Seminar Kewirausahaan Di Universitas Bunda Mulia (UBM): ‘Shine With Your Own Light’

Universitas Bunda Mulia (UBM) kembali mengadakan seminar kewirausahaan. Mengangkat tema Age of Entrepreneurs Start Your Business and Compete, seminar yang turut dihadiri Sibuk Liburan tersebut diadakan pada Kamis, 14 November 2019.

Dalam seminar yang berlangsung sejak pukul 15.00 hingga 17.00 WIB tersebut, menghadirkan dua pembicara, yaitu Klemens Bonaventura Rahardja (Co Founder& CEO The Entrepreneurs Society) dan Agustini (Teacherpreneur dan Alumni UBM).

Peserta dalam seminar yang dilaksanakan di The UBM Hall (TUH), Lantai 8 UBM Ancol tersebut merupakan mahasiswa dari UBM. Acara ini sendiri diselenggarakan berkat kerjasama antara Senat Mahasiswa fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Desain dan Komunitas Kewirausahaan.

Sebagaimana tema yang diangkat oleh The Entrepreneurs Society (IG: entrepreneursociety.co), seminar ini berangkat dari banyaknya persoalan yang muncul di kalangan pemula usaha. Umumnya, mereka bingung membangun brand awareness dan positioning  untuk bisa bertarung dengan kompetitor bisnis yang sudah ada. Padahal, dua hal tersebut sangat krusial dalam dunia binis.

Sementara kompetitor adalah yang mutlak adanya. Ia hadir bukan saja untuk ‘menyaingi’, melainkan juga bisa sebagai pemantik ide. Artinya, berkat iklim kompetitif, pengusaha justru semakin berinovasi untuk menghadirkan sesuatu yang baru pada produknya, baik itu berupa barang maupun jasa.

Menyikapi persoalan tersebut, dalam seminar ini dibahas bahwa untuk membangun brand awareness pengusaha harus berani tampil dengan keunikannya sendiri. Brand yang dimiliki harus mampu mengusung sebuah gebrakan yang baru, unik dan tidak sama dengan brand lain, sekalipun produk yang dihadirkan sama.

Bisa dikatakan jika menjadi pengusaha itu harus berani ‘shine with your own light’ atu bersinar dengan cahayanya sendiri, bukan nebeng. Artinya bahwa, siapa pun yang ingin maju dalam dunia usaha, ia harus mampu menonjolkan kelebihannya masing-masing, karena pada dasanya setiap orang punya kelebihannya masing-masing.

Sementara itu, Universitas Bunda Mulia (UBM) memiliki dua kampus. Kampus pertama ada di Ancol, tepatnya berada di Jl Lodan Raya No 2, Jakarta Utara. Satu kampus lainnya berlokasi di Jl. Sutra Barat Kav. 7-9 Alam Sutera Tangerang, Banten. Adapun jenjang pendidikan yang ada di UBM adalah D3, S1 dan S2.

Untuk program D3, jurusan yang dihadirkan adalah Akademi Pariwisata dan Perhotelan. Kemudian, di jenjang strata 1 terdapat dua fakultas, yaitu Fakultas Teknlogi dan Desain serta Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Fakultas yang disebut pertama memiliki beberapa program studi, yaitu Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual dan Bisnis Digital.

Fakultas yang disebut belakangan memiliki program studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi dan Psikologi. Untuk jenjang S2, dibuka prodi Magister Manajemen dan Magister Ilmu Komunikasi.

Aktivitas seminar lainnya juga dapat dilihat langsung di website : www.sibukliburan.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *