People Of TES #3. Ferdy Liuwito

Ferdy Liuwito, founder of Konveksi SX7 (Kids Jacket)

Ferdy (@ferdysx7) membangun bisnis pertama pada Oktober 2007 di bidang usaha konveksi yang mana modal yang ia dapat dari meminjam orang tuanya. Modal yang ia dapat dibuatnya untuk menyewa rumah seadanya, 25 mesin (sistem leasing), dan hebatnya lagi dia merekrut puluhan karyawan. Modal nekat tapi udah ngajak orang lain untuk bergabung, pengetahuan seadanya dan pengalaman yang masih nol untuk bisnis konveksi. Hasilnya bagaimana? Usahanya tak berjalan sesuai dengan ekspektasi. Ya dia gagal, tapi apa dia akan kapok untuk berbisnis lagi? Tentu jawabannya tidak.

Meski banyaknya tantangan dan halangan dia ingin bangkit lagi! Dalam kebangkrutan dan utang, ia masih membangun mental sebagai seorang pebisnis sukses suatu hari nanti. Hal pertama yang terpikir adalah mengumpulkan pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik lagi sebelum memulai apa pun. Ferdy kemudian bekerja di tempat saudaranya untuk menjalankan usaha grosir (produk sendiri) di pusat grosir Cipulir. 

Mulai belajar teknik menjual grosir, menangani konsumen, cara memproduksi, serta mempelajari sistem pemberian komisi dari setiap penjualan yang dilakukan. Pada Juli 2011, ia memberanikan diri membuka usaha grosir pakaian jadi di Tanah Abang bersama calon istrinya. Pada tahun ke-empat akhirnya semua doa atas usaha yang Ferdy lakukan seakan mendapatkan jawaban dari Tuhan. Semua utang dagang dan utang pinjaman modal usaha dapat dilunasi semua dan masih menyisakan profit. Hingga akhirnya pada 2015 sampai 2018 pertumbuhan usaha terus meningkat secara signifikan. Apa itu yang dinamakan jangan pernah menyerah jika ingin sukses?

Klemens @klemensrahardja mengajak kamu para pengusaha yang ingin memperbaiki sistem penjualan dengan lebih profesional untuk berkolaborasi saling mendukung satu sama lain, baik secara bisnis maupun duduk bersama untuk saling berbagi ilmu dalam wadah The Entrepreneurs Society.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *