Pelatihan Branding Produk untuk Pengusaha

branding produk

Branding produk salah satu unsur yang paling penting. Fungsi branding untuk membuat sebagian besar masyarakat mengenali dan diingat terhadap produk yang kamu tawarkan.

Meningkatkan branding tentu saja bukan pekerjaan yang mudah, terdapat proses dan unsur-unsur yang harus dipenuhi oleh pemilik usaha. Kamu harus memilih nama, istilah, hingga simbol dan desain yang akan dipakai pada produk.

Semua unsur tersebut memiliki fungsi sebagai identitas produk kamu. Untuk menciptakan sebuah branding produk yang berhasil kamu bisa menerapkan strategi yang lebih terarah melalui artikel ini.

Pengertian dari Branding untuk Produk

Manfaat Branding Foto Produk bagi Pebisnis

Branding produk merupakan merek dagang yang digunakan sebagai identitas produk yang kamu tawarkan. Berfungsi sebagai pembeda dengan produk yang dikeluarkan oleh kompetitor bisa berupa simbol atau desain yang unik tertentu.

Branding juga berfungsi untuk membantu pelanggan atau konsumen mengenali produk yang kamu keluarkan. Sehingga disarankan untuk membuatnya seunik mungkin agar mudah diingat oleh banyak orang.

Sehingga produk kamu bisa terhubung secara emosional dengan konsumen pada berbagai aspek perasaan. Ini juga adalah tujuan utama dari penerapan branding produk dalam bisnis kamu.

Dalam bisnis membangun branding jadi hal terpenting, brand yang sudah dikenal oleh semua orang akan mudah bersaing dipasaran selain itu juga dapat meningkatkan jumlah pelanggan loyal atau pelanggan setia.

Sehingga produk yang berasal dari brand yang sudah dikenal oleh masyarakat tidak akan terpengaruh lagi meskipun banyak pesaing yang muncul.

Manfaat Branding Produk untuk Pengusaha

Tujuan utama dari meningkatkan brand awareness adalah sebagai pembeda brand satu dengan yang lainnya. Selain itu ada manfaat lainnya dari membangun branding dari produk makin dikenal oleh masyarakat luas.

1. Perusahaan jadi bebas risiko dan inovatif

Manfaat pertama yang akan didapatkan oleh perusahaan adalah tidak peru takut lagi jika akan mengeluarkan produk-produk inovatif. Karena dengan brand yang sudah dikenal oleh masyarakat, citra merek yang baik akan menghilangkan keraguan dari para konsumen dan terus memilih produk kamu.

Bahkan kamu berkesempatan untuk bisa menjadi salah satu pihak yang dapat mengendalikan pasar dan menciptakan tren-tren baru pada industri tersebut. yang terpenting kamu mempersiapkan strateginya dengan baik.

2. Peluang melakukan deferensiasi

Branding yang berhasil ketika merek satu dan merek lainnya sudah bisa dibedakan. Serta ditambah lagi dengan kesadaran pelanggan atau konsumen terhadap produk yang kamu produksi telah meningkat.

Melakukan deferensiasi juga akan mencegah kebingungan di pasar, karena sebuah merek sejatinya harus mewakili produk secara tunggal. Membuat nama merek dalam banyak sekali produk yang menyebabkan kebingungan dan sulit dibedakan.

3. Satu nama merek digunakan untuk satu segmen

Satu nama merek yang dibuat dengan unik dan mudah diingat akan dipromosikan secara khusus agar bisa diingat dengan baik oleh para pelanggan. Disarankan untuk membuat satu nama merek untuk satu segmen produk saja.

Tujuannya adalah agar nama branding produk tersebut dapat diinternalisasikan oleh pasar dan mengumpulkan asosiasi dan pendiriannya.

Unsur yang Harus Disiapkan dalam Branding

komunitas terbaik dalam mengembangkan UMKM

Untuk bisa menciptakan branding yang ideal, ada beberapa unsur yang harus kamu buat. Pembuatan unsur-unsur ini harus unik dan mudah diingat hingga berhubungan dengan emosional para pelanggan.

Berikut ini daftar unsur yang harus disiapkan untuk bisa membangun branding produk pada bisnis kamu.

1. Merek

Pertama adalah nama merek, ini merupakan unsur yang paling diutamakan dalam sebuah branding. Nama merek adalah identitas pertama yang akan dikenai oleh para pelanggan sehingga keberadaannya sangat penting.

Carilah nama yang dapat memberikan citra yang baik, mudah untuk diingat dan juga belum pernah dipakai oleh produk lainnya alias harus sangat unik. Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang sedang hits pada masa tersebut.

2. Tampilan visual

Visual ini dapat ditampilkan pada desain produknya, desain kemasan dan lain sebagainya. Tidak bisa dibuat asal-asalan, karena hampir sama dengan sebelunya branding produk dari tampilan visual juga cukup memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan kesadaran masyarakat.

Anda bisa menggunakan tampila visual dari warna yang cerah, elegan dan lain sebagainya tergantung dengan citra yang ingin ditampilkan pada produk yang kamu tawarkan.

3. Logo

Selanjutnya adalah logo, pembuatannya harus memasukkan faktor unik yang sesuai dengan citra dari porduk tersebut. Logo ini juga harus dibuat dengan baik agar bisa meninggalkan kesan pada pelanggan.

4. Suara

Suara juga bisa menjadi salah satu branding produk yang mudah untuk diingat, apalagi jika dikombinasikan dengan unsur visualisasi yang baik. Seperti halnya ketika membuat video iklan dan lainnya.

5. Juru bicara

Juru bicara disini dimaksudkan seperti seorang co-founder yang digunakan sebagai wajah perusahaan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan maskot, tokoh terkenal atau lainnya.

Juru bicara ini juga bisa datang dari kalangan mana saja seperti artis, orang yang banyak dikenal oleh banyak orang dan orang-orang lainnya yang diharapkan akan memberikan dampak peningkatan kesadaran merek kamu.

6. Kata-kata

Kata-kata ini dibuat untuk bisa meninggalkan kesan cukup dalam berupa tagline, slogan atau bahkan jingle. Kata-kata ini biasanya bersifat positif dan juga ceria. Pemilihan kata-katanya juga yang mudah diingat.

Rekomendasi Tempat Pelatihan Branding Produk untuk pengusaha

The entrepreneurs Society

Ingin mempelajari mengenai cara melakukan branding pada produk yang kamu tawarkan, kamu bisa mengikuti salah satu tempat pelatihan yang akan membantu kamu meningkatkan keterampilan dalam bidang ini.

TES merupakan salah satu komunitas berisi para pengusaha muda dengan latar belakang bisnis berbeda-beda. Disini kamu akan dibantu untuk bisa mengembangkan diri termasuk meningkatkan keterampilan dalam meningkatkan branding produk.

Daftarkan diri kamu pada ELITES salah satu program membership yang tersedia di TES. Terdapat 8 kelas yang bisa diikut dengan tiga tipe memberships. Kelas yang akan diikuti jika kamu mengikut memberships ini adalah Exit stragies, financial membership, online business intergratins hingga PR and branding.

Program membership pada ELITES untuk branding Produk

Terdapat tiga tipe membership pada ELITES yang bisa dipilihan yaitu ELITES free merupakan program memberships gratis yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tipe lainnya adalah ELITES startup merupakan program membership basic, harga untuk bisa bergabung pada tipe ini cukup terjangkau.

Keuntungan yang akan didapatkan selain mendapatkan materi branding produk adalah dapat mengakses semua grup free, mendapatkan akses juga untuk grup exclusive di telegram. Grup mentorship dan masih banyak lagi keuntungan.

Terakhir kamu bisa mengikuti ELITES Corporate dengan keuntungan dapat akses untuk mengikuti intership placement dengan university partner, Bisa mendapatkan VIP Seats jika ada TES Event, dapat memasuki mentorship group dengan level advance dan masih banyak lagi.

Meningkatkan branding awareness sangat penting agar produk yang ditawarkan lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Branding produk juga memiliki fungsi untuk meningkatkan penjualan sehingga menguasai keterampilan meningkatkan branding sangat penting dimiliki seorang pengusaha.

Tertarik untuk bergabung bisa langsung mendaftar dengan klik tombol pendaftaran dibawah ini atau dapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi no. WA TESSA 0813-8963-0543.

Baca juga : Pelatihan Dasar Entrepreneur Terpercaya di Jakarta

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us