Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha Pemula

skill yang harus dimiliki pengusaha pemula

Sebagai pengusaha pemula, ada baiknya jika kamu memiliki beberapa skill yang harus dimiliki pengusaha berikut ini. Nah, jika penasaran apa saja itu, simaklah artikel ini sampai tuntas ya!

Pengusaha pemula memang ada baiknya memiliki aneka kemampuan, baik itu hardskill atau softskill. Namun di antara beberapa skill itu, ada skillskill yang wajib sekali untuk kamu miliki. Artikel ini akan membahasnya hingga tuntas untuk kamu!

Beberapa Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha Pemula Ini Wajib Banget Kamu Simak

Berpikir Kreatif

Dalam bisnis, supaya usaha yang kamu tekuni membawa kemajuan, maka inovasi dan kreativitas adalah hal yang sangat utama. Karena hal inilah, maka sangat penting untuk menguasai kemampuan berpikir kreatif.

Berpikir kreatif akan membawamu kepada ide-ide bisnis baru, yang bahkan tak pernah dipikirkan orang sebelumnya. Hal ini tentu akan menjadi sisi unik dan menarik dari usaha yang baru kamu tekuni.

Berpikir Strategis

Dalam menjalankan usaha, tentu tak mungkin usaha tersebut bisa maju tanpa strategi bisnis yang mumpuni. Selain bisa salah sasaran pelanggan, kamu juga sangat menjalankan bisnismu dengan asal tanpa kemampuan yang satu ini.

Kemampuan berpikir strategis pun sangat penting untuk dimiliki. Hal ini bisa kamu asah dengan banyak belajar, mengikuti seminar, hingga menemukan circle pertemanan yang tepat.

Manajemen Waktu

Dalam bisnis ketepatan waktu menjadi hal yang sangat utama. Sebab, kamu akan memiliki pelanggan yang tentu semuanya tak akan suka jika harus diminta menunggu lama. Karena itulah, kamu wajib memiliki manajemen waktu yang baik.

Kamu bisa belajar memanajemen waktumu dengan tidak menunda pekerjaan, serta mengutamakan pekerjaan yang mudah dan mencicil pekerjaan yang sulit. Kamu juga bisa melakukannya dengan mendelegasikan pekerjaan yang memakan waktu namun dengan hasil yang kurang sepadan.

Manajemen Keuangan

Selain manajemen waktu, kemampuan untuk melakukan manajemen keuangan juga menjadi hal yang penting. Kamu tentu tak ingin, keuanganmu bocor, dan mengganggu arus kas? Pasalnya, jika hal ini kamu biarkan maka bisnismu semakin lama justru bisa mengarah kepada kebangkrutan.

Nah, untuk melatih hal ini, kamu bisa mulai dengan berdisiplin melakukan pencatatan keuangan, entah itu uang masuk ataupun uang keluar.

Networking dan Komunikasi

Dalam menjalankan bisnis, kemampuan ini menjadi sangat penting untuk kamu miliki. Sebab bisnis tak akan berkembang jika kamu tak punya jaringan dan komunikasi yang baik.

Dalam bisnis, memang seorang pengusaha akan berhadapan dengan banyak urusan yang membutuhkan dua kemampuan komunikasi ini, di antaranya adalah kegiatan pemasaran, hingga menarik investor.

Nah, untuk belajar semua skill ini, kamu tak perlu kerepotan. Bergabung saja dengan program ELITES dari The Entrepreneurs Society. Dengan biaya keanggotaan yang terjangkau, yakni berkisar antara Rp 1,2 juta hingga 3,6 juta per tahunnya, kamu bisa mendapatkan aneka fasilitas pembelajaran yang bisa meningkatkan skill kamu di bidang entrepreneurship.

Di antara beberapa keuntungan yang kamu peroleh adalah mendapatkan akses ke semua event yang digelar oleh TES, bergabung dengan grup membership, serta mendapatkan kesempatan untuk bertemu para mentor hebat di bidangnya, juga banyak keuntungan menarik lainnya.

Tertarik untuk bergabung? Mudah saja, kamu hanya perlu menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543 dan segera gabung dengan klik tombol dibawah ini

Itulah bahasan mengenai beberapa skill yang harus dimiliki pengusaha pemula. Semoga bahasan dalam artikel ini bermanfaat ya, dan jangan lupa mendaftar menjadi member TES supaya bisa menjadi pengusaha hebat.

Baca Juga : Yuk Pelajari 5 Cara Menjadi Entrepreneur yang Sukses

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.