Founder Story

PROFILE KLEMENS RAHARDJA

Klemens B Rahardja

Founder OF The Entrepreneurs Society

Dari Australia Untuk Indonesia

Siapakah Klemens Bonaventura Rahardja? Beberapa dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Klemens Rahardja, tetapi beberapa dari kalian juga mungkin belum mengenal siapa itu Klemens Rahardja. Klemens Rahardja atau yang kerap disapa dengan sebutan Klemens, merupakan CEO atau founder dari The Entrepreneurs Society. 

Singkatnya, The Entrepreneurs Society merupakan sebuah komunitas pengusaha muda yang didirik an dengan visi untuk mempersatukan dan memajukan Indonesia tanpa SARA dalam wadah kewirausahaan dan mensejahterakan rakyatnya melalui pengembangan, semangat, peluang, dan edukasi dalam kewirausahaan. Menjadi pengusaha merupakan impian Klemens sedari dulu, dan itulah yang membuat beliau memutuskan untuk pergi ke Melbourne pada tahun 2003 untuk melanjutkan studinya. Beliau datang dan merantau ke Australia tanpa mengenal siapapun dan hanya dengan membawa impian besar untuk membanggakan keluarganya. 

Dari perantauan yang dilakukan, beliau menyadari bahwa usahanya tidak sia-sia karena banyak pengalaman yang beliau pelajari, seperti luasnya relasi dan peluang yang kuat. Dengan luasnya network yang tepat dan banyaknya relasi, opsi dan solusi dalam menghadapi masalah dan tantangan yang ada bisa didapatkan dengan lebih mudah. “No dream is too small, and no goal is too big”, tutur Klemens Rahardja. Sejak dulu impian Klemens adalah ingin menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi siapa saja, bagi semua perbedaan yang ada, serta bagi semua orang yang ingin berubah dan bersama-sama mengejar mimpinya dengan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. 

Dari impian kecil itulah beliau merasakan pentingnya bersatu padu, saling membantu dan bahu membahu antara satu dengan yang lain. Dalam masa perantauannya, beliau bertemu dengan semua orang yang dibutuhkan untuk saling menguatkan satu sama lain. Komunitas ini sudah berdiri sejak 2017 dengan tidak mempunyai identitas atau nama tetap. Akhirnya pada awal tahun 2018, Klemens menyebut wadah yang mempersatukan orang-orang itu sebagai kastil yang bernama The Entrepreneurs Society. 

Sampai saat ini komunitas sudah tersebar di 3 kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bali, serta kota besar lainnya. Pergerakan ini bukanlah pergerakan pemberontakan, melainkan sebuah pergerakan penguatan ekonomi berbasis kerakyatan, di mana pergerakan ini merangkul pengusaha yang ingin maju bersama demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Mari kita bersama dan bersiap membawa perubahan bagi Indonesia. Let’s join our community! Click this link : @entrepreneursociety.co