Ingin Tahu Tips Jalani Bisnis dari 0? Simak Jawabannya Disini!

Memulai usaha memang tidak semudah yang dibayangkan. Pertama dibutuhkan niat yang serius dari dalam hati dan mempersiapkan semuanya. Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas tentang tips jalani bisnis dari 0. Penasaran kelanjutannya? Simak sampai akhir ya!

Tips Jalani Bisnis dari 0 agar Berhasil

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa mencapai sesuatu yang sukses, diperlukan usaha yang besar. Hal inilah yang membuat beberapa orang mundur terlebih dahulu bahkan sebelum ia memulai usaha. Rata-rata dari mereka memilih untuk tetap berada di zona nyaman.

Namun zaman sekarang hal tersebut sudah tidak zaman lagi karena banyak yang ingin bersaing dan menunjukkan sisi terbaik dalam berusaha atau berbisnis. Penasaran bagaimana tips menjalani bisnis dimulai dari 0? Ini dia:

1.     Menentukan Produk

Pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan jenis produk atau jasa apa yang ingin diberikan kepada target pasar. Anda bisa menentukannya melalui riset sederhana agar mendapatkan nilai plus dibanding produk atau jasa lainnya yang serupa.

Selain itu Anda juga bisa berinovasi kira-kira mana yang belum ada dan dibutuhkan oleh masyarakat di era modern ini. Jangan lupa sesuaikan dengan passion ya agar menjalaninya tidak setengah hati, agar kesuksesan yang diinginkan cepat diraih.

2.     Menyusun Rencana Visi dan Misi

Hal kedua yang harus dilakukan adalah menyusun rencana visi dan misi yang jelas. Persiapkan semuanya dengan matang karena merupakan kunci sukses dijalankan sebuah usaha. Menentukan rencana visi dan misi berarti sudah memiliki gambaran dan tujuan yang hendak dicapai.

Tentukan juga target pasar, rencana pemasaran, media apa yang digunakan dan lain sebagainya. Tetap fokus dan terus jalani sesuai dengan rencana yang termuat dalam visi misi.

3.     Siapkan Modal

Tips jalani bisnis dari 0 yang ketiga adalah menyiapkan modal. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa banyak yang mundur duluan karena takut tidak memiliki atau kurang modal.

Padahal permasalahan tersebut bisa diatasi dengan investor, usaha kecil terlebih dahulu, memanfaatkan media sosial dan marketplace yang gratis.

Namun Anda juga harus tetap mencatat dan menghitung secara lebih rinci berapa biaya yang dibutuhkan dalam usaha yang sedang Anda jalankan. Susun dengan rapi agar bisa lebih hemat. Contohnya Anda bisa membangun toko dari kontainer bekas dibanding yang permanen.

4.     Rajin Mencatat

Keempat adalah rajin mencatat seperti detail barang, operasional dan memprediksikan tantangan apa yang akan dihadapi kedepannya. Catatan ini nantinya bisa mengingatkan Anda jika suatu saat terlupa serta bisa digunakan sebagai bahan evaluasi.

5.     Jangan Pernah Takut Gagal

Mengambil keputusan untuk membuka usaha baru memang sebuah keputusan yang besar dan resikonya tidak main-main. Namun jika dari awal sudah merasa demikian, maka akan berpengaruh terhadap kedepannya.

Jadi Anda jangan pernah takut untuk gagal. Persiapkan plan B jika yang sudah Anda rencanakan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

6.     Rajin Mengikuti Event atau Gabung ke Komunitas

Terakhir, Anda harus rajin mengikuti event atau gabung ke komunitas yang berisi orang-orang dengan kepentingan serupa. Tujuannya agar Anda bisa memperoleh pengetahuan, informasi atau hal baru yang membawa bisnis ke arah yang lebih baik.

Anda juga bisa bergabung ke lembaga yang bersedia membimbing Anda dari awal hingga akhir dalam membangun bisnis. Tentunya tidak masalah kan mengeluarkan sedikit modal?

Anda bisa mengikuti ELITES yaitu Extraordinary Leaders in The Entrepreneurs Society yang mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah akses event edukasi, grup mentorship, kesempatan kolaborasi antar member dan lain sebagainya.

Jadi sekarang Anda sudah tahu kan apa saja tips jalani bisnis dari 0? Jika sudah, untuk mendapatkan fasilitas ELITES, Anda bisa menghubungi nomor WA admin TES di 0813-8963-0543 untuk bergabung bersama member lainnya. Buruan dan jangan sampai telat ya! 

Baca Juga: Program Studi Manajemen UPH Membahas Soal Resiko Bisnis

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Klemens B. Raharja

TENTANG FOUNDER

Klemens Rahardja is an avid start up investor, and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These includes profit and not for profit organizations, privately owned businesses and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.