Tips Mengembangkan Bisnis Startup di Indonesia

tips mengembangkan bisnis startup di indonesia

Tips mengembangkan bisnis startup di Indonesia, bagi kalian yang ingin mencoba untuk membangun bisnis startup sendiri. Saat ini, banyak pebisnis yang sedang gencar-gencarnya mengembangkan startup.

Tips Mengembangkan Bisnis Startup di Indonesia untuk Pemula

Walaupun banyaknya startup lokal yang sedang merajalela, ternyata untuk membangun bisnis tersebut tidaklah mudah. Menurut hasil riset, jumlah startup lokal diketahui menurun sebanyak 23% selama periode 2017. Nah, untuk itu kamu membutuhkan pemahaman terlebih dahulu agar bisnis startup mu dapat berkembang.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Startup

1. Buat perencanaan yang matang

Ketika berniat untuk memulai bisnis startup, seorang pengusaha alangkah baiknya membuat perencanaan bisnis yang matang. Buatlah perencanaan bisnis untuk jangka waktu yang pendek serta jangka waktu yang panjang.

Untuk rencana jangka pendek, kamu bisa memikirkan hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan selama bisnismu berjalan. Sementara, untuk jangka panjang bisa dibuat dengan lebih fleksibel, seperti rencana apa yang nantinya akan kamu terapkan kepada bisnismu setelah bisnismu telah cukup berkembang.

2. Rekrut orang yang tepat

Menyeleksi setiap orang yang akan bekerja denganmu sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan merekrut orang yang tepat, akan membawa pengaruh yang baik bagi perkembangan bisnismu.

Kamu bisa memilih seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, rajin serta ulet, memiliki rasa percaya diri yang baik atau kamu juga dapat merekrut seseorang yang terampil di bidang tertentu.

3. Cari tren terbaru

Untuk dapat menarik hati calon konsumen, kamu harus bisa untuk menyesuaikan setiap perkembangan yang ada. Kamu dapat menerapkan tren-tren yang terkenal di kalangan masyarakat sebagai inovasi bagi bisnismu.

4. Saham

Salah satu rahasia kesuksesan suatu bisnis adalah membagikan saham kepada teman satu tim. Dengan begini, orang-orang inti yang bekerja untukmu, akan menjadi pemilik yang bersama-sama mengembangkan serta menjaga kemajuan perusahaan yang sedang dibangun.

5. Bekerjasama

Kamu dapat melakukan kerjasama dengan pebisnis lain untuk bersama-sama mengembangkan bisnis. Selain hal tersebut dapat menguntungkan kedua belah pihak, kamu juga akan mendapatkan inspirasi-inspirasi baru untuk bisnismu.

Kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih terkait dunia berbisnis serta menambah pengetahuan dan kekompakan antar kedua belah pihak.

6. Bergabung dengan komunitas bisnis

Bergabung dengan komunitas bisnis sangat bermanfaat untuk kamu yang baru saja terjun ke dalam dunia bisnis. Dengan bergabung dengan komunitas bisnis, kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk bekerjasama dengan banyak pebisnis sekaligus menambah koneksi.

Salah satu komunitas bisnis yang bisa kamu coba adalah te-society. Kamu bisa berkunjung ke website komunitas tersebut https://te-society.com/. Disana kamu dapat membaca berbagai artikel terkait dunia bisnis yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan kamu.

Kamu juga dapat mengunduh majalah bulanan Manifesto serta e-book gratis yang bisa kamu dapatkan hanya di website resmi te-society.com. Selain itu, kamu juga dapat tergabung sebagai salah satu member komunitas tersebut secara gratis.

Beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan hanya dengan menjadi member gratis tanpa biaya apapun adalah kamu mendapatkan akses langsung ke grup Whatsapp yang berisikan para pebisnis-pebisnis dari bidang industri yang berbeda-beda.

Kamu juga dapat mengakses event bulanan umum yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut, serta mendapat akses untuk event edukasi. Te-society juga memberikan akses bagi member gratis untuk akses program kelas 1. Disana, kamu akan diajarkan tentang berbisnis.

Kamu juga dapat mengakses berbagai akses lengkap lainnya hanya dengan menjadi member berbayar mulai dari Rp 1.2 juta saja.

Akses yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah mendapat semua akses dari grup secara gratis, akses grup exclusive telegram, akses event khusus member, akses event edukasi dengan members rate hingga mendapat akses ke grup mentorship.

Setelah menerapkan tips mengembangkan bisnis startup di Indonesia, dibarengi dengan tergabung menjadi member di komunitas bisnis, dijamin usahamu akan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Untuk kamu yang tertarik bisa langsung menghubungi ke 0813-8963-0543 untuk info lebih lanjut, atau langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini

Baca juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Startup Bagi Pemula Terbaik

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.