8 Tips dari Para Pengusaha Muda yang Sukses dari Nol

Anak milenial di zaman sekarang memang berani berbisnis, tapi bagaimana tips dari para pengusaha muda yang sukses dari nol? Kenapa mereka bisa seberani itu padahal risiko yang akan didapat juga besar bahkan ancaman kehilangan semua uangnya.

Ketika terjun ke dunia bisnis memang orang tersebut sudah ada mimpi dan harapan besar mengenai kariernya itu. Tapi, jangan lupakan juga mengenai kerugian dan bagaimana pemecahan masalahnya, harus diketahui juga.

Sukses bukan perkara mudah dalam dunia usaha. Setiap jenis bisnis pasti ada saingannya. Salah satu agar tips dari para pengusaha muda yang sukses dari bawah bisa berhasil, ketika kamu tidak berhenti untuk selalu berinovasi.

8 Tips dari Para Pengusaha Muda yang Sukses dari Nol

Para pengusaha yang telah sukses, tentu sudah merasakan pahitnya dalam mengelola bisnisnya itu. Meski modal ada, risiko terus mengintai mereka. Karena selera masyarakat terus berubah.

Dalam konsep berbisnis, konsumen tidak mengikutimu sebagai produsen atau pencipta bisnis tersebut. Tapi kamu yang harus mengikuti kemauan mereka. Inilah kenapa tips dari para pengusaha muda yang sukses dari nol sangat diperlukan.

Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan pernyataan Putri Tanjung, seorang anak konglomerat Indonesia yang memberikan motivasi untuk para pengusaha yang tidak berani menanggung risiko.

Ini bukan membahas mengenai privilege, di mana berbisnis dari 0 itu akan mudah ketika orang tuanya kaya raya. Jika bersungguh-sungguh pasti bisa. Terapkan tips dari para pengusaha muda yang sukses secara bertahap saja jika modalnya tidak banyak, seperti :

Kumpulkan Keyakinan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengumpulkan keyakinan. Jika melakukannya setengah-setengah, apakah yakin untuk bertindak lebih jauh ke depannya?

Siapkan Modal

Selanjutnya, harus mempersiapkan modal. Tidak bisa melakukan bisnis, tanpa adanya modal. Berdasarkan tips dari para pengusaha muda yang sukses dari nol, modalnya dibagi menjadi :

  • Biaya produksi
  • Penyewaan tempat bila ada offline storenya
  • Membeli perlengkapan untuk usaha
  • Dan dana darurat untuk kepentingan bisnis.

Pilih Passionnya di Mana

Jika ingin sukses dan melakukan usaha dengan lancar, pilih yang berada dalam passionmu sendiri. Sebab, jika berada dalam ruang lingkup bisnis kesukaan, mengerjakannya akan penuh suka cita.

Cari Ide Bisnis Unik dan Menarik

Jangan cari yang unik saja, tapi juga menarik. Karena orang-orang jika tertarik pasti akan datang berulang kali.

Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Adanya visi dan misi jelas, langkah yang akan ditempuh nantinya bisa tergambarkan dengan baik. Jadi, mampu merencanakannya secara sistematis.

Fokus Pada Satu Bisnis Dulu

Misalnya bisnis satu sudah berjalan sebentar, jangan langsung bercabang untuk membuka bisnis lainnya. Tips dari para pengusaha muda yang sukses adalah fokus dengan satu bisnis itu dulu.

Pikirkan Pemecahan Masalah Bila Ada Risiko Buruk

Masa depan tidak ada yang tahu bagaimana. Jika mungkin sekarang sedang sukses, di masa depan nanti mungkin mengalami kerugian. Sebelum terjadi, pelajari mengenai manajemen risikonya.

Tentukan Target Pasarnya

Dan tentukan target pasarnya. Tertuju ke anak muda, orang dewasa, orang tua atau bahkan seluruh generasi. Dengan begitu, ide memasarkannya semakin terlihat jelas.

Jika memang serius menggeluti bisnis dari 0, tambahkan pengetahuan dengan bergabung di TES. TES merupakan sebuah komunitas untuk para pengusaha muda yang ingin memajukan usahanya dan menjadi pebisnis sukses. Kamu juga bisa bergabung di ELITES yaitu member tahunan bagi para pebisnis yang mencari ilmu tentang memulai usahanya dari 0.

Untuk informasi lebih lanjut atau tanya-tanya dulu, bisa langsung datang ke website kami, yaitu https://te-society.com atau WA TESSA di 081389630543. Kamu juga bisa klik langsung link pendaftarannya disini. Dengan bergabung bersama kami, tips dari para pengusaha muda yang sukses dari nol akan kita bongkar.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Cara Menjadi Wirausaha Sukses terbaik

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Klemens B. Raharja

TENTANG FOUNDER

Klemens Rahardja is an avid start up investor, and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These includes profit and not for profit organizations, privately owned businesses and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.