh semua orang. Jasa MUA ini bisa anda tawarkan ketika akan ada acara-acara penting seperti pernikahan, wisuda, lamaran dan lain sebagainya.

Anda bahkan bisa membagikan ilmu keterampilan anda yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, dengan catatan anda memiliki portofolio yang bagus.

5.      Bidang Agribisnis

Membahas usaha yang selalu dibutuhkan masyarakat, agribisnis bisa anda coba. Memanfaatkan pertanian dan peternakan tentu juga cukup menghasilkan. Namun, anda juga harus memiliki kemampuan untuk pemeliharaannya, agar bisa memiliki harga yang bersaing di pasaran.

Untuk contoh produknya, anda bisa mencoba berbisnis sayur-mayur, buah-buahan, telur, daging, dan sebagainya.

Nah, itu dia 5 rekomendasi usaha UMKM yang cukup berpeluang di Indonesia menurut jasa konsultasi bisnis UMKM di Indonesia.

Jika anda masih kebingungan dan butuh tempat bertukar pikir yang tepat, Klinik Bisnis dari The Entrepreneurs Society bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543 dan segera join dengan klik tombol dibawah ini

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.