Tips Menentukan Nama Branding dalam Bisnis

Sebelum membuat atau memulai bisnis, hal paling penting dan pertama untuk dipersiapkan adalah membuat nama branding sesuai dengan jenis bisnis yang kamu lakukan. Membuat sebuah nama untuk brand memang tidak mudah dan menjadi tantangan tersendiri.

Karena ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Sebuah nama dari bisnis harus menjadi identitas bagi bisnis tersebut.

Pilihan nama branding juga akan mempengaruhi kesuksesan dari suatu usaha. Nama brand yang sesuai serta tepat akan mendukung bisnis dalam proses brandingnya. Hal ini juga akan membantu para konsumen usaha untuk lebih mengenal dan mengingat produk apa saja yang kamu tawarkan hanya dari nama brandnya saja.

Jika kamu masih merasa kesulitan atau bingung dalam pembuatan nama usaha, beberapa tips dan cara untuk membuatnya mudah diingat, menarik, serta membuat siapa saja melirik.

5 Tips Menentukan Nama Branding dalam Bisnis

4 Cara Membangun Branding Image Bisnis dengan Baik

Memilih nama bisnis harus dilakukan dengan hati-hati agar hasilnya baik dan berkesinambungan dengan konsumen jenis bisnis yang dipilih serta metode branding yang akan dilakukan.

1. Menggunakan Kata yang Belum Pernah Digunakan

Nama yang belum pernah dipakai oleh jenis bisnis apapun dan benar-benar baru. Hal ini juga berguna untuk menghindari hak paten milik orang lain.

Kamu bisa menggunakan fasilitas mesin pencarian Google untuk melakukan riset serta survei untuk menguji apakah pilihan nama branding tidak terkait dengan hal apapun terutama hal-hal buruk atau nama brand milik orang lain.

Kami sarankan untuk mengecek apakah sudah digunakan atau belum kamu bisa mengeceknya langsung di halaman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

2. Namanya Unik Singkat dan Menarik

Pemilihan nama brand juga harus sesingkat mungkin namun unik dan menarik bagi para konsumen. Kata seperti ini mendatangkan banyak keuntungan lebih mudah diingat oleh banyak orang.

Namun, kami sarankan untuk menghindari konotasi negatif karena akan mempengaruhi citra bisnis ke depannya. Pemilihan kata yang panjang juga perlu dihindari sulit untuk diingat. Kuncinya simple dengan kata pendek baik 1 atau 2 suku kata saja.

3. Mudah Diucap dan Dengar

Nama branding juga harus mudah diingat diucap dan didengarkan. Menggunakan kata sulit, rumit, dan menggunakan bahasa asing memang terlihat unik dan mengasyikkan. Namun, kekurangan terbesarnya adalah tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membaca dan arti dari kata tersebut.

Pemilihan kata seperti ini akan sangat mudah membuat konsumen atau orang lain merupakan nama brand kamu.

4. Memiliki Arti yang Positif

Dalam pemilihan katanya juga harus memilih yang artinya positif. Hal ini akan mempengaruhi bisnis kamu.

Pilihlah nama brand dengan arti positif untuk usaha dengan harapan akan berjalan dengan baik sesuai dengan kata yang digunakan. Cara ini sebenarnya sama saja seperti ketika memberi nama kepada anak sendiri.

5. Mencerminkan Produk yang Dijual

Pilihlah nama mencerminkan produk usaha yang dijual dengan baik agar target pasarnya pun bisa tercapai. Keselarasan antara nama, produk dengan target pasaran akan sangat memudahkan kamu dalam menjalankan usaha tersebut.

Misalnya jika target pasar kamu adalah perempuan pengguna make up, gunakan nama brand seperti “female beauty”. Dengan penggunaan kata seperti ini akan sangat memudahkan bisnis kamu dalam proses brandingnya serta pengenalan produk-produk ke lebih banyak orang.

6. Jangan Menggunakan Singkatan

Dalam pemilihan nama branding, jika kamu baru saja membangun bisnis jangan gunakan kata yang mengandung unsur huruf beserta angka. Ini akan membuat banyak orang ataupun konsumen baru akan kesulitan membaca dan mengingat usaha kamu.

Pemilihan ini merupakan hal penting dalam proses menjalankan memulai serta branding bisnis. Hal ini akan mempengaruhi bagaimana cara melakukan branding kedepannya.

Persiapkan nama brand sebaik mungkin dengan tips-tips di atas atau konsultasikan dengan ahlinya bersama dengan kami di komunitas pengusaha bisnis berlatarbelakang usaha berbeda-beda.

Di sini kamu akan dibantu untuk mengembangkan mindset untuk terus berkarya dalam bidang wirausaha di Indonesia. Segera daftarkan diri kamu menjadi membership di TES (The Entrepreneur Society) yang merupakan komunitas pengusaha muda dengan beberapa latar belakang dengan nama ELITES atau membership tahunan di komunitas TES.

Konsultasikan juga dengan klinik bisnis TES dengan menjadi member di komunitas kami secara gratis atau berbayar. Jika kamu tertarik, hubungi kami di nomor whatsApp Tessa: 0813-8963-0543 untuk informasi selanjutnya mengenai nama branding. Atau jika ingin daftar langsung dengan klik tombol dibawah ini.

Baca juga : Branding Course Gratis Terbaik Jakarta

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us