Yuk Nikmati Sensasi Kuliner Instagramable di Yogyakarta

Yogyakarta, juga dikenal sebagai Jogja, bukan hanya terkenal dengan warisan budayanya yang kaya dan destinasi wisatanya yang memukau. Kota yang berjuluk Kota Pelajar ini juga menawarkan pengalaman kuliner Instagramable di Yogyakarta yang tak terlupakan.

Saat berkunjung ke kota lain, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi lezatnya kuliner khas Nusantara. Resep tradisional warisan nenek moyang tidak hanya menjadi harta karun kebudayaan yang luar biasa, tetapi juga memanjakan indera perasa kita.

Jogja menyajikan berbagai hidangan lezat yang tidak hanya menggoyang lidah, tetapi juga memikat mata dengan tampilan yang instagramable. Mari kita jelajahi beberapa kuliner Yogyakarta instagramable yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

Gudeg Mercon

Gudeg adalah hidangan khas Yogyakarta yang popularitasnya seantero Nusantara. Tetapi kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang lebih berani, Gudeg Mercon adalah pilihan yang tepat.

Hidangan ini merupakan perpaduan gudeg dengan cabai yang pedas, memberikan sensasi pedas-manis yang menggoda dan cocok untuk pecinta makanan pedas. Di kota Jogja terdapat beberapa tempat makan yang menawarkan gudeg mercon terenak. Berikut rekomendasinya:

1. Gudeg Permata Bu Narti

Jangan lewatkan mampir ke Gudeg Permata Bu Narti kalau kamu menginginkan sepiring gudeg mercon yang nendang. Perpaduan rasa manis dan gurih gudeng serta pedasnya yang sambal krecek siap menggoyang lidah.

Terletak di Jalan Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Jogja, Gudeg Permata Bu Narti bisa kamu kunjungi mulai pukul 20.00 sampai 01.00 WIB.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Sudah ada sejak 1992, gudeg mercon Bu Tinah termasuk sajian legendaris Yogyakarta yang wajib ada di daftar wisata kuliner malam. Gudeg Mercon Bu Tinah yang buka setiap jam 21.00-01.00 ini terletak di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Jogja.

3. Gudeg Sagan

Kalau kamu menginginkan makanan yang lebih sehat, cobalah gudeg Sagan karena dimasak tanpa MSG. Gudeg Sagan terletak di Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman dan buka mulai 08.00

Es Krim Bakar

Menjelajahi pesona Kota Yogyakarta di siang hari mungkin membuat kamu kepanasan. Berburu sesuatu yang menyegarkan seperti es krim tentu menjadi pilihan yang pas. Bukan Jogja jika tidak menyajikan keunikan, salah satunya yaitu es krim bakar.

Siapa sangka es krim bisa dibakar? Jangan salah, di kota ini kamu bisa menemukan es krim bakar yang unik dan menggugah selera. Es krim yang lezat dibakar di atas hot plate, menciptakan lapisan karamel renyah yang menggoda.

Cara penyajian ini menawarkan cita rasa yang unik di mulut. Selain keunikan rasanya, tampilannya juga tidak kalah kece dan keren.

Sehingga sangat cocok untuk sesi food photography kamu di tengah wisata kuliner Instagramable di Yogyakarta. Rasakan sensasi unik ini dan jadikan momen itu sebagai bahan foto Instagram yang sempurna.

Bakpia Pathok

kuliner Instagramable di Yogyakarta

Kalau ada yang bertanya oleh-oleh khas Jogja apa saja, maka bakpia adalah top of mind-nya. Bakpia adalah camilan tradisional khas kota Jogja yang terbuat dari adonan dengan isian yang lembut dan enak.

Mulanya, bakpia identik dengan isian berupa kacang hijau. Namun kini camilan khas Yogyakarta tersebut hadir dengan pilihan isian yang lebih kekinian. Misalnya bakpia isi durian, coklat, keju, ubi ungu, matcha, green tea, kumbu hitam, hingga tiramissu.

Bakpia Pathok adalah merek terkenal yang menawarkan rasa autentik dan kualitas terbaik. Dengan kemasan yang menarik dan variasi rasa yang menggoda, bakpia ini cocok untuk oleh-oleh dan membuat foto Instagram yang cantik.

Varian isi Bakpia Pathok yang siap kamu bawa pulang di antaranya varian original (kacang hijau), coklat, nanas, keju, durian, green tea, capuccino, ubi ungu, dan aneka rasa.

Di samping varian isinya, kuliner Instagramable di Yogyakarta ini juga tersedia dalam dua jenis kulit, yakni kering dan basah.

Bakpia kering memiliki kulit bertekstur garing dan renyah. Bakpia kering memiliki ketahanan lebih lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh dan disimpan sebagai camilan di rumah.

Sedangkan kulit bakpia basah memiliki tekstur yang lebih lembut. Ini adalah pilihan tepat jika kamu lebih menyukai bakpia yang moist di mulut.

Menariknya, kamu juga bisa berkunjung ke pabrik Bakpia Pathok untuk melihat langsung proses pembuatan camilan enak ini, lho. Selain menikmati cita rasanya yang manis dan legit, kamu juga memperoleh pengetahuan baru tentang cara pembuatan bakpia.

Bakpia Pathok yang merupakan bakpia legendaris di Yogyakarta memiliki beberapa cabang, di antaranya:

  • Bakpia Pathok 25 Pathok Jaya di Jalan Karel Sasuit Tubun No.12-14, Ngampilan
  • Bakpia Pathok 25 Pasar Pathok di Jalan Bhayangkara No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan
  • Bakpia Pathok Ongko Joyo di Jalan Karel Sasuit Tubun No.65, Ngampilan
  • Bakpia Pathok Asli di Jalan Wijilan No.10, Panembahan, Kecamatan Kraton

Kopi Joss

Seorang penyair berkata dalam sajaknya bahwa Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan. Saat berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke angkringan di malam hari. Jika kamu pecinta kopi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kopi joss yang khas.

Kopi ini adalah kopi hitam dengan tambahan arang panas yang menyala di dalamnya. Bara arang yang bertemu panasnya kopi hitam menciptakan aroma khas yang tidak kamu temukan sebelumnya.

Kopi joss khas Jogja bisa kamu jumpai di angkringan-angkringan di berbagai sudut kota. Beberapa angkringan di Yogyakarta yang populer dengan kenikmatan kopi jossnya antara lain:

  • Kopi Joss Lik Man (Selasar Malioboro, Jalan Pasar Kembang)
  • Kopi Joss Pak Agus (Perempatan Tugu Malioboro)
  • Kopi Joss Pak Antun (Jalan Mangkubumi No. 22B, Gowongan)
  • Kopi Joss Mas Bagong (Jalan Jenderal Sudirman No. 3 Cokrodiningratan)
  • Kopi Joss Mbak Siska (Selasar Malioboro)

Pengalaman unik ini memberikan rasa kopi yang kaya dan wangi yang menakjubkan. Sambil menikmati secangkir kopi joss, jangan lupa mengabadikan momen tersebut dalam foto Instagram yang menarik.

Wedang Ronde

Di Yogyakarta, kamu dapat menemukan wedang ronde, minuman tradisional hangat yang terdiri dari bola-bola ketan dengan isian kacang yang disajikan dalam kuah jahe manis.

Bola-bola ketan yang disebut ronde tersebut memiliki tekstur kenyal. Isian kacang di dalam ronde memberikan tekstur renyah bercita rasa gurih.

Selain bola-bola ketan, di dalam semangkuk wedang ronde juga terdapat kacang tanah sangrai, potongan roti tawar, dan kolang-kaling. Rasa manis dari gula jawa berpadu dengan hangatnya kuah jahe sangat cocok untuk teman menikmati Jogja di malam hari.

Tidak hanya nikmat, wedang ronde juga kaya manfaat untuk kesehatan. Kandungan jahenya dapat memberikan rasa nyaman saat perut mual atau kala masuk angin. Rasakan kehangatan dan kenikmatan wedang ronde sambil menikmati atmosfer Jogja yang kental.

Selain Kulineran Kamu Juga Bisa Ikutan Workshop Seputar Bisnis di Yogyakarta

Selain kulineran, kamu juga bisa ikutan workshop seputar bisnis di Jogja. Dengan mengikuti workshop seputar bisnis, kamu akan memperoleh wawasan, pengetahuan baru seputar bisnis serta berlatih bagaimana menjalankan bisnis yang efektif didampingi trainer profesional.

Untuk mengikuti workshop seputar bisnis, silakan hubungi kami melalui nomor 08119700284 / 0813-8963-0543. Yuk ikuti workshop TES Society di Yogyakarta dan dapatkan banyak ilmu seputar bisnis di sana.

Baca juga : Apa yang Perlu Diketahui Seputar Seminar Bisnis Kuliner

TENTANG FOUNDER

Klemens B. Raharja

Klemens Rahardja is an avid start-up investor and an advocate of entrepreneurship. He has helped more than hundreds of new businesses to start and flourish, locally and internationally in their seed and startup stage as a direct investor and/or mentor and advisor. These include profit and not-for-profit organizations, privately owned businesses, and government bodies, be it from his expertise in building extensive networks, business development, or direct angel investing and venture capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ask Us