Yuk kenali tips and trick pebisnis muda!

Tips and trick pebisnis muda. Untuk artikel kali ini, Tessa akan membahas mengenai enam kunci utama yang harus dimiliki seorang pebisnis muda.

Dunia wirausaha tidak berjalan begitu saja melainkan adanya berbagai macam langkah untuk membangunnya. Langkah-langkah yang akan dibahas mungkin terdengar mudah, tetapi pada kenyataannya akan terasa sulit untuk direalisasikan di kehidupan nyata. Yuk kita kenali tips and trick pebisnis muda :  

1. Fokus

Fokus terhadap satu hal merupakan sebuah kunci utama yang harus dimiliki oleh para pebisnis. Dengan adanya fokus, kamu akan dengan mudah menjalankan bisnismu dengan penuh perhatian, waktu, dan tenaga ekstra. Fokus adalah disaat kamu mampu mencurahkan semua konsentrasimu terhadap bisnismu, sehingga konsentrasi yang kamu berikan tidak terpecah kepada hal hal lain. Maka dari itu, fokus dalam sebuah bisnis sangat dibutuhkan.

2. Konsistensi

Tindakan konsisten menciptakan hasil yang konsisten. Jika kamu ingin berhasil, konsistenlah.

Ada sebuah mobil dengan isi bensin yang penuh, tetapi mobil tersebut hanya digunakan 1 kali dalam seminggu. Apakah mobil tersebut akan berjalan dengan lancar seperti mobil lainnya? Jawabannya adalah tidak. Karena ketika kita mempunyai mobil, alangkah baiknya kita menggunakan mobil tersebut setiap hari atau minimal 4 kali dalam satu minggu. Pemakaian mobil secara konsisten membuat mesin mobil menjadi lebih lancar dan tidak mudah rusak. Hal tersebut sama hal nya dengan berbisnis. Dalam berbisnis dibutuhkan konsistensi yang tinggi sehingga usaha yang kamu keluarkan dan hasil usaha yang kamu dapatkan bisa menjadi seimbang adanya. Tetapi kamu juga harus ingat bahwa konsistensi tidak bisa berdiri sendiri tanpa komitmen. Konsisten adalah kuncinya, jika kamu tidak bisa konsisten, maka kamu tidak bisa menjadi apa pun.

3. Peluang

Image result for peluang
“Peluang itu ada dimana-mana. Seharusnya siapa saja bisa menciptakan peluang usahanya, tanpa harus menunggu peluang tersebut datang dari orang lain”, tutur Klemens Rahardja.

Peluang merupakan salah satu proses yang paling sederhana yang mambuat kamu akan menapak dengan langkah ringan dan tidak terbebani. Kita semua pasti percaya bahwa sukses membutuhkan kunci.

Peluang sebenarnya dapat dengan mudah didapatkan, dan peluang hanya butuh untuk bisa dilihat di depan mata. Peluang bisa dikatakan sebagai kesempatan. Peluang usaha berarti kesempatan yang dimiliki setiap orang guna mencapai tujuan hidupnya, sudah pasti membutuhkan usaha dan waktu untuk dapat mewujudkan sesuatu yang diimpikan. Karena di dalam hidup ini, semua orang itu punya peluang dan semua orang punya kesempatan.

4. Modal

Image result for modal usaha
Modal tidak selalu identik dengan uang. Coba gunakan kereativitas kamu dalam berbisnis, entah itu dari media sosial atau dari bakat yang kamu punya.

Siapa yang tidak membutuhkan modal untuk berbisnis? Pasti tidak ada. Semua bisnis memerlukan modal. Tetapi modal yang dimaksud bukan hanya berbicara mengenai materi melainkan “kepintaran”. Yang dimaksud disini adalah bagaimana kita mengelola modal yang kita miliki secara baik agar bisnis yang kita jalani menjadi lancar. Modal “kepintaran” yang dimaksud adalah menggunakan bakat yang kamu punya sebagai sumber mata pencaharianmu.

5. Pantang menyerah dan bekerja keras. 

Menyerah berarti membiarkan semua usahamu sia sia. Menyerah berarti ketika kamu memilih untuk tidak melanjutkan karya terbaikmu. Menyerah berarti ketika kamu memilih untuk meninggalkan usahamu. Dengan menyerah, segala waktu, tenaga, uang, dan pengorbanan yang sudah kamu lakukan itu berujung sia sia. 

“Keep moving forward, Menyerah itu bukan pilihan. Jatuh wajar, namanya juga manusia. Tetapi yang membedakannya adalah bagaimana kita bisa bangkit dan terus mendaki untuk mencapai tujuan. Sebenarnya kalau berbicara tentang menyerah, aku selalu ingat Tuhan yang tidak pernah menyerah atas hidup kita”, tutur Klemens Rahardja.

6. Kreatif & Inovatif

Seorang pebisnis membutuhkan kreatifitas dan harus juga mempunyai kemampuan untuk melakukan inovasi yang baru. Inovasi harus selalu terus dilakukan sesuai dengan apa yang sedang trending. Kita harus terus mengikuti perkembangan yang ada karena kehidupan di era sekarang menuntut kita untuk terus berkreasi mengikuti apa yang mereka inginkan.

Image result for kreatif

Apa yang membedakan kreativitas dan inovasi? Kreativitas merupakan suatu hal yang kita ciptakan sendiri dan kita kembangkan. Sedangkan inovasi adalah pembaharuan terhadap suatu hal yang kamu lakukan sehingga bisnis kamu terlihat lebih keren. Lalu mana yang harus dilakukan oleh pebisnis? Kreatifitas kah? Inovasi kah? Kedua hal tersebut sama pentingnya asalkan kita mempunyai dan memenuhi semua poin poin yang sudah dijabarkan diatas tadi yaitu fokus, konsistensi, peluang, modal, kerja keras, dan pantang menyerah. Terakhir, jangan lupa untuk konsisten ya!

Untuk menjalankan tips and trick pebisnis muda di atas, prinsip, visi, dan misi harus kamu jalankan secara serius. Gimana, apakah kalian sudah siap menjadi pebisnis muda yang sukses?

Mau cepet sukses? Langsung aja klik -> Buku The Art Of Entrepreneurship


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *