5 Contoh Strategi Pemasaran Agar Tepat Sasaran

Contoh strategi pemasaran yang baik adalah strategi yang tepat pada sasarannya. Setiap bisnis atau usaha pasti mengharapkan pemasaran berjalan dengan baik. Untuk itu, setiap pebisnis dan wirausaha selalu memikirkan apa strategi paling tepat yang bisa mereka gunakan.

Bisa dibilang, pemasaran merupakan sebuah penentuan apakah bisnis bisa berhasil atau tidak. Dengan pemasaran, wirausahawan bisa menawarkan produk berupa jasa atau barang kepada para konsumen. Jujur saja, memasarkan suatu produk pasti terasa sulit awalnya bagi pemula.

Tidak hanya untuk pemula, terkadang orang yang sudah berusaha membangun bisnis sejak lama masih saja merasa kesulitan melakukan pemasaran. Bahkan ada yang sampai menyerah karena merasa tidak pernah berhasil menjalankan bisnisnya.

Namun sebenarnya, kegagalan tersebut bisa saja dihindari jika mereka menemukan contoh strategi pemasaran yang paling tepat. Kesulitan menjalankan sebuah bisnis biasanya memang terasa saat akan merintis dan saat mengalami kegagalan melakukan marketing.

Itulah mengapa, sebelum menjalankan bisnis sebaiknya kamu mencari tahu dan belajar bagaimana melakukan pemasaran dengan benar. Karena sebenarnya, semua strategi bisa dilakukan oleh pebisnis manapun, tentunya dengan iringan semangat pantang menyerah.

5 Contoh Strategi Pemasaran Terbaik

Cara Menentukan Strategi Bisnis yang Baik

Saat mendirikan sebuah usaha, terjadi jatuh bangun di dalamnya sudah merupakan hal wajar. Jarang sekali sebuah bisnis dapat berdiri dengan mudah sampai sukses tanpa ada hambatan sama sekali. Itu sebabnya, seorang wirausahawan harus membangun mental yang sangat kuat.

Namun biasanya, kegagalan dalam sebuah bisnis bisa saja terjadi karena tidak mampu melaksanakan pemasaran dengan benar. Itu sebabnya, memahami contoh strategi pemasaran yang sangat ampuh dan tepat sasaran sangatlah penting bagi kelancaran usaha atau bisnis.

Jika kamu baru saja mendirikan usaha atau sudah membangunnya tapi masih merasa kesulitan dalam melakukan pemasaran, cobalah beberapa strategi marketing berikut.

1. Menggunakan sosial media

Saat ini hampir semua masyarakat di dunia menggunakan sosial media. Kamu pasti memahami apa saja kelebihan menggunakan sosial media. Selain menambah keseruan dengan konten menarik, sosial media juga bisa digunakan untuk mencari teman.

Tidak heran jika masyarakat di dunia hampir semuanya memiliki akun sosial media. Dengan ketertarikan masyarakat yang besar pada sosial media, kamu seharusnya bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk melakukan marketing atau pemasaran.

Menggunakan sosial media merupakan salah satu contoh strategi pemasaran paling tepat sasaran. Bisa dibilang, bisnis apapun yang dimiliki pasti bisa mudah laris dan terkenal melalui sosial media. Karena hampir setiap hari orang melihat sosial media.

Tidak hanya menambah keseruan, masyarakat terkadang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan mencari di sosial media. Bahkan belanja online barang apapun saat ini sudah mulai banyak dilakukan melalui sosial media.

Manfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Kamu harus mencoba memasarkan barang atau jasa yang dimiliki melalui sosial media. Jika perlu, gunakan fitur iklan pada sosial media agar para konsumen dapat mengenal jasa dan barang dengan mudah serta cepat.

2. Menggunakan iklan berbayar

Selain menggunakan sosial media, kamu juga bisa mencoba contoh strategi pemasaran menggunakan iklan berbayar. Strategi ini cukup ampuh dilakukan, karena selain membuka sosial media setiap hari, masyarakat juga sering membuka browser google.

Menggunakan iklan berbayar akan memudahkanmu menjangkau pasar lebih luas. Bayangkan saja jika setiap hari masyarakat membuka browser, mereka akan melihat dan mengenali iklan yang kamu pasang menggunakan jasa iklan berbayar.

Menggunakan jasa iklan berbayar ini sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan melalui browser google, namun juga sosial media. Kini sosial media juga sudah membuat fitur baru untuk membantu para pebisnis melancarkan usahanya, yaitu fitur pemasaran.

Jadi sosial media akan membantu memunculkan iklan mengenai barang atau jasa di dalam reels setiap akun. Setiap kali masyarakat membuka reels, mereka akan melihat iklan tersebut. Begitu juga dengan jasa iklan berbayar menggunakan google ads.

Jika masyarakat merasa tertarik dengan jasa atau barang tersebut, mereka bisa mengklik langsung iklannya agar bisa langsung diarahkan ke laman pembelian. Penting untuk terus menampilkan iklan agar masyarakat semakin mengenal barang atau jasamu.

3. Menggunakan artikel SEO

Kamu juga bisa menerapkan contoh strategi pemasaran terbaik lainnya seperti menggunakan artikel SEO. Artikel SEO atau search engine optimization merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik para konsumen.

Cara kerja artikel SEO adalah dengan memasukkan keyword atau kunci ke dalam artikel. Sehingga ketika ada orang yang mengetik kata kunci tersebut di mesin pencarian, mesin pencarian akan memunculkan artikel rekomendasi sesuai dengan kata kuncinya.

Untuk menggunakan artikel SEO, kamu harus memiliki website terlebih dahulu. Memilik website ini pastinya juga akan memberi keuntungan untuk bisnismu, karena adanya website akan membuat bisnis terlihat menjanjikan, memiliki integritas dan terkenal.

Hadirnya website juga akan mempermudah masyarakat mengenal bisnismu. Karena ada sejumlah informasi mengenai bisnis yang bisa mereka dapatkan di dalam website. Itulah mengapa menggunakan SEO termasuk contoh strategi pemasaran paling tepat sasaran.

Caranya sangat mudah, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan jenis artikel SEO jika tidak bisa membuat atau menulisnya sendiri. Setelah itu, kamu bisa menguploadnya di website agar dibaca oleh orang – orang yang membutuhkannya.

Pastikan kamu sudah memasukkan informasi paling bermanfaat sekaligus menawarkan barang atau jasa yang dimiliki. Biasanya masyarakat tertarik dengan informasi bermanfaat, karena hal ini dapat membantu kegiatan mereka sehari – hari.

4. Menggunakan email marketing

Contoh strategi pemasaran lainnya adalah dengan menggunakan email marketing. Berbeda dengan contoh – contoh sebelumnya yang menawarkan barang atau jasa melalui iklan, email marketing merupakan cara berinteraksi langsung dengan konsumen.

Dengan email marketing, kamu bisa menawarkan secara langsung dengan menyampaikan informasi lebih banyak. Pasti kamu pernah mendapatkan email dari sebuah perusahaan berisi promo harga barang, penawaran jasa dan lainnya.

Contoh strategi pemasaran ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya saja, kamu ingin menawarkan sebuah aplikasi bermanfaat pada konsumen melalui email. Kirim saja email pada konsumen tersebut berisi informasi mengenai kelebihan aplikasinya.

Namun pastikan sudah menggunakan kalimat persuasive sehingga konsumen bisa tertarik. Jika perlu, berikan juga informasi mengenai kemudahan menggunakan aplikasi, tujuan menggunakan aplikasinya, serta promo jika mau menggunakan aplikasi.

5. Menggunakan telemarketing

Meskipun kelihatannya tidak banyak orang menggunakan strategi ini, namun telemarketing merupakan salah satu contoh strategi pemasaran dengan keberhasilan tinggi. Karena dengan telemarketing, kamu bisa berbicara langsung dengan konsumen.

Sebelum ada teknologi canggih, kebanyakan orang – orang menggunakan cara mendatangi dan berbicara langsung dengan calon konsumen untuk menawarkan produknya. Tetapi kini semua sudah dipermudah dengan hadirnya teknologi.

Namun untuk melakukan telemarketing, kamu harus memiliki kemampuan bicara yang baik. Saat melakukan telemarketing, pembicara harus dapat menyampaikan informasi mengenai produk dengan jelas. Begitu juga dengan aturan intonasi saat berbicara.

Cara bicara dalam telemarketing harus diatur sebaik mungkin agar mampu menarik minat calon konsumen. Jika perlu berikan juga penawaran promo atau apapun yang dapat membuat calon konsumen tertarik membeli barang atau menggunakan jasa.

Selain itu, dalam melakukan salah satu contoh strategi pemasaran ini juga harus ada kemampuan menguasai informasi mengenai produk, tentu harus mampu menjawab semua pertanyaan konsumen tentang produk yang dipasarkan.

Semua strategi pemasaran bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya saja terkadang ada hambatan – hambatan dalam melakukannya yang bahkan tidak disadari oleh pebisnis, sehingga terjadi kegagalan dalam melaksanakan strategi pemasaran yang berdampak buruk pada usaha.

Kamu bisa mengatasi hal ini dengan belajar lebih banyak mengenai pemasaran. Ketika gagal memasarkan sebuah barang atau jasa, pastikan rasa menyerah tidak menghalangimu sama sekali. Kamu bisa bergabung di sebuah komunitas pebisnis untuk belajar masalah ini.

Tidak jarang ada orang bergabung dalam sebuah komunitas untuk belajar tentang entepreneur. Baik mereka yang baru saja merintis usaha, sudah lama memiliki usaha namun belum pernah berhasil, atau bahkan yang belum memiliki dan belum pernah menjalankan usaha sama sekali.

Selain memahami apa saja contoh strategi pemasaran terbaik dan paling tepat, bergabung dengan komunitas untuk belajar juga bisa menjadi salah satu solusi jika kamu mulai putus asa menjalankan usaha. Karena di dalam komunitas terdapat banyak materi mengenai bisnis.

Komunitas untuk Belajar Bisnis Terbaik

wadah komunitas bisnis terbesar di Jakarta

Salah satu komunitas terbaik untuk belajar mengenai hal ini adalah TES atau The Entrepeneurs Society. Di komunitas ini, kamu tidak hanya mendapatkan materi tentang bagaimana menjalankan usaha dengan benar, tapi juga bisa belajar dari pengalaman para mentor.

Tentu saja selama belajar tentang entrepreneur, kamu akan didampingi oleh mentor terbaik yang sudah berhasil. Dengan mengikuti The Entrepreneurs Society, kamu tidak hanya mendapat contoh strategi pemasaran terbaik, tapi juga tips melakukannya sampai berhasil.

Selain itu juga terdapat sistem member dengan sebutan ELITES. Untuk menjadi member di TES, kamu bisa mendaftarkan diri secara gratis. Tentu saja terdapat banyak kemudahan dan manfaat dengan menjadi member TES, mulai dari akses grup komunitas dan akses event edukasi.

Lebih mudah lagi jika mendaftar ELITES startup. Kamu perlu membayar 1 juta untuk ini, namun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Ada akses grup komunitas, mentoring terbaik, akses ke event edukasi, ada kesempatan kerja sama dengan member lain, serta bertemu mentor.

Jika kamu sudah memahami contoh strategi pemasaran, namun masih tidak tahu bagaimana menjalankannya. Cobalah bergabung dengan TES dan mendaftar ELITES corporate. Fasilitasnya lebih lengkap dan tentunya dapat membuka jalan untuk bisnismu agar lebih berkembang.

Untuk mengikuti ELITES corporate, kamu perlu mengeluarkan biaya sebanyak 3 juta. Harga tersebut merupakan sebuah modal untuk usaha. Apalagi dengan bergabung di komunitas sebesar TES ini, kamu bisa bertemu dengan orang – orang hebat. Selain itu juga bisa berkonsultasi tentang bisnis melalui klinik bisnis dari TES.

Dapatkan pelajaran – pelajaran baru mengenai bisnis serta relasi terbaik. Bergabung di TES tidak akan membuatmu menyesal, apalagi untuk melancarkan usaha harus ada modal. Modal tersebut tidak hanya berupa uang, namun juga pelajaran dan pengalaman.

Jika kamu merasa buntu dalam bisnis, cobalah bergabung dengan TES lalu jadilah salah satu membernya. Dapatkan semua materi tentang bisnis sampai berhasil, termasuk contoh strategi pemasaran, hubungi WA Tessa di nomor 0813-8963-0543 untuk informasi lebih lanjut. Atau jika ingin daftar langsung dengan klik tombol dibawah ini.

Baca juga : 5 Contoh Segmentasi Pemasaran dalam Bisnis

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ask Us