Tips Mengembangkan Produk Baru bagi Pemula

tips mengembangkan produk baru bagi pemula

Tips mengembangkan produk baru bagi pemula, cocok untuk dipahami serta diketahui terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menciptakan suatu produk. Mengembangkan suatu bisnis dengan menciptakan produk yang menarik, memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Hanya dengan mengandalkan kreativitas dengan menciptakan produk nan inovatif, pastinya produk yang kalian jual akan laris manis hanya dalam sekejap. Namun, sebelum produk kalian dapat sukses terjual dengan jumlah banyak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Mengembangkan Produk Baru bagi Pemula dengan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sudah tidak asing lagi di telinga para pebisnis. Pasalnya, dengan strategi pemasaran yang tepat, dapat membuat produk kita dikenal oleh banyak orang. Namun, strategi pemasaran yang dipakai oleh setiap pebisnis, tidaklah sama.

Strategi Pemasaran yang Harus Dipahami dalam Mengembangkan Produk Baru

1. Kenali pasar

Penting untuk mengetahui kualitas serta kegunaan produk yang akan kamu jual. Hal ini berguna untuk mempertimbangkan akan seperti apa strategi pemasaran yang akan kamu gunakan untuk keperluan bisnismu.

Lakukanlah analisa terlebih dahulu terhadap produkmu, apakah produk yang kamu jual memiliki kompetitor bisnis yang lain atau apakah produk yang kamu jual merupakan produk terbaru yang belum pernah dijual oleh siapapun. Kamu dapat menggunakan analisis SWOT.

2. Tetapkan target

Mengenali target sasaran produkmu, akan membuatmu lebih mudah dalam proses pemasaran produk nantinya. Tentukanlah kepada siapa produkmu ditujukan. Tentukan pula rentang usianya, apakah untuk anak-anak, remaja, dewasa atau lansia.

3. Ciptakan produk berkualitas

Salah satu langkah awal baik yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis penjualan produkmu adalah menciptakan produk yang berkualitas sesuai dengan target sasaran yang sudah kamu tentukan.

Sebisa mungkin ciptakanlah produk dengan bahan-bahan dasar yang berkualitas hingga proses produksi yang terjamin kehigienisannya. Dengan menciptakan produk yang berkualitas, kamu akan lebih mudah menarik calon konsumen serta kamu akan dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang memiliki produk serupa denganmu.

4. Berinovasi

Inovasi diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Buatlah inovasi kepada produkmu sendiri agar menjadikan produkmu berbeda dari produk serupa lainnya.

Dengan melakukan inovasi, calon konsumen akan lebih tertarik dengan produkmu dibandingkan dengan produk lain yang memiliki fungsi serupa. Inovasi juga membuat produkmu menjadi lebih terlihat unggul.

5. Kemasan menarik

Kemasan yang menarik bisa menjadi salah satu media promosi yang bagus, apalagi jika produkmu lebih ditujukan untuk kaum wanita. Produk yang menarik akan memberikan kesan yang bagus serta membuat produkmu menjadi lebih mudah diingat.

6. Tawarkan penawaran menarik

Kamu bisa menawarkan penawaran yang menarik untuk calon konsumen mu, seperti menawarkan promo diskon. Dengan menambahkan promo menarik seperti itu, calon konsumen akan lebih mudah tertarik kepada produkmu.

Namun, promo yang menarik harus didasari dengan perhitungan yang matang. Kamu bisa melakukan perhitungan menggunakan rumus BEP atau Break Even Point untuk dapat menghitung titik impas dari penjualan normalmu.

Jangan lupa untuk selalu membatasi periode promo yang berlaku untuk produkmu. Hal ini dapat mencegah terjadinya kerugian.

Namun, jika kamu masih ragu untuk menjalani bisnis seorang diri, kamu bisa mencoba untuk bergabung ke dalam komunitas bisnis. Dengan bergabung dengan komunitas bisnis, kamu dapat bertukar pikiran dengan sesama pebisnis.

Salah satu komunitas bisnis terpercaya yang sudah memiliki banyak partner bisnis adalah te-society.com. Terdapat berbagai macam benefit yang bisa kamu dapatkan secara gratis saat menjadi member di komunitas tersebut. Berikut benefit atau keuntungan yang bisa kamu dapatkan :

  • Akses grup komunitas Whatsapp.
  • Event bulanan umum
  • Event edukasi
  • Akses portal hingga akses program kelas 1

Jika kamu ingin mendapatkan benefit yang lebih spesial lagi, kamu dapat memilih menjadi Yearly Membership ELITES hanya Rp 1,2 juta hingga Rp 3,6 jutaan saja. Pastinya dengan benefit lebih lengkap yang bisa kamu dapatkan.

Jika kamu tertarik untuk tergabung dengan komunitas bisnis yang super keren ini, kamu dapat menghubungi ke 0813-8963-0543 untuk info lebih lanjut, atau langsung daftar dengan klik tombol dibawah ini.

Itulah tips mengembangkan produk baru bagi pemula yang bisa kamu coba.

Baca juga : 4 Cara Membangun Branding Image Bisnis dengan Baik

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.