Yuk Ikuti Tips Mengembangkan Usaha di Era Pandemi!

Era pandemi membawa dampak bagi semua sektor pekerjaan, termasuk pengusaha yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas hal penting yaitu tips mengembangkan usaha di era pandemi yang pasti akan sangat bermanfaat. Yuk simak sampai akhir!

Beberapa Tips Mengembangkan Usaha di Era Pandemi

Sudah mempunyai usaha dan berniat untuk mengembangkannya memang tidak mudah. Apalagi saat panademi covid 19 ini yang semuanya serba terbatas. Pastinya Anda membutuhkan perencanaan yang matang dan finansial yang tidak sedikit jumlahnya agar tetap berkembang dan maju.

Jangan khawatir, karena di bawah ini ada beberapa tips untuk mengembangkan usaha, simak dengan baik ya!

1.     Meminta Feedback Pelanggan

Feedback pelanggan bukan suatu hal yang dianggap remeh. Anda harus meminta pendapat atau saran mereka untuk membuat usaha atau bisnis menjadi lebih baik. Caranya bisa dengan mengajak berbicara langsung melalui online, ketika sedang berbelanja atau menggunakan layanan.

Meminta feedback ini juga bisa dengan cara berinteraksi dengan pelanggan dengan memanfaatkan keberadaan media sosial. Ambil kesempatan dengan baik agar tetap menjalin hubungan emosional dengan pelanggan.

2.     Minta Pendapat Supplier

Jika usaha Anda bergerak di bidang yang bekerjasama dengan supplier atau vendor, cobalah untuk meminta inovasi atau ide kreatif apa yang sebaiknya dilakukan agar bisnis tetap berkembang.

Perlu diketahui bahwa supplier atau vendor merupakan perusahaan besar yang pastinya memiliki pengetahuan dan wawasan luas soal industri, pesaing, pelanggan dalam usaha yang sedang Anda geluti.

Jangan malu apalagi sungkan untuk minta pendapat mereka, karena bisa dibilang supplier atau vendor sudah lebih banyak mengatasi permasalahan yang terjadi sepanjang perjalannya.

3.     Membangun Jaringan

Tips mengembangkan usaha di era pandemi selanjutnya adalah membangun jaringan. Baik antara pengusaha atau pemilik bisnis lainnya. Berada di circle atau komunitas yang sama bisa memunculkan berbagai ide atau perspektif baru terkait langkah apa yang harus dilakukan agar bisnis tetap berkembang di era pandemi covid 19 ini.

Anda juga bisa mengikuti berbagai program pengembangana bisnis atau pelatihan untuk membantu menyelesaikan permasalahan dari hasil sharing antar sesama anggota. Anda harus bisa mencari peluang untuk peran serta dalam program ini.

4.     Memiliki Dewan Penasihat

Dewan penasihat sering diabaikan oleh seseorang yang sedang berusaha membangun atau mengembangkan usahanya. Padahal keberadaannya sangat penting.

Usahakan agar Anda memiliki dewan penasihat sendiri yang memiliki pertemuan secara teratur, membantu dan memandu Anda dalam menentukan langkah untuk perjalanan bisnis kedepannya.

Namun yang perlu diingat, dewan penasihat haruslah orang yang dikenal dan terpercaya. Jadi jangan sembarangan, karena dalam dunia usaha susah dibedakan mana yang kawan dan lawan.

5.     Ikut Pelatihan Secara Online

Perkembangan era digital membawa manfaat tersendiri bagi para pengusaha. Salah satunya adalah tidak kesusahan dalam mencari lembaga atau pihak yang menyelenggarakan pelatihan untuk para pebisnis secara online.

Anda bisa mengikuti baik seminar, grup komunitas atau event lainnya berbasis online. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini, terlebih jika itu untuk pengembangan bisnis yang lebih baik.

Sudah saatnya Anda memaksimalkan kemampuan dalam bermain teknologi dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang mengarah ke keuntungan yang lebih besar.

Sekarang Anda bisa bergabung dengan lembaga yang membuat pergerakan bisnis Anda ke arah yang lebih baik salah satunya di TES. Anda akan mendapatkan tips mengembangkan usaha di era pandemi hanya di The Entrepreneurs Society (TES), akses grup WhatsApp komunitas, akses event edukasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menjadi member, caranya mudah cukup hubungi nomor 0813-8963-0543 atau klik disini untuk informasi lebih lanjut. 

Baca Juga: 4 Manfaat Mengikuti Seminar Wirausaha Pemula

Untuk Informasi Lebih Lanjut Mengenai Entrepreneurship, Komunitas Bisnis, ELITES dapat menghubungi TESSA di no WA: 0813-8963-0543

Klemens B. Raharja

TENTANG FOUNDER

Klemens Rahardja is an avid start up investor, and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These includes profit and not for profit organizations, privately owned businesses and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.